Menko PMK Minta RSUD Caruban Operasionalkan PCR Secara Mandiri
Menko PMK Muhadjir Effendy melihat Laboratorium Biomolekuler Polymerase Chain Reaction (PCR) di RSUD Caruban Kabupaten Madiun, Jumat (20/11/2020). (Istimewa/Pemkab Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi RSUD Caruban, Kabupaten Madiun, Jumat (20/11/2020). Muhadjir melihat operasional Laboratorium Biomolekuler Polymerase Chain Reaction  atau PCR di rumah sakit tersebut.

Dalam kunjungan itu, Muhadjir baru mengetahui bahwa untuk operasional Laboratorium Biomolekuler PCR di RSUD Caruban masih bergantung pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

“Saya kira tidak perlu ada konfirmasi lah di Surabaya. Nanti saya urus tidak perlu ada konfirmasi di Surabaya,” kata dia.

Penelitian Dosen PPI: Reaktivasi Jalur KA Madiun-Slahung Sangat Mungkin Direalisasikan

Sejak dioperasikan pekan lalu, pengoperasian Laboratorium Biomolekuler PCR di RSUD Caruban masih tergantung pada keputusan Dinas Kesehatan Jatim.

Dia menjelaskan adanya mesin PCR ini untuk membantu dan mempercepat proses pelacakan Covid-19. Sehingga untuk memeriksakan spesimen tidak harus ke tempat lain. Terutama tidak ke Surabaya. Karena di Surabaya juga pemeriksaan spesimen juga antre.

Satu-Satunya Pengrajin Bata Ekspos dan Tempel di Wonogiri Ada di Kecamatan Tirtomoyo

“Saya kira di laboratorium ini semua sudah berjalan dengan baik dan tenaganya juga lengkap. Sehingga spesimen yang diperiksa bisa langsung ditangani dan diputusi,” kata dia.

Saat meninjau Laboratorium Biomolekuler PCR, Muhadjir menyampaikan direncanakan di akhir tahun 2020 akan ada vaksin Covid-19 gratis dari pemerintah. Tercatat ada sekitar 60 juta orang yang akan mendapatkan vaksin.

Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah Daerah Jika Putuskan Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah

“Bukan berarti jika sudah divaksin semuanya menjadi beres dan tidak mematuhi protokol kesehatan. Vaksin Covid-19 ini hanya untuk membangun ketahanan kawanan. Ada beberapa orang diberi vaksin agar memiliki daya tahan sehingga bisa melindungi mereka yang tidak divaksin,” kata Menko PMK Muhadjir Effendy .

Wakil Bupati Madiun, Hari Wuryanto, mengatakan bantuan alat PCR di RSUD Caruban sangat bermanfaat bagi masyarakat. Yakni dalam mendeteksi Covid-19 secara dini sehingga pasien bisa cepat tertolong.

Asosiasi Media Siber Indonesia Jateng akan Gelar Konferensi, Dilengkapi Seminar Cara Bikin Konten

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom