SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA: Menteri Koordinator Perekonomian dan juga Menteri Keuangan Sri Mulyani mengimbau, pejabat pemerintahan daerah (Pemda) mulai dari Gubernur, Bupati dan Walikota untuk memberi contoh kepada masyarakat agar mencintai produk dalam negeri.

“Gerakan pencanaan penggunaan produk dalam negeri harus dimulai dari Gubernur dan Bupati,” kata Sri Mulyani saat membuka Pameran Produk Indonesia (PPI) 2009 di di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Menurut dia, Instruksi Presiden (Inpres) No.2/2009 mengajak masyarakat Indonesia menggunakan produk dalam negeri.

Krisis ekonomi global yang terjadi saat ini secara tidak langsung menurunkan permintaan akan barang dan jasa dalam negeri, termasuk juga ekspor, katanya. Ledakan barang-barang impor, juga akan mengancam ketahanan industri nasional. Apalagi Indonesia dibanjiri barang-barang ilegal dari luar negeri. “Indonesia menjadi negara penerima barang-barang ilegal,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, produk impor yang masuk ke Indonesia dinilai masih cukup mahal sehingga perlu diantisipasi oleh komponen bangsa dengan memasarkan produk dalam negeri. Ia berharap, PPI 2009 merupakan wahana untuk menggalang dan menmbuhkan kesadaran masyarakat agar menggunakan produk hasil industri Indonesia.(Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya