Menu buntut goreng warung Mbak Mik Sukoharjo. (Solopos-Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Rasa daging nan lembut dan kuah kaya bumbu membuai lidah kala menikmati sup atau sop buntut di warung makan Mbak Mik di Jl. Merbabu Nomor 16 Sukoharjo. Tak kalah lezat menu lainnya yakni buntut goreng yang bumbu rempahnya meresap ke dalam daging ekor sapi.

Ponco Wijoyo, 55, pemilik warung makan Mbak Mik Sukoharjo mengaku berjualan sop buntut sejak 2005. Dengan memanfaatkan teras rumahnya, Ponco membuka warung makan dan hanya menawarkan dua menu utama yakni sop buntut dan buntut goreng.

Sejak dibuka, warung makannya sudah banyak digemari oleh pelanggan. Dari mulut ke mulut, sop buntut Mbak Mik inipun mulai dikenal tidak hanya di Sukoharjo namun hingga ke luar daerah.

Pelanggan sop buntut Mbak Mik dari berbagai kalangan termasuk pejabat hingga politikus.

"Pak Bupati [Sukoharjo] Wardoyo [Wijaya] sudah langganan di sini. Bahkan dari sebelum beliau menjabat sebagai Bupati," kata Ponco ketika berbincang dengan Solopos.com, Selasa (3/9/2019).

Ponco menceritakan bahan baku utama masakan yaitu tulang ekor sapi dari rumah jagal di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Daging sapi yang digunakan pun daging berkualitas premium sehingga dari segi rasa dan keempukan daging sangat bisa dirasakan. Dia juga menjamin bahan bakunya selalu segar karena baru saja dipotong.

“Tidak ada bumbu istimewa, hanya mungkin karena tulang ekor yang saya masak selalu kondisi segar tidak diawetkan sehingga rasanya lebih nikmat," ucapnya.

Ponco mengatakan bumbunya yang digunakan juga biasa saja, yakni bumbu pasar. Namun kuah sop buntutnya bening, tidak berminyak sehingga saat dinikmati tidak meninggalkan bekas lemak di mulut.

Warung Mbak Mik juga menyediakan buntut goreng. Dia mengatakan dalam satu hari bisa menghabiskan 20 kilogram (kg) buntut atau menjual 30 hingga 40 porsi. Harga satu porsi sop buntut dibanderol Rp60.000 dan buntut goreng Rp65.000 per porsi.

Salah satu pelanggan Deni Suryani mengaku sop buntut Mbak Mik dari segi rasa sangat enak. Tidak berminyak dan daging buntutnya sangat empuk. "Makan di sini bumbunya sangat terasa. Enak dan mantap," katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten