Mensos Kunjungi Richie, Bocah Klaten Penderita Infeksi Selaput Otak

Risma menyerahkan bantuan peralatan dari Kemensos serta bantuan yang dihimpun melalui kitabisa.com untuk Richie.

 Menteri Sosial, Tri Rismaharini, mengunjungi Michael Richie Wiputra, 8, bocah yang lumpuh akibat penyakit infeksi selaput otak di Desa Dengkeng, Kecamatan Wedi, Klaten, Jumat (20/5/2022) malam. (Istimewa/Prokopim Setda Klaten)

SOLOPOS.COM - Menteri Sosial, Tri Rismaharini, mengunjungi Michael Richie Wiputra, 8, bocah yang lumpuh akibat penyakit infeksi selaput otak di Desa Dengkeng, Kecamatan Wedi, Klaten, Jumat (20/5/2022) malam. (Istimewa/Prokopim Setda Klaten)

Solopos.com, KLATEN – Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharani, mengunjungi Michael Richie Wiputra, 8, bocah Klaten penderita infeksi selaput otak yang mengalami kelumpuhan, Jumat (20/5/2022) malam. Risma menyerahkan bantuan peralatan dari Kemensos serta bantuan yang dihimpun melalui kitabisa.com.

Mensos Risma mendatangi rumah yang ditempati Richie dan keluarganya di Dukuh Dengkeng Kulon, Desa Dengkeng, Kecamatan Wedi, Klaten, Jumat sekitar pukul 21.00 WIB. Risma datang didampingi Bupati Klaten, Sri Mulyani, serta perwakilan kitabisa.com. Bantuan untuk Richie yang berhasil digalang melalui kitabisa.com mencapai Rp70 juta.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang baik yang sudah memberikan bantuan melalui kitabisa untuk adik kita [Richie]. Nanti dari kitabisa [untuk pengelolaan bantuan] yang secara day to day komunikasi dengan keluarga,” kata Risma.

Risma menjelaskan dari Kemensos memberikan alat bantu aksesibilitas bagi Richie berupa kursi roda untuk penyandang cerebral palsy. “Kursi ini bisa untuk tidur, duduk, dan sebenarnya bisa untuk membantu berdiri jika kuat,” jelas Risma.

Kemensos memberikan bantuan peralatan kepada ayah Richie, Maryadi, untuk menjalankan usaha dari rumah. Pasalnya, anak pertama Maryadi, Birgita Stephania Metta Sallom, 19, yang biasa mengasuh Richie dalam waktu dekat akan mengikuti perkuliahan secara offline.

Baca juga: Kemensos Akan Luncurkan Layanan Konsultasi Bebas Pulsa pada 1 Juni

Maryadi berencana bekerja dari rumah sembari merawat Richie. Kemensos juga bakal memberikan bantuan ternak yang bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan keluarga.

Ibu Sudah Meninggal

Kemensos bakal terus memantau perkembangan keluarga Richie. Sementara, pengelola kitabisa.com bakal mendampingi keluarga itu selama 10 bulan. Risma menjelaskan jika masih ada orang baik yang ingin menyalurkan bantuan kepada Richie, bisa menyalurkan melalui kitabisa.com.

Richie menderita kelumpuhan akibat infeksi selaput otak sejak berumur 1,5 tahun. Aktivitas Richie hanya bisa berbaring. Sejak ibunya, Yanti Kumalasari, meninggal dunia pada 2019 akibat tumor otak, Richie dirawat kakaknya, Stephani. Ayahnya Maryadi menjadi tulang punggung keluarga bekerja sebagai pekerja proyek bangunan dengan penghasilan tak menentu.

Baca juga: Pernah Peroleh Rp25.000/Bulan, Guru Honorer di Klaten Ini Lega Dapat SK

Sebelumnya, keluarga itu memiliki rumah di wilayah Desa Ngering, Kecamatan Jogonalan, Klaten. Namun, rumah itu dijual untuk biaya pengobatan Richie selama di rumah sakit. Keluarga itu akhirnya tinggal di rumah orang lain di wilayah Desa Dengkeng, Kecamatan Wedi.

Stephani kini menempuh pendidikan di perguruan tinggi di Yogyakarta. Sejak awal kuliah hingga kini, Stephani masih mengikuti kuliah secara online hingga bisa merawat adiknya. Namun, dalam waktu dekat kuliah offline dimulai. “Kalau sudah mau masuk kuliah, bapak akan usaha di rumah. Jadi nanti yang mengurus Richie adalah bapak,” kata dia.

Sementara, ayah Richie, Maryadi, bersyukur dikeliling orang baik yang terus memberikan bantuan dan dukungan ke keluarganya. “Saya sangat bersyukur dikelilingi orang baik. Semoga bantuan ini berguna untuk perkembangan kesehatan anak saya,” kata Maryadi.

Baca juga: Kakak Adik Lumpuh di Bayat, Kapolres Klaten Beri Santunan & Kursi Roda

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

+ PLUS Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

Pemerintah mengalokasikan dana abadi Rp7 triliun untuk menunjang peningkatan kualitas perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) menjadi perguruan tinggi kelas dunia.

Berita Terkini

Penduduknya Paling Sedikit, Ini 5 Fakta Unik Kelurahan Laweyan Solo

Kelurahan Laweyan, Laweyan, yang berpenduduk paling sedikit di Kota Solo menyimpan sejumlah keistimewaan dan keunikan dibanding kelurahan lain.

Tak Perlu Khawatir Hujan, Begini Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini

Cuaca Karanganyar diprakirakan bakal berawan sepanjang hari. Jadi Anda tak perlu khawatir bakal basah kehujanan.

Full Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini

Cuaca Sragen hari ini diperkirakan bakal berawan dari pagi sampai malam. Simak informasi lengkap prakiraan cuaca sragen hari ini di sini.

Sebelum Berkegiatan Cek Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 28 Juni 2022

Artikel ini menyajikan informasi tentang prakiraan cuaca wilayah Boyolali pada hari Selasa (28/6/2022).

Khawatir Aktivitas Terganggu Hujan? Cek Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini

Prakiraan cuaca Kota Solo hari ini, Selasa (28/6/2022), menurut BMKG cenderung stabil berawan dan tak banyak berubah.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Selasa 28 Juni 2022: Berawan Terus

Simak informasi prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari ini Selasa (28/6/2022).

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Stabil Berawan

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 28 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Berawan Pagi dan Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 28 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Walah, Literasi Keuangan Digital Milenial Indonesia Jauh dari Singapura

Skor penilaian literasi keuangan digital anak muda milenial di Indonesia masih sangat rendah, hanya separuh dari skor Singapura.

Siap-Siap! Ribuan Warga Solo Jadi Sasaran Simulasi Penanganan Kebakaran

Ribuan warga di lima kecamatan Kota Solo akan menjadi sasaran kegiatan simulasi penanganan kebakaran bersama Dinas Damkar Solo.

Kelurahan Jebres Solo Masuk 3 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jateng

Kelurahan Jebres, Solo, masuk tiga besar kelurahan terbaik dalam Lomba Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Jateng 2022.

Ini Kelurahan Dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit Di Solo, Wilayahmu?

Kelurahan di Kecamatan Laweyan ini memiliki jumlah penduduk paling sedikit meski bukan merupakan wilayah kelurahan paling kecil di Kota Solo.

CFS Wonogiri, Paguyuban Pedagang-Karang Taruna Silang Pendapat Soal Ini

Setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19, car free sunday (CFS) di Wonogiri kembali berjalan, Minggu (26/6/2022). Tetapi, terdapat permasalahan dalam pengelolaannya.

Bawa Miras Dan Mabuk, 18 Suporter PSS Sleman Ditangkap Polisi Solo

Sebanyak 18 suporter PSS Sleman tertangkap aparat Tim Sparta Polresta Solo karena kedapatan membawa miras dan mabuk di Stadion Manahan.

Tersisa 10 Kloter Belum Diberangkatkan, Termasuk Calhaj Dari Kota Solo

Embarkasi Solo hingga Senin (27/6/2022) masih menyisakan 10 kloter yang belum diberangkat ke Tanah Suci, termasuk calhaj dari Kota Solo.

Kritik Birokrasi, Habib Syech Cerita Pernah Diminta Bayar Saat Urus KTP

Pendakwah selawat terkemuka Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf mengaku pernah diminta membayar sejumlah uang saat urus pembuatan KTP.