Menpora Tegaskan Penggunaan Anggaran ASEAN Para Games 2022 Siap Diaudit

Prosesi closing ceremony diakhiri  dengan pesta kembang api selama dua menit. Seperti diketahui pelaksanaan APG berlangsung 30 Juli sampai 6 Agustus, dengan total anggaran Rp375 miliar.

 Kembang api menerangi dan menghiasi langit di atas Stadion Manahan, Solo, saat penutupan ASEAN Para Games (APG) XI 2022, Sabtu (6/8/2022) malam WIB. (Solopos/Nicolous Irawan )

SOLOPOS.COM - Kembang api menerangi dan menghiasi langit di atas Stadion Manahan, Solo, saat penutupan ASEAN Para Games (APG) XI 2022, Sabtu (6/8/2022) malam WIB. (Solopos/Nicolous Irawan )

Solopos.com, SOLO – Presiden Jokowi resmi menutup ASEAN Para Games (APG) ke-XI di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8/2022) malam.

Prosesi closing ceremony diakhiri  dengan pesta kembang api selama dua menit. Seperti diketahui pelaksanaan APG berlangsung 30 Juli sampai 6 Agustus 2022, dengan total anggaran Rp375 miliar.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menegaskan  bersyukur APG ke-XI 2022 berjalan sukses. Kesuksesan itu meliputi empat aspek, yakni penyelenggaraan, prestasi juara umum, pemulihan ekonomi, dan administrasi.

“Setelah ini dilakukan audit, akan kita umumkan karena ini menggunakan APBN kita ingin semua transparan, administrasi, akuntabel, dan tidak terjadi penyelewengan serta penyimpangan, apalagi sampai ada masalah hukum,” kata dia.

Ia menegaskan dengan kesuksesan ini tidak terlepas adanya gotong royong antar kementerian, yakni Kemen PUPR, Kemenkeu, Kemenhub, Kemenkominfo, Kemen BUMN dan Kemenpora. “Ini gotong royong kita sukses dan mampu. Kalau kita bersama gotong royong kita mampu,” tegas dia.

Baca Juga: Inilah Mereka, Penyapu Bersih Medali Emas Para-Renang APG 2022

Ketua Indonesian ASEAN Para Games Organizing Comittee (Inaspoc), Gibran Rakabuming Raka, mengaku terbantu dengan pemberitaan media. Ia menegaskan setelah ini tinggal menyelesaikan kepulangan kontigen ke negaranya masing-masing.

“Kita pastikan semua kontigen selamat dan sehat-sehat. Soal administrasi kita siap diaudit, kita yakin tidak ada masalah karena dibantu Kajati Jateng dan BPK (Badan Pemeriksan Keuangan),” kata dia.

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Kemenpora, Chandra Bakti, mengatakan APG selalu dilaksanakan beriringan dengan SEA Games. APG pertama digelar 2001 di Malaysia dan terakhir digelar 2017 di Malaysia. Namun, pandemi membuat APG ditunda lalu dibatalkan.

Baca Juga: Prediksi Persikabo Vs Persis Solo, Susunan Pemain, dan Siaran Langsung

“Presiden menyetujui Indonesia mengambil alih gelaran tuan rumah. Sejarah mencatat akses disabilitas di Solo, apalagi Solo 2011 menjadi tuan rumah. Ketika ditetapkan di Solo, semua akses Solo ada ramah disabilitas,” kata dia.

Ia menambahkan Solo menjadi tuan rumah dalam waktu singkat sukses menjadi tuan rumah. “Sesungguhnya kebijakan pemerintah Indonesia dan Pemkot Solo benar-benar mewujudkan kesetaraan atlet normal dan disabilita. Di Solo kesetaraan bukan hal yang baru lagi. Mas Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka layak diapresiasi.”

Baca Juga: Klasemen Akhir Grup A Piala AFF U-16, Indonesia Tunggu Juara Grup C

“Seluruh negara sangat mengapresiasi. Saya kira ini hasil kerja konkret. Kontribusi lintas kementerian,” imbuh dia.

Catatan prestasi, Indonesia sukses menjadi juara umum. Dia melihat dampak ekonomi sangat besar di Solo. Penyedia makanan, sewa kendaraan, hingga hotel sangat merasakan dampak ini. Terkait administrasi, semuanya berjalan tertib dan transparan. Sejak awal, Kejaksaan Agung mengawal jalannya APG ini. Kesuksesan itu jangan sampai tercederai hal-hal bersifat administrasi.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Soloraya Ladang Ranjau dan Aksi Peledakan Jembatan Pascakemerdekaan 

      + PLUS Soloraya Ladang Ranjau dan Aksi Peledakan Jembatan Pascakemerdekaan 

      Perjuangan mempertahankan kemerdekaan di wilayah Soloraya melahirkan aksi peledakan jembatan dan pemasangan ranjau di sejumlah lokasi, yang terkadang memakan korban dari bangsa sendiri.

      Berita Terkini

      Berapa Bonus Timnas Indonesia U-16 dari Pemerintah? Ini Kata Menpora

      Menpora Zainudin Amali mengaku baru akan memulai pembicaraan mengenai opsi pemberian bonus untuk Timnas Indonesia U-16 yang pekan lalu berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2022.

      Ditempa 2 Bulan, Ini Kabar Ganda Putra Indonesia Jelang Kejuaraan Dunia

      Bagi PBSI, kesiapan lini ganda putra sangat penting mengingat sektor ini menjadi salah atu tumpuan skuad Merah Putih untuk mendulang gelar juara.

      Juara Piala AFF U-16, Timnas Indonesia U-16 akan Bertemu Jokowi

      Penggawa Timnas Indonesia U-16 dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8).

      Inilah Tumpuan Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022

      PBSI berharap para tumpuan Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 bisa tampil maksimal dan mengeluarkan semua kebolehan yang sudah ditempa selama kurang lebih satu bulan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur.

      Jokowi Oke, Timnas U-16 akan Hadiri Upacara HUT RI di Istana Merdeka

      Presiden Jokowi mengabulkan keinginan penggawa Timnas Indonesia U-16 menghadiri upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta.

      Waduh! Bek Persis Solo Ini Resmi Mengundurkan Diri, Apa Penyebabnya?

      Ikhwan mengaku sangat mencintai tim Persis Solo dan sebagian orang Solo yang sudah dikenalnya pasti sangat mengetahui hal itu.

      Suporter Anggap Gagal, Ini Rapor Jacksen F. Tiago Bersama Persis Solo

      Di uji coba awal, Persis Solo bersama Jacksen F Tiago sempat menunjukkan hasil positif dalam laga uji coba melawan Persebaya Surabaya.

      Suporter Demo Tuntut Jacksen Out, Ini Jawaban Manajemen Persis Solo

      Suporter menuntut, apa pun hasil melawan Bhayangkara, Jacksen Fereirra Tiago tetap harus meninggalkan Persis Solo.

      Demo Turun ke Jalan, Ini Pernyataan Tegas Suporter Persis Solo

      Rentetan hasil buruk bahkan terjadi jauh sebelum kompetisi dimulai. Pemilihan Jacksen F. Tiago sebagai Pelatih Kepala Persis Solo tidak memberikan hasil baik secara nyata. 

      Suporter Persis Solo Demo Turun ke Jalan, Ada Apa?

      Suporter Persis Solo turun ke jalan menuntut pelatih Jacksen Tiago out.

      Ini Rekor-Rekor Buruk Manchester United seusai Dibantai Brentford 0-4!

      Manchester United (MU) menyisakan beberapa rekor buruk seusai dibantai Brentford 0-4 dan Brighton 1-2 di ajang Liga Inggris.

      Prediksi Rans FC vs PSM Makassar: Juku Eja Waswas Potensi Tim Promosi

      PSM Makassar waswas dengan potensi kekutan tim promosi Rans Nusantara FC, tim promosi pertama yang akan dihadapi di Liga 1 2022/2023.

      Hasil dan Klasemen Liga 1 Terbaru, Madura United Tetap Capolista

      Madura United tetap berada di puncak klasemen (capolista) terbaru Liga 1 meskipun gagal mempertahankan rekor selalu menang setelah ditahan Persebaya Surabaya 2-2.

      Persis Solo Ditunggu 3 Laga Berat Selanjutnya selama Agustus

      Persis Solo ditunggu tiga laga berat selanjutnya selama Agustus 2022 yaitu melawan Bhayangkara FC, Madura United dan Borneo FC Samarinda.

      Alfredo Vera Ungkap Kunci Kemenangan Persita atas Persis Solo

      Pelatih Persita Angel Alfredo Vera mengungkapkan motivasi tinggi para pemain tampil lebih baik di babak kedua menjadi kunci kemenangan Persita atas Persis Solo.