Mentan Datang Lagi ke Gondangrejo Karanganyar

Mentan Syahrul Yasin Limpo kembali mendatangi Desa Sejosari, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar untuk mengecek persiapan acara penanaman kelapa gajah besok Kamis (11/8/2022). Rencananya acara itu dihadiri Presiden Jokowi meski belum bisa dipastikan.

 Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama Bupati Karanganyar Juliyatmono meninjau lokasi penanaman bibit kelapa genjah pandan wangi di Dusun Sosogan, Desa Rejosari, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Rabu (10/8/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

SOLOPOS.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama Bupati Karanganyar Juliyatmono meninjau lokasi penanaman bibit kelapa genjah pandan wangi di Dusun Sosogan, Desa Rejosari, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Rabu (10/8/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo kembali meninjau lokasi penanaman bibit kelapa genjah pandan wangi di Dusun Sosogan, Desa Rejosari, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Rabu (10/8/2022) sore.

Peninjauan tersebut sebagai persiapan penanaman yang rencananya dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (11/8/2022).

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Meski demikian, Mentan belum dapat memastikan kehadiran Presiden besok. “Kami belum tahu apakah Bapak Presiden akan ke sini [Rejosari] atau tidak karena beliau juga ada agenda yang sama di Sukoharjo dan Boyolali. Kita berharap Bapak Presiden masih bisa ke sini,” ujar Syahrul didampingi para Dirjen, Bupati Karanganyar Juliyatmono, dan lainnya.

Mentan menambahkan, jika Presiden Jokowi tak jadi hadir, maka penanaman bibit kelapa akan tetap dilakukan mandiri oleh para petani.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Mentan juga kembali berdialog dengan petani seputar kelapa genjah tersebut.

Baca Juga: Mentan Janji Perbaiki Embung Rejosari Karanganyar yang Jebol

Diberitakan sebelumnya, selain mendapatkan bibit kelapa genjah pandan wangi, warga Karanganyar juga akan mendapatkan bibit jagung, kedelai, dan cabai.

“Sembari menunggu kelapanya bisa dipanen karena butuh waktu sekitar tiga tahun, warga atau petani bisa menanam jagung, kedelai, dan cabai. Jagung dan kedelai ditanam di ladang dan cabai ditanam di pekarangan pakai polybag,” ujarnya saat berbincang dengan Sekda Karanganyar Sutarno, dan sejumlah pejabat Pemkab Karanganyar lain,  Sabtu (6/8/2022).

Desa Rejosari menjadi salah satu lokasi penanaman bibit kelapa genjah varietas pandan wangi di Kabupaten Karanganyar dalam program nasional kelapa genjah sebar (Kejar) 1 juta batang.

Di Soloraya dalam program ini Karanganyar mendapat alokasi 59.000 bibit kelapa genjah, Sukoharjo 83.000 batang, dan Boyolali 58.000 batang.

Baca Juga: Besok, Jokowi ke Sukoharjo, Boyolali, dan Solo, Ini Jadwalnya

Sementara itu, Sekda Karanganyar, Sutarno, mengatakan di Karanganyar bibit kelapa genjah pandan wangi akan ditanam di 50 desa di 11 kecamatan. Sedangkan di Desa Rejosari, Kecamatan Gondangrejo ini akan ditanam 1.100 batang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian terkait program Kejar 1 juta batang. Di Rejosari nanti ditanam sebanyak 1.100 bibit kelapa genjah varietas pandan wangi,” ujarnya.

Sedangkan di Kabupaten Karanganyar secara keseluruhan akan ditanam  59.000 bibit kelapa genjah. Pemkab akan menyiapkan lahan untuk penanaman  jagung, kedelai, dan cabai. “Kami akan konsultasikan dengan Dirjen berkaitan lokasi mana yang cocok ditanami,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Karanganyar, Siti Maesyaroch, menambahkan dengan penanaman kelapa genjah ini Rejosari yang kini gersang diharapkan akan hijau kembali.

Baca Juga: Berukuran Mini, Kelapa Genjah Jadi Solusi Sulitnya Mencari Tenaga Panen

“Daerah lain di wilayah Karanganyar akan ditanam kelapa genjah jenis kuning bali yang nanti bisa dibuat menjadi gula semut,” ujarnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kenalkan Dunia Kerja, Solocom Adakan Kunjungan Industri ke Solopos

      Kunjungan Solocom diikuti sebanyak 22 peserta Program Kecakapan Kerja (PKK) dimana ini merupakan program kursus komputer gratis dari pemerintah.

      Solopos Hari Ini: Bertaruh Keselamatan di Bengawan

      Kehadiran jembatan sasak yang menghubungkan Solo dan Sukohario menjadi dilema karena berisiko tinggi, namun juga menjadi jalur alternatif di tengah macetnya lalu lintas akibat pembangunan fisik yang nyaris tanpa jeda.

      Mantap Nih! Farel Prayoga bakal Tampil di Perayaan Hari Batik Nasional di Solo

      Penyanyi cilik ternama Farel Prayoga djadwalkan memeriahkan perayaan Hari Batik Nasional di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 1 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 1 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Kemendikbudristek Tetapkan Manuskrip Imam Tabbri Jadi WBTB Pertama Asal Sragen

      Manuskrip Kitab Primbon Imam Tabbri menjadi WBTB pertama di Sragen

      Manuskrip Kitab Primbon asal Sragen Diusulkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

      Kitab Primbon Haji Tabbri dulunya disampaikan dalam tradisi sorongan di Pondok Pesantren Haji Tabbri di Desa Donoyudan, Kecamatan Kalijambe.

      Agenda Solo Hari Ini: Event Batik di Mana-Mana, Ada Acara Makan Gratis juga

      Agenda Kota Solo hari ini, Sabtu (1/10/2022), cukup padat dengan berbagai acara memperingati Hari Batik Nasional yang digelar di beberapa tempat.

      Harga Pertamax di Sragen Turun, Pengelola SPBU Lakukan Penyesuaian Totem

      Pengelola SPBU di Sragen langsung menyesuaikan di seluruh peralatan SPBU setelah ada pengumuman penurunan harga Pertamax mulai Sabtu (1/10/2022).

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 1 Oktober 2022, Tak Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 1 Oktober 2022, Siang Hujan Lebat

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Sabtu Ini: Hujan Siang-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Sabtu 1 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Sabtu 1 Oktober, Hujan Lagi Siang sampai Malam

      BMKG dalam prakiraan cuaca untuk hari Sabtu (1/10/2022) memprediksi Solo bakal hujan lagi sejak siang hingga malam.

      Jangan Lupa Bawa Payung! Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini akan Hujan Lebat

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Sabtu (1/10/2022) yakni berawan pada pagi hari, kemudian hujan lebat mulai sore hingga malam hari.

      Hati-Hati di Jalan Ya, Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Hujan sejak Siang

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini pada Sabtu (1/10/2022) menurut prakiraan BMKG dimulai berawan hujan sejak siang hari

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Sabtu Ini: Hujan Skala Sedang Sore-Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Sabtu 1 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.