Kategori: Sukoharjo

Menkes Serahkan Santunan ke Keluarga 2 Nakes Meninggal Akibat Covid-19


Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani

Solopos.com, SUKOHARJO -- Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto berkunjung ke Rumah Sakit (RS) dr. Oen Solo Baru Sukoharjo, Jumat (3/7/2020), untuk  memberikan penghargaan dan santunan kepada dua keluarga tenaga kesehatan (nakes) yang gugur dalam penanganan Covid-19.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Menkes tiba didampingi Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dan Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo bersama pimpinan Forkopimda Sukoharjo pada pukul 08.45 WIB.

Studi Terbaru Ungkap 40 Persen Pasien Covid-19 di Italia Tanpa Gejala

Rombongan lantas memasuki ruang transit sebelum menuju ruang pertemuan Yayasan Kesehatan Panti Kosala di lantai II RS dr. Oen Solo Baru.

Dalam kegiatan itu, Menkes secara langsung menyerahkan penghargaan dan santunan untuk dua keluarga tenaga kesehatan di wilayah Jawa Tengah yang gugur dalam penanganan Covid-19.

Yakni satu tenaga kesehatan RSUP dr. Kariadi Semarang dan satu nakes di RS dr. Oen Solo Baru. Masing-masing keluarga menerima santunan Rp300 juta.

"Penghargaan dan santunan kami berikan kepada keluarga pahlawan yang gugur dalam penanganan Covid-19. Saya datang langsung mewakili Presiden Joko Widodo," kata Terawan.

Gara-Gara Lihat Jam, Sarijo Asal Klaten Ciptakan Sepeda Kayu nan Unik

Sebelumnya, penghargaan dan santunan juga diberikan secara langsung bagi tiga keluarga tenaga kesehatan di wilayah Jawa Timur yang gugur dalam penanganan Covid-19. Penghargaan dan santunan ini diberikan secara langsung sesuai perintah Presiden.

"Kami mengucapkan rasa berbelasungkawa atas meninggalnya pahlawan medis. Kami ucapkan rasa terima kasih kepada pihak keluarga para pahlawan medis. Presiden sangat apresiatif dengan mengutus saya untuk memberikan santuan kepada para pahlawan yang telah gugur," katanya.

Dedikasi Tinggi

Dia berharap santunan bisa bermanfaat dan menjadi kekuatan bagi pihak keluarga. Menkes berterima kasih atas dedikasi yang setinggi-tingginya bagi para pahlawan medis yang sudah berjuang merelakan jiwa raganya demi menolong sesama.

Karena itu Presiden menyerahkan santunan dan penghargaan yang tinggi bagi para tenaga medis yang gugur berjuang merelakan nyawa demi kesembuhan pasien di masa Covid-19.

1 Pasien Positif Covid-19 Ponorogo Meninggal Setelah 3 Hari Dirawat

Direktur Utama RS Oen Solo Baru Ivan Oetomo mengatakan seorang tenaga medis di rumah sakitnya bernama Agus Indarto meninggal dunia setelah dirawat selama dua pekan di RSUD dr. Moewardi Solo. Tenaga kesehatan ini terkonfirmasi positif Covid-19.

"Tanggal 18 April kami kehilangan satu tenaga kesehatan Bapak Agus Indarto yang dirawat di Moewardi kurang lebih dua minggu. Kami mengucapkan rasa berbelasungkawa kepada pihak keluarga dan berterima kasih terhadap pemerintah Indonesia atas kepeduliannya terhadap tenaga kesehatan," katanya.

Peneliti Sebut Gejala Covid-19 Pada Anak-Anak Mirip Penyakit Kawasaki

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya berharap penghargaan dan santunan bagi tenaga kesehatan yang gugur dapat bermanfaat untuk ahli waris. Menurut dia, Bangsa Indonesia saat ini tengah dihadapkan masalah serius Covid-19 yang membuat gangguan ekonomi secara global.

"Ini menjadi masalah bersama dan tanggung jawab bersama komponen masyarakat. Saya ajak seluruh elemen utuk bersama dan sinergi dalam penanganan Covid-19," katanya.

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati