SOLOPOS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyaksikan berbagai kerajinan khas Borobudur di Omah Mbudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (20/12/2019). (Antara-Heru Suyitno)

Solopos.com, MAGELANG — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Jumat (20/12/2019), berkunjung ke Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dalam kunjungan kerja itu, ia mendatangi Omah Mbudur di Desa Wanurejo, Borobudur.

Pada kunjungan di Omah Mbudur tersebut Menparekraf Wishnutama yang didampingi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo diterima oleh pemilik Omah Mbudur Nuryanto. Pada kunjungan tersebut Menparekraf menyaksikan pembuatan berbagai kerajinan khas Borobudur yang terbuat dari bahan limbah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wishnutama mengatakan kerajinan kaitannya dengan ekonomi kreatif, apa yang dilakukan Omah Mbudur mendukung sekali kegiatan pariwisata dengan kemampuan ekonomi kreatif masyarakat setempat. “Ada kerajinan tangan, kerajinan batik, seni tari, makanan, lukisan dan suasana alam, ada kulinernya, segala macam itu kan bagian dari pada ekonomi kreatif yang bisa membawa manfaat buat masyarakat di sekitarnya,” katanya.

Menurut dia, destinasi wisata itu yang terpenting membawa manfaat. Tujuan pariwisata selain memberikan devisa buat negara juga memberikan manfaat buat masyarakat di sekitarnya. “Yang paling cepat dan bisa bermanfaat adalah ekonomi kreatif sehingga memberikan kesejahteraan buat masyarakat di sekitarnya,” katanya.

Ia menilai kualitas kerajinan yang dihasilkan sudah bagus, tetapi kalau bisa yang sudah bagus ditingkatkan menjadi lebih bagus. “Tugas Kemenparekraf untuk membantu mengemasnya, bisa menjualnya secara online nanti, bagaimana bisa memberikan brand-nya, mempromosikannya, itu juga penting,” kayanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya