Tutup Iklan

Menkominfo: Selama Pandemi, Pengguna Layanan Digital Tumbuh 37%

Pengguna layanan digital tumbuh 37% selama pandemi.

 Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat menghadiri puncak acara Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021, di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (30/09/2021). (Foto: kominfo.go.id)

SOLOPOS.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat menghadiri puncak acara Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021, di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (30/09/2021). (Foto: kominfo.go.id)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatikan (Menkominfo) Johnny G. Plate menyebut pengguna layanan digital tumbuh 37% selama pandemi. Johnny berharap segera lahir startup level decacorn di masa mendatang.

Menkominfo mengatakan pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 202,6 juta per Januari 2021. Sementara pada 2020, peningkatan bandwidth internet secara global mencapai 35%.

Baca Juga: J&T Expres Masuk Daftar Unicorn Indonesia, Valuasinya Bikin Melongo…

Johnny memprediksi lalu lintas data bulanan secara global bakal meningkat hingga 780 exabytes pada tahun 2026. Dengan demikian, teknologi digital disebutnya bisa diadopsi menjadi katalisator bagi kemajuan berbagai kehidupan dan aktivitas masyrakarta, termasuk perkembagan ekonomi digital di Indonesia.

Hal itu sebagaimana dilansir Detik.com, Rabu(13/10/2021). Startup unicorn mulai bermunculan di Indonesia. Dengan Gojek, Indonesia disebut Johnny telah memiliki starup decacorn. Level itu terjadi setelah penggabungan Gojek dan Tokopedia menjadi GoTo.

Baca Juga: #BangkitBersama GoTo Kembangkan UMKM

Valuasi decacorn adalah USD 10 miliar atau Rp140 triliun.

“Resiliensi (ekonomi digital) tercermin dari peningkatan pendanaan sejumlah startup di Indonesia, di mana hingga kini Indonesia telah memiliki satu decacorn, yakni Gojek. Dan mudah-mudahan segera dua,” ujarnya keterangan tertulisnya, Rabu.

Sebagai informasi, Indonesia diramaikan startup unicorn yang memiliki valuasi USD 1 miliar atau Rp14 triliun. Startup unicorn tersebut antara lain Ovo, Bukalapak, Traveloka, J&T Express, Ajaib, Xendit dan OnlinePajak.

Baca Juga: Ini 7 Keunggulan Pesan Bus Online

“Dengan geliat potensi dan resiliensi tersebut, maka diperkirakan valuasi ekonomi digital Indonesia ke depan akan terus meningkat, yakni mencapai sebesar USD 124 Miliar pada tahun 2025, dan sebesar USD 315,5 Miliar pada tahun 2030 mendatang,” jelas Johnny.

Menteri Johnny juga menyebut potensi financial technology alias fintech.

Baca Juga: Masyarakat Lebih Pilih Pinjam Duit di Fintech, Ini Alasannya

“Prospek tumbuh kembang yang positif tersebut terlihat dari jumlah nilai investasi fintech di Indonesia pada tahun 2020 yang mencapai hampir USD180 Juta Dollar Amerika Serikat, atau setara dengan 20 persen total investasi fintech di antara ASEAN 6 atau Indonesia yakni Thailand, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Vietnam,” jelasnya.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

WhatsApp Siapkan 5 Fitur Baru yang Segera Dirilis, Apa Saja?

WhatsApp juga sedang berupaya memperkenalkan editor foto dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna menambahkan stiker dan teks, memotong dan memutar foto.

WhatsApp Web Bisa Buat Stiker Kustom, Sudah Tahu?

Kini WhatsApp versi Web mengembangkan fitur pembuat stickers atau stiker kustom buatan sendiri.

Awas! Malware Joker Kembali, Cepat Hapus 15 Aplikasi Ini dari Android

Analis di perusahaan keamanan siber Kaspersky, Tatyana Shishkova menemukan setidaknya 15 aplikasi Android terinfeksi malware Joker.

Pesawat Luar Angkasa NASA Jadi Tameng Bumi dari Asteroid

NASA bakal meluncurkan pesawat luar angkasa pada 2022. Tujuan pesawat ini adalah menghancurkan diri ketika menabrak sebuah asteroid.

Instagram Akan Hapus Data Pribadi yang Disebar di Add Yours

Meta Indonesia mengatakan Instagram akan menghapus konten yang membagikan, menawarkan, serta mengumpulkan informasi identitas pribadi.

Huawei Luncurkan MateBook 14 dan 14s Pada Desember 2021

Huawei akan segera meluncurkan dua laptop sekaligus pada Desember mendatang, yaitu MateBook 14 dan MateBook 14s.

Cara Dapat Set Top Box Gratis TV Digital dari Kominfo

Berikut ini terdapat cara dan syarat untuk mendapatkan set top box (STB) gratis dari Kominfo biar bisa menikmati layanan TV digital.

Berikut Daftar Link Nonton Gerhana Bulan Sebagian

Link siaran langsung Gerhana Bulan Sebagian, 19 November 2021.

Pengin Lihat Gerhana Bulan Sebagian? Catat Jamnya

Jadwal Gerhana Bulan Sebagian di Indonesia.

Menantang Kemampuan iPhone 13 Series Memotret Gerhana Bulan Sebagian

Menantang kemampuan kamera iPhone 13 Series untuk memotret Gerhana Bulan Sebagian.

Drone Bramor PPX Bantu Pemetaan Tol Cisumdawu

Drone Bramor PPX milik Terra Drone Indonesia menyelesaikan pekerjaan survei pemetaan udara menggunakan drone untuk proyek tol Cisumdawu.

Huawei Ajak Intip Tipikal Pacar Insinyur Cantik Ini

Insinyur cantik yang bekerja di perusahaan Huawei tertarik mencari pacar dari bidang teknologi.

Ajak Pengguna Bernyanyi, Spotify Luncurkan Fitur Lirik Lagu

Spotify luncurkan fitur baru berupa lirik lagu.

Oppo Luncurkan A95, Ini Harga dan Fitur Unggulannya

Oppo A95 resmi diluncurkan membidik pengguna muda.

Peretasan Data Polisi: Akun Penggunggah Database Polri Ditangguhkan

Twitter batasi akun penyebar data personel Polri.

Doa dan Harapan Masuk 5 Besar Reels Instagram Paling Digemari

Konten komedi rangking satu dan konten doa dan harapan ranking lima paling banyak digemari pemirsa Reels Instagram Indonesia.