SOLOPOS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. (Istimewa-Kemenpora)

Solopos.com,  SOLO — Penerapan protokol kesehatan (prokes) pada pelaksanaan Piala Menpora 2021 sejak 21 Maret menjadi salah satu faktor utama kelancaran turnamen pramusim itu dapat terjaga hingga semifinal leg I di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Namun setiap elemen diwanti-wanti tetap berkomitmen menyukseskan penyelenggaraan Piala Menpora hingga final yang akan digelar di Stadion Manahan, Solo, 25 April 2021.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, dalam jumpa pers virtual dari Stadion Maguwoharjo, Jumat (16/4/2021) malam.

Baca juga: Jelang Semifinal Piala Menpora, Penerangan di Stadion Manahan Ditingkatkan 2 Kali Lipat

Menpora mengapresiasi penyelenggaraan pramusim dan kedisiplinan penerapan prokes yang cenderung stabil dari fase grup hingga semifinal. Zainudin mendorong tren positif itu dapat berlangsung hingga final turnamen di Solo.

“Hingga semifinal leg I di Sleman ini saya lihat tidak ada penurunan [penerapan prokes], masih sama seperti dulu. Saya harap hal ini terjaga sampai semifinal leg II dan final di Solo,” ujar Menpora.

Sebagai informasi, semifinal leg II di Stadion Manahan akan mempertandingkan Persija Jakarta kontra PSM Makassar pada Minggu (18/4/2021) serta PSS Sleman melawan Persib Bandung, Senin (19/4/2021). Pemenang dari kedua leg semifinal itu bakal bertemu dalam final di Solo, Minggu (25/4/2021).

Baca juga: Kerja Keras Bawa PSS ke Semifinal Piala Menpora, Bali United Langsung Fokus ke Liga 1

Menpora meminta semua elemen kembali menunjukkan komitmennya untuk menyukseskan pramusim. Menurut Zainudin, hasil pelaksanaan Piala Menpora bakal sangat berpengaruh pada turunnya izin Liga 1 dan Liga 2 2021.

“Perlu komitmen semua pihak, mulai penyelenggara, klub hingga suporter dengan tetap menonton dari rumah. Mari sekali lagi kita buktikan kita bisa,” ujar Menpora.

Kota Solo sendiri terus bersolek menyambut gelaran akbar semifinal dan final di Stadion Manahan. Panpel lokal telah merampungkan setting peningkatan pencahayaan stadion dari 1.200 lux menjadi 2.400 lux.

Pencahayaan Stabil

Beberapa hari terakhir panpel telah menguji coba lampu agar dapat berdaya maksimal saat laga malam hari.

“Semifinal akan dimulai pukul 20.30 WIB sehingga butuh pencahayaan yang stabil untuk siaran televisi,” ujar Ketua Panpel Lokal Piala Menpora di Solo, Paulus Haryoto.

Baca juga: Kalah Adu Penalti, PSIS Akhiri Kiprah di Piala Menpora 2021

Sementara itu Menpora dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dijadwalkan mengunjungi Stadion Manahan saat semifinal leg II antara PSS kontra Persib, Senin malam.

Media officer lokal Piala Menpora di Solo, Anggra Bratama, mengatakan kehadiran dua pejabat teras tersebut sekaligus memperingati HUT ke-91 PSSI yang jatuh 19 April 2021.

“Apakah ada acara atau seremonial khusus, kami belum tahu,” ujar Anggra kepada Solopos.com.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya