SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)–Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Darwin Zahedy Saleh meminta masyarakat jangan panik atas isu-isu pengaturan konsumsi BBM atau soal kabar kenaikan harga BBM.

Menurut Darwin, pemerintah tak merencanakan kenaikan harga BBM meskipun harga minyak dunia terus melonjak saat ini. Karena itu tidak perlu panik dan ramai-ramai memborong BBM di SPBU.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Tidak akan ada kenaikan BBM, jadi masyarakat nggak perlu panik,” ujar Darwin dengan singkat ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (9/3/2011).

Darwin mengingatkan masyarakat supaya membeli BBM sesuai dengan kebutuhannya. Karena jika dibeli secara berlebihan atas dasar kepanikan hanya mengurangi pasokan di suatu wilayah saja.

“Janganlah menimbun. Kita harus berhemat menggunakan BBM, itu merupakan sikap yang bijaksana,” ucap Darwin.

“Untuk itu, masyarakat harus mendukung komitmen pemerintah dengan menggunakan BBM secara normal. Karena pemerintah komit untuk sediakan BBM, dalam situasi gejolak harga minyak seperti ini kita harus mengupayakan agar gangguan fakstor ekternal tidak berdampak berlebihan,” katanya.

Kenaikan harga minyak Indonesia (ICP/Indonesia crude price) saat ini masih 10% di bawah asumsi perhitungan APBN 2011 yang sebesar US$ 80 per barel. Karena itu harga BBM tak akan dinaikkan.

“Pada waktunya, kita akan lihat yang dibicarakan di APBN-P. Namun perlu dilihat juga dari sisi lain, memang masalah ini kita selalu melihatnya ke rata-rata ICP, tapi coba kita lihat modal positif kita. Sekarang ini cadangan devisa kita sudah naik ditambah juga dengan nilai kurs kita menguat. Maka itu, kita tetap berusaha agar tidak ada pemakaian berlebih di sini, harus mencapai target kuota,” jelas Darwin

(dtc/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya