SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bangkok–Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Thailand ditegur oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Thailand, Kasit Piromya atas intervensi AS untuk urusan politik dalam negeri Thailand.

Dubes AS, Eric John dipanggil oleh Kasit setelah Wakil Menlu AS, Kurt Campbell mengadakan pertemuan dengan mantan anggota-anggota kabinet Thai Jaturon Chaisaeng, seorang pemimpin demonstran ‘kaus merah’ dan Noppadon Pattama, Mantan Menlu Thai yang merupakan penasihat hukum mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Pertemuan yang dilakukan pada Minggu (2/5) lalu itu menimbulkan kemarahan pemerintah Thai. Kementerian Luar Negeri Thai menegaskan, kebuntuan politik saat ini antara pemerintah Thai dan demonstran ‘kaus merah’ merupakan urusan dalam negeri.

“Dan tidak memerlukan mediasi dari mitra-mitra asing,” demikian diberitakan media Thai, Bangkok Post mengutip sumber-sumber diplomatik seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (11/5).

Menurut Bangkok Post, pertemuan pejabat AS dan kubu pro-Thaksin itu dianggap sebagai dukungan bagi demonstran ‘kaus merah’.

Namun kedutaan AS menyatakan, pertemuan itu dimaksudkan untuk mendengarkan pandangan dari semua pihak terkait rencana PM Abhisit Vejjajiva. Wakil Sekjen Abhisit dan Pjs juru bicara pemerintah Thai, Panitan Wattanayagorn juga diundang ke pertemuan itu namun tidak hadir.

Menurut Bangkok Post, dalam pertemuan dengan Kasit, Dubes John menyampaikan pesan dari Campbell bahwa AS “ada di sini bukan untuk memediasi solusi atau memberikan dukungan untuk hasil tertentu, namun untuk menekankan dukungan AS bagi pemerintah Thailand dan bagi rakyat Thai dalam masa-masa menantang ini”.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya