SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Menteri ESDM Darwin Z. Saleh menegaskan keputusan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) sudah final. Termasuk kenaikan TDL untuk industri sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang rata-rata menggunakan listrik 1300 VA.

Ketika ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Kamis (17/6), Darwin mengaku dirinya belum menerima secara resmi usulan yang disampaikan Menteri Perindustrian MS Hidayat agar listrik untuk UMKM tidak dinaikkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lebih lanjut Darwin meminta agar semua pihak untuk mengubah cara pandang dengan melihat aspek kelistrikan. Menurutnya, kenaikan TDL jangan dilihat saat kondisi listrik sudah aman, tetapi perlu dilihat juga ketika byarpet di mana PLN tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan operasionalnya dengan baik.

“Kita perlu melihat aspek kelistrikan itu tidak hanya saat tarif dibicarakan. Tolong dilihat juga ketika ada gangguan yang nggak dikehendaki, entah terbakarnya trafo. PLN kan nggak punya spare, nggak punya kemampuan mengganti dan gak punya kemampuan cadangan. Nah, makanya listrik bisa mati. Di situ juga kita mengeluhkan permasalahan itu, artinya ada waktunya kita sengsara,susah karena listrik mati, ada waktunya kita tidak bisa memahami ketika TDL itu harus naik,” jelasnya.

Darwin juga menegaskan dengan mengurangi subsidi listrik bagi masyarakat yang mampu, maka negara akan memiliki kemampuan untuk membiaya infrastruktur lainnya.

“Jadi subsidi itu adalah suatu keniscayaan bagi yang tidak mampu, tetapi mengurangi subsidi bagi yang mampu itu bukan hanya membebankan harga tapi memberikan kemampuan bagi negara untuk membuka fasilitas infrastruktur yang lain,” jelasnya.

Oleh karena itu, Darwin jelaskan alasan untuk meminta penangguhan kenaikan TDL tidak bisa lagi diterima.

“Jadi cara pandangnya harus begitu. Jadi tulislah keluhan-keluhan tadi tapi sampaikan juga pandangan seperti ini. Kalau dia (UMKM) berada divoltase rendah (450 VA) ya ok (tidak mengalami kenaikan),” imbuh Darwin.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian MS Hidayat meminta PLN dan Kementerian ESDM untuk mempertimbangkan kembali kenaikan TDL untuk industri sektor UMKM. Pasalnya, Hidayat menilai sektor UMKM ini yang kebanyakan menggunakan voltase 1300VA akan mendapatkan kenaikan TDL sebesar 6% ini akan menurunkan daya saing mengingat sektor ini bisa dianggap masyarakat miskin.

“Kalau industri saya lihat rata-rata semua naik, ini yang saya lihat harus dikoreksi. Paling tidak, bagi industri kecil dan home industry dibebaskan pula. Seperti konsumen kecil,” ujar Hidayat di DPR RI, kemarin (16/6).

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya