SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sleman--Pemerintah mengambil kebijakan untuk membeli ternak warga yang berada di kawasan Gunung Merapi.

Meski begitu, Menteri Pertanian Suswono berharap warga tidak buru-buru menjual ternaknya jika masih bisa dimanfaatkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Benar pemerintah bersedia membeli, tapi saya minta masyarakat jangan buru-buru,” ujar Suswono kepada wartawan seusai mengunjungi Koperasi Ternak Wargo Mulyo di Lapangan Tlogo Adi, Mlati, Sleman, Sabtu (12/11) siang.

Menurut Suswono, banyak ternak dari warga yang masih dapat dimanfaatkan terutama yang berjenis sapi perah. Berdasarkan pengamatan Suswono di lapangan, susu dari sapi-sapi tersebut masih cukup bagus.

“Ini masih bisa diambil susunya. Kalau buru-buru di jual nanti malah rugi,” terangnya.

Suswono juga meminta kepada masyarakat untuk tenang-tenang saja, karena pemerintah akan membeli  ternak warga seandainya mau dijual. Hal tersebut memang ditujukan agar warga dapat tenang selama di pengungsian.

“Intinya kan itu. Jadi bapak tenang saja seandainya mau dijual. Pemerintah siap membeli,” tutur Suswono kepada salah seorang peternak bernama Warsidi.

Seperti diketahui pemerintah, yang disampaikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengambil kebijakan untuk membeli ternak pengungsi. Hal ini perlu dilakukan agar pikiran pengungsi tidak terlalu terbebani dengan kondisi ternak mereka.

dtc/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya