SOLOPOS.COM - Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat ditemui wartawan di UGM, Jumat (27/1/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Solopos.com, SLEMAN — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan akan memperbaiki rumah warga yang rusak akibat pembangunan konstruksi jalan tol. Hal ini merespon keluhan warga yang rumahnya rusak karena ada proyek tol.

Basuki menyampaikan memang ada kerusakan rumah seperti tembok yang retak akibat dampak pembangunan tol.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

“Kalau dia [tembok] retak diperbaiki, perbaikan bisa dikasih uang cash, bisa diperbaiki,” kata dia saat ditemui wartawan di Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (27/1/2023).

Menurutnya, perbaikan pada rumah yang terdampak pembangunan tol merupakan konsekuensi dari pembangunan tol tersebut sehingga perlu dilakukan.

“Bisa. pasti itu [perbaikan]. Harus konsisten, harus konsekuen,” ungkapnya.

Sedangkan terkait warga yang belum sepakat atas nilai Uang Ganti Rugi (UGR) dari tim appraisal, menurutnya hal itu sudah biasa terjadi. Hal tersebut perlu dimusyawarahkan kembali. Namun, jika pada akhirnya tidak bisa sepakat maka jalan terakhir adalah dengan konsinyasi.

“Di mana-mana begitu, pernak-pernik pembebasan lahan. Setelah ada appraisal, kan ada musyawarah, kan ada yang setuju ada yang enggak, biasa. Itu pernak-pernik. Semua dimusyawarahkan, ada yang setuju ada yang enggak, didiskusikan. Nanti kalau sudah pada waktunya konsinyasi,” katanya.

Kemudian menanggapi Sri Sultan HB X yang tidak melepas tanah milik Kraton untuk tol, menurutnya tidak masalah. “Ya sewa kan, ya enggak apa-apa, enggak masalah. [Ke depan] Ya mungkin jadi share-nya jalan tol,” ujar dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Menteri Basuki Janji Akan Perbaiki Rumah Warga Sleman yang Rusak karena Pembangunan Tol Jogja Bawen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya