SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bagi pria yang menjalin hubungan cinta atau rumah tangga dengan wanita yang lebih tua tidak akan menjadi masalah jika kedua belah  pihak sama-sama menyadarinya.
   
Psikolog Universitas Sanata Dharma, Siswa Widyatmoko, menilai pasangan dengan usia perempuan lebih tua ketimbang pria harus saling menyadari hubungan mereka tidak lazim.
   
Biasanya, pria yang memilih pasangan perempuan lebih tua mempunyai keinginan mengulang kejadian di masa lalu, saat dia masih bersama ibunya. Dia berharap sang istri memenuhi kebutuhannya akan pengayoman dan kasih sayang.
   
“Ada semacam mental kekanak-kanakkan pada laki-laki yang ingin mengembalikan sosok ibunya ke dalam kehidupannya bersama dengan perempuan di masa kini,” terangnya.
   
Ia menyebutkan, kondisi semacam itu sebagai regresi atau kebanyakan orang mengenalnya dengan istilah Oedipus Complex.
   
Keinginan untuk mengulang, sambungnya, disebabkan oleh orang tersebut belum menyelesaikan  persoalan ataupun menerima masa lalunya.
   
Misal, seorang perempuan yang masa kecilnya selalu diposisikan menjadi nomor dua, memiliki keinginan untuk menjadi lebih dominan, salah satunya dengan memilih pasangan yang lebih muda.
   
Sebaliknya, laki-laki yang terlalu dekat dan nyaman dengan ibunya, hingga segala hal diatur oleh ibu, cenderung mencari perempuan yang lebih tua sebagai pasangan.
   
Ketidakseimbangan hubungan, lanjut Siswa, dapat menjadi kendala yang paling besar dalam hubungan. Satu orang berharap pasangannya dapat memenuhi kebutuhan mentalnya sebagai cermin dari masa lalu, akan tetapi dalam perjalanan hubungan tidak semua hal berlangsung sesuai harapan.
   
Menurut Siswa, dalam konteks relasi yang ideal, usia pasangan sebaiknya tidak jauh berbeda atau sepantaran. Sehingga, hubungan yang tercipta di antara keduanya pun setara dan jika terpaut usia pun, tidak lebih dari tiga tahun. (Wartawan Harian Jogja/Switzy Sabandar)

HARJO CETAK

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya