Menko Luhut Sebut Jepara Berhasil Redam Lonjakan Kasus Covid-19

Jepara dinilai berhasil meredam lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 secara signifikan, seiring dengan menurunnya pasien di rumah sakit.

 
Bupati Jepara bersama forkopimda saat mengikuti pertemuan secara daring dengan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Rabu (21/7/2021). (jepara.go.id)

SOLOPOS.COM - Bupati Jepara bersama forkopimda saat mengikuti pertemuan secara daring dengan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Rabu (21/7/2021). (jepara.go.id)

Solopos.com, JEPARA – Jepara dinilai berhasil meredam lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 secara signifikan, seiring dengan menurunnya pasien yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Dilansir melalui portal resmi Kabupaten Jepara, pernyataan tersebut dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi , Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan arahan secara virtual kepada kepala daerah.

“Jepara ini menunjukkan tren penurunan penambahan kasus terkonfirmasi, dan perawatan di rumah sakit cukup signifikan,” kata Menko Luhut, Rabu (21/7/2021).

 Baca Juga: Pemkab Banjarnegara Siapkan Telaga Merdada Jadi Wisata Alam Bebas Sampah

Pertemuan daring itu membahas implementasi PPKM level 4 Jawa dan Bali. Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama forkopimda, dan sejumlah pejabat perangkat daerah, mengikuti arahan tersebut di peringgitan dalam Pendopo Kartini.

Luhut menyebut PPKM Level 4 menggantikan PPKM Darurat, meski secara substansi tetap sama. Pemberlakuan kebijakan ini diterapkan mulai tanggal 21 hingga 25 Juli 2021.

“Ketentuan dalam PPKM Level 4 sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021, di mana secara substansi pembatasan aktivitas dan mobilitas masyarakat Jawa Bali sama dengan aturan PPKM darurat,” ujar Luhut.

Baca Juga: Kudus PPKM Level 4, Pemkab Lanjutkan Penyekatan Jalan

Berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021, terdapat sejumlah daerah di Jawa dan Bali yang memiliki risiko penularan Covid-19 di level 3 dan 4. Dalam instruksi itu Kabupaten Jepara masuk dalam kriteria level 3 penularan Covid-19.

Selanjutnya, pada 26 Juli 2021 akan dilakukan evaluasi lebih lanjut mengenai daerah-daerah dan sektor usaha yang bisa dilakukan relaksasi. Menko Marves menyebut ada tiga indikator acuan yang harus terpenuhi terlebih dulu, yakni penurunan mingguan pada kasus konfirmasi, perawatan, dan tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di rumah sakit.

Berita Terkait

Berita Terkini

Guru dan Siswa Terpapar Covid-19, 8 SD-SMA di Blora Batal PTM

Kasus di delapan sekolah di Blora itu bukan merupakan klaster penyebaran Covid-19, karena ditemukan saat screening sebelum PTM.

Petani Jambu Air Di Grobogan Ini Namanya Mirip Nama Penyanyi Indonesia

Pembeli datang ke kebun jambu air di Desa Watupawon, Kecamatan Penawangan, Grobogan, petik langsung sambil selfi atau swafoto.

Ini Lho, Bandar Arisan Online Salatiga Tertangkap

Bandar arisan di Salatiga yang dicari karena membawa kabur uang hingga miliaran rupiah milik peserta akhirnya ditangkap polisi.

Unik! Kuliner Soto Bancar Khas Purbalingga Topping Bakso & Saus Kacang

Kuliner khas Purbalingga berupa Soto Bancar memiliki keunikan dengan sajian soto lainnya, yakni tambahan saus kacang, bakso, dan kerupuk merah putih dalam penyajiannya.

UKSW dan TNI Gelar Vaksinasi Massal Bagi Pelajar dan Masyarakat Umum

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kerja sama dengan TNI Komando Daerah Militer IV/Diponegoro menggelar vaksinasi massal di Balairung Universitas

Ganjar Pranowo Emoh Mikir Jadi Capres: Pilpres Urusan Bu Mega

Ganjar Pranowo menegaskan bahwa urusan capres pada Pilpres 2024 merupakan kewenangan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP.

Idza Priyanti, Mantan Dirut Perusahaan Transportasi Tegal yang Kini Jadi Bupati Brebes

Idza merupakan wanita kelahiran Tegal, 9 Januari 1971. Dirinya merupakan Bupati petahana yang memimpin salah satu kabupaten di kawasan pantai utara (pantura) Jawa Tengah sejak 2012.

Ini Daftar Objek Wisata di Jateng yang Wajib Tunjukkan Aplikasi PeduliLindungi

Sudah ada 4 destinasi wisata di Jateng yang mewajibkan wisatawan yang berkunjung menerapkan aplikasi PeduliLindungi.

Bandel Buang Limbah di Bengawan Solo, 31 Perusahaan Kena Sanksi

Sanksi administrasi karena terbukti masih membuang limbah yang tidak memenuhi baku mutu di aliran Sungai Bengawan Solo.

Sakti! Bakul Gorengan di Magelang Ini Balik Masakannya Dengan Tangan

Seirabg penjual gorengan di Magelang mendadak viral setelah aksinya membalik masakannya dengan tangan kosong.

Baznas Banjarnegara Kembali Serahkan Bantuan untuk Masyarakat Rp773 Juta

Pada penyaluran dana kali ini untuk bantuan fakir miskin, menyasar 58 desa yang masuk kategori tertinggal. Per desa dipilih 10 orang sehingga total 580 orang.

KA Kedungsepur dan KA Lokal Cepu Beroperasi Lagi, Ini Syarat Naiknya…

Beroperasinya KA Kedungsepur dan KA Ekonomi Lokal Cepu itu setelah mendapat izin dari Direktorat Jenderal Kereta Api (DJKA).

Kebakaran Kandang Ayam di Tegowanu Grobogan, 20.000 Ayam Terpanggang

Kebakaran kandang ayam milik Suparno, 59, warga Desa Medani, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan, terjadi Rabu (22/9/2021).

Ketan Pencok, Berawal dari Coba-Coba hingga Jadi Ikon Kuliner Brebes

Ketan pencok merupakan makanan yang menjadi oleh-oleh khas Brebes saat melewati jalur tengah Jawa Tengah atau jalur Tegal-Purwokerto.

Vaksinasi Covid-19 di Jateng Dipercepat, Sepekan 1,6 Juta Orang Disuntik

Program vaksinasi Covid-19 di Jawa Tengah terus ditingkatkan untuk mempercepat tercapainya kekebalan komunal.

Muncul Klaster PTM di Purbalingga, Gubernur Ganjar Minta Semua Sekolah Lakukan Tes Acak

Gubernur Jateng meminta Bupati Purbalingga menyetop seluruh PTM menyusul adanya 90 siswa yang positif terpapar Covid-19.