Menko Airlangga: Kebijakan Mandatori B30 Terbukti Untungkan Petani Sawit

Kebijakan B30 justru membuat konsumsi sawit di dalam negeri meningkat. Hal ini berdampak pada keuntungan petani sawit.

 Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, (istimewa)

SOLOPOS.COM - Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, (istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku kebijakan mandatory biodiesel melalui campuran 30% atau (B30) sudah memperlihatkan manfaatnya untuk petani.

Airlangga menuturkan kebijakan ini membuat Indonesia justru tidak bergantung pada negara lain untuk menjual crude palm oil (CPO). Pada saat yang sama, kebijakan B30 justru membuat konsumsi sawit di dalam negeri meningkat. Hal ini berdampak pada keuntungan petani sawit.

PromosiWaduk Gajah Mungkur Tenggelamkan Rel Kereta Api Wonogiri-Baturetno

“Akibat kebijakan B30, demand dalam negeri terjaga, petani menikmati hasil,” kata Menko Airlangga, dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Rabu (18/8/2021).

Berdasarkan laporan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO), petani mendapatkan harga tinggi untuk tandan buah sawit (TBS) mereka. Hal ini akibat kebijakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Januari 2021 kemarin.

Pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) saat itu menyetujui usulan alokasi anggaran BPDPKS tahun 2021.

Yakni, pemenuhan target peremajaan sawit rakyat seluas 180 hektare dengan alokasi anggaran Rp 5,567 triliun. Airlangga yang juga Ketua Komite Pengarah BPDPKS ini menegaskan pemerintah mendukung program B30 dengan target alokasi penyauran sebesar 9,2 juta IKL.

Baca Juga: Kunjungi Klaten, Airlangga Hartarto Bagikan Daging Ayam dan Telur

“Dengan demikian target 23% bauran energi berasal dari Energi Baru Terbarukan [EBT] pada 2025,” ujarnya.

Ketua Umum DPP APKASINDO Gulat Manurung mengaku dalam sejarahnya Republik Indonesia berdiri, baru tahun ini petani menikmati manisnya harga TBS sawit. Ia menyebut dari 22 provinsi dan 136 kabupaten, harga TBS menunjukkan tren positif. “Ini kado terindah bagi petani sawit di Indonesia,” kata dia di sela HUT ke-76 RI, hari Selasa (17/8/2021).

Ia menambahkan biasanya harga TBS di bawah Rp1.000/kg di sejumlah provinsi. Namun, tahun ini rerata harga TBS berada di atas Rp1.000/kg. Misalnya, di Provinsi Banten, harga TBS sempat menembus Rp1.800/kg. Di Kalimantan Selatan, harga TBS juga menyentuh angka Rp2.100/kg berdasarkan penetapan provinsi. Sementara di Kalimantan Barat, penetapan harga TBS provinsi mencapai Rp2.542/kg.

Peremajaan Sawit Rakyat

Harga tinggi TBS juga ditunjukkan di Provinsi Jambi yang menyentuh angka Rp 2.620/kg pada periode 13-19 Agustus kemarin. Bahkan, di Riau dan Sumatra Utara, harga TBS mencapai masing-masing Rp2.730 dan Rp2.769 per kilogram.

Gulat menilai kebijakan pemerintah terkait petani kelapa sawit sangat tepat dan jitu. Antara lain, disahkannya UU Cipta Kerja menjadi gerbang hijau untuk keberlanjutan sawit Indonesia.

Selain itu, diterbitkannya PMK 76 Tahun 2021 dinilai mampu menyeimbangkan antara industri hulu dan hilir kelapa sawit. Program peremajaan sawit rakyat yang dikeluarkan Menko Perekonomian juga mampu mendorong petani meremajakan tanaman sawit berusia tua.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

+ PLUS Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

Berita Terkini

Sedikitnya 13 Orang Meninggal dalam Kecelakaan Bus di Tol Surabaya

Sedikitnya 13 orang meninggal dunia dan 12 orang luka saat Bus Ardiansyah bernomor polisi S 7322 UW mengalami kecelakaan di KM 712+400 jalur A Tol Surabaya - Mojokerto,

Ma'ruf Amin Sambut Presiden Jokowi dari AS di Bandara Soekarno-Hatta

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana disambut oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Pejabat Gubernur Banten Almuktabar, dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

PTUN Tolak Gugatan Eks Kapolsek Kebayoran Baru Terhadap Kapolri

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta menolak gugatan bekas Kapolsek Kebayoran Baru Benny Alamsyah yang terjerat kasus narkoba. 

Komik Sejarah, Sunan Bayat, Perang Kemerdekaan, dan Kendaraan Listrik

Komik bisa menjadi media pembelajaran sejarah yang menarik. Teks-teks sejarah yang serius dan berat bisa diringankan dan berdaya tarik dengan dialihkan menjadi komik.

Gerhana Bulan Darah dan Mitos yang Mengiringinya di Pelosok Dunia

Fenomena gerhana bulan total secara astronomis terjadi ketika bulan, bumi, dan matahari berada pada satu garis lurus. Namun, di banyak negara, fenomena ini dikaitkan dengan mitos-mitos tertentu yang jauh dari logika.

Sejarah Hari Ini: 16 Mei 2010 China Raih Piala Thomas Kedelapan

Berbagai macam peristiwa bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia pada 16 Mei.

PAN Galang Koalisi dengan Golkar dan PPP, Ada Agenda Terselubung?

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi  mengatakan tidak ada agenda politik tersembunyi atau terselubung.

Hoaks Wapres Salat Jenazah Pakai Sujud dan Rukuk, Polisi Diminta Ini

Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi meminta polisi menindak dengan tegas siapa pun yang sengaja menyebarkan berita palsu yang mengandung unsur provokasi, fitnah, adu domba, dan ujaran kebencian

Wapres Ma'ruf Amin Jadi Korban Hoaks, Salat Jenazah Pakai Rukuk & Sujud

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi korban video hoaks sehingga memicu tudingan tidak becus dalam salat jenazah.

Supaya Pelajaran Sejarah Menarik, Komikkan Saja!

Komik bisa menjadi media pembelajaran sejarah yang menarik. Teks-teks sejarah yang serius dan berat bisa ”diringankan” dan berdaya tarik dengan dialihkan menjadi komik.

Hasil MotoGP Prancis: Bagnaia Tersungkur, Bastianini Juara

Enea Bastianini berhasil menjadi juara di balapan seri ketujuh MotoGP 2022 di Prancis.

Wapres Ma'ruf Amin-Menag Yaqut Jadi Korban Hoaks, Ini Komentar Wamenag

Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin, dan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, menjadi korban hoaks di media sosial.

Wisatawan Meninggal Tersambar Petir saat Camping di Puncak Bogor

Wisatawan asal Bekasi, Ajeng Wahyuni, 18, meninggal dunia diduga tersambar petir saat berkemah di salah satu tempat camping di Cisarua, Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor pada Sabtu (14/5/2022).

Insentif Fiskal untuk Mewujudkan Ambisi Penggunaan Kendaraan Listrik

Pemerintah telah menetapkan peta jalan (roadmap) pengembangan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB). Insentif fiskal menjadi salah satu pendorong mewujudkan ambisi produksi dan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Sejarah Kecil Kekerasan Militer Belanda pada Era Perang Kemerdekaan

Sejarah kecil tentang kekerasan selama masa perang kemerdekaan 1945-1949 menunjukkan jajaran Kementerian Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia juga menjadi korban kekerasan oleh militer Belanda.