SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) aman dari reshuffle. Muhaimin Iskandar dan Helmy Faisal tampaknya bakal dipertahankan posisinya di pos masing masing.

Muhaimin tetap dipercaya SBY sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) dan Helmy sebagai Menteri Percepatan Pembangunan Desa Tertinggal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Stabilnya posisi 2 menteri PKB ini buah strategi Muhaimin dalam memimpin PKB yang selalu sunyi dan tidak gaduh. Dalam semua hal, PKB selalu bermain aman dan tidak melakukan kontroversi, apalagi melawan keinginan Partai Demokrat.

Partai bentukan Nahdlatul Ulama ini selalu menjaga komitmen dalam menjaga keutuhan koalisi pemerintahan SBY-Boediono. Muhaimin sendiri masih bisa tersenyum lebar dalam menyikapi reshuffle ini. Dia tidak mau banyak bicara.

“Tunggu saja nanti (saat pengumuman),” kata Muhaimin Senin (17/10) kemarin seperti dilansir detikcom. Apa yang terjadi pada PKB ini berbeda dengan parpol-parpol lain.

Ada wajah baru dari Golkar yang akan menghiasi kabinet SBY-Boediono, yaitu Cicip Sutarjo. Politisi yang juga pengusaha properti itu akan menempati posisi Menteri Kelautan dan Perikanan menggeser Fadel Muhammad. PAN dan PPP sama dengan Golkar, mengalami pergeseran posisi menteri di kabinet.

PAN yang sebelumnya memegang kursi menteri Menko Perekonomian, Menteri Kehutanan, dan Menkum HAM mengalami sedikit perubahan.

Posisi Menkum HAM yang sebelumnya diduduki Patrialis Akbar dialihkan ke politisi Partai Demokrat, Amir Syamsuddin. Posisi Menkum HAM ditukar dengan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi yang diduduki politisi PAN Azwar Abu Bakar.

Dua kursi lain milik PAN, Menko Kesra dan Menteri Kehutanan masih aman dan tetap ditempati Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan. PPP hanya mengalami pergeseran personel di tubuh Menteri Perumahan Rakyat (Menpera).

Seperti didengungkan di banyak media, Suharso Monoarfa akhirnya harus hengkang dari kursi Menpera, karena alasan rumah tangganya. Dia digugat cerai oleh istrinya, Carolina Kaluku karena melakukan poligami.

Namun, Suharso memilih mengundurkan diri sebelum pemberhentian itu terjadi. Partai Demokrat, parpol yang didirikan SBY, juga mengalami pengurangan satu kursi menteri.

Sebelumnya pos untuk PD adalah Menteri PAN yang diduduki EE Mangindaan, Menteri Koperasi dan UKM yang diduduki Syarief Hasan, Menteri ESDM yang diduduki Darwin Zahedy Saleh, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) yang diduduki Jero Wacik, dan Menteri Perhubungan yang diduduki Freddy Numberi.

PD kehilangan kursi Menteri PAN dan Menbudpar, namun mendapat 1 kursi baru, yaitu Menteri Hukum dan HAM. Darwin dan Freddy dipastikan tamat, sedangkan Syarief Hasan masih tetap sebagai Menteri Koperasi dan UKM, Jero Wacik digeser sebagai Menteri ESDM, dan EE Mangindaan digeser sebagai Menteri Perhubungan. Sedangkan kursi Menkum HAM diduduki Amir Syamsuddin. (dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya