SOLOPOS.COM - Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia, Airlangga Hartarto (tengah) dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa oleh Unnes. (Solopos.com/Kemenpora)

Solopos.com, SEMARANG -- Menpora Zainudin Amali mengapresiasi Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto yang dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa Pendidikan Olahraga Pascasarjana dalam Bidang Manajemen Olahraga oleh Universitas Negeri Semarang (Unnes), Rabu (23/12/2020).

Menpora mengatakan gelar yang diberikan kepada Airlangga Hartato sangat tepat. Karena olahraga wushu dibawah kepemimpinannya sejak tahun 2017 telah memberikan prestasi yang luar biasa untuk Indonesia.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

"Selamat sebelumnya saya ucapkan kepada Bapak Airlangga Hartarto yang sudah mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa Pendidikan Olahraga Pascasarjana dalam Bidang Manajemen Olahraga oleh Unnes. Saya juga mengapresiasi, selama menjadi Ketua Umum PB WI, banyak prestasi yang sudah ditorehkan atlet wushu Indonesia di kancah Asia ataupun dunia. Ini tidaklah gampang, tapi dengan kepemimpinan beliau, wushu berhasil berprestasi luar biasa," kata Menpora Zainudin Amali.

Direktur Amir Mahmud Center Ungkap Cara Patahkan Paham Radikal

Ekspedisi Mudik 2024

Lebih jauh Menpora juga menyampaikan sebagai Ketum PB WI Airlangga Hartarto juga memiliki inovasi dalam mengembangkan olahraga wushu. Hasilnya, wushu menjadi cabang olahraga yang digemari masyarakat dan menjadi andalan Indonesia dalam meraih prestasi internasional.

"Selain kepemimpinan yang humanis, menurut saya Pak Airlangga bisa menerapkan tata kelola organisasi yang baik dalam PB WI. Saya yakin dengan manajemen yang baik, maka akan melahirkan prestasi yang baik juga," tambah Menpora.

Ketum PB WI Airlangga Hartarto dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada Rektor Unnes Prof. Dr. Fathur Rokhman. Juga tim promotor dan civitas Unnes yang telah menganugerahkan gelar doktor honoris causa kepada dirinya.

"Saya bersyukur atas amanah gelar doktor honoris causa ini. Saya ucapkan terimakasih kepada Rektor Unnes, tim promotor dan civitas Unnes," katanya.

Resmi Raih Perak Olimpiade 2012, Citra Febrianti Terima Bonus Menpora

Kepemimpinan Humanis

Airlangga Hartarto mengatakan, gaya kepemiminan dan tata kelola serta kinerja organisasi memiliki peran penting dalam menuju kemajuan serta prestasi. Tata kelola (good governance) dibidang olahraga melibatkan berbagai pihak seperti badan pemerintah. Juga badan pengatur olahraga nasional, internasional dan federasi olahraga. Di samping itu, juga melibatkan konsep tanggungjawab, aturan dan kebijakan komunikasi, transparansi dalam hal pengambilan keputusan.

" Saya harapkan dengan implementasi good governance dalam bidang olahraga diharapkan dapat menekan dan menjadi solusi atas permasalahan seperti korupsi, penyalahgunaan kekuasaan, pelanggaran peraturan, keterlibatan politik yang berlaku di dalam organisasi," ucap Airlangga Hartarto.

Hujan Ekstrim, Muncul 345 Lubang di Jalan Provinsi di Grobogan

Sementara Rektor UNNES, Fathur Rokhman mengatakan, Airlangga memperoleh anugerah doktor honoris causa pada program Doktor Pendidikan Olahraga Pascasarjana UNNES dalam Bidang Manajemen Olahraga.

"Bapak Ir Airlangga Hartarto memiliki keunikan kepemimpinan dalam organisasi olahraga wushu Indonesia. Melalui Kepemimpinan humanistik beliau, prestasi-prestasi international wushu diraih dengan gemilang," katanya.

Dua karya ilmiah yang disusun Airlangga Hartarto mengenai kepemimpinan humanistik, berjudul Is Humanistic Leadership Suitable for Sport Organization: a Literature Review dan Peran Kepemimpinan Humanis dalam Peningkatan Good Governance dalam Organisasi Olahraga: Sebuah Kajian, yang dimuat dalam jurnal ilmiah internasional dan nasional bereputasi, makin meneguhkan hasil kajian tim promotor.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya