Menjaga Stabilitas Ekonomi di Masa Pandemi, Ini 6 Strategi OJK

OJK mempersiapkan beberapa kebijakan strategis, bekerja sama dengan Pemerintah dan Bank Indonesia untuk mempertahankan momentum pemulihan ekonomi nasional.

 Logo Otoritas Jasa Keuangan (JIBI/Solopos/Dok.)

SOLOPOS.COM - Logo Otoritas Jasa Keuangan (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SUKOHARJO— Pandemi yang kita hadapi saat ini membutuhkan kerja keras dan kerja sama dari berbagai pihak untuk bisa bangkit dan bertahan, terutama di bidang ekonomi.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengungkapkan OJK mempersiapkan beberapa kebijakan strategis, bekerja sama dengan Pemerintah dan Bank Indonesia untuk mempertahankan momentum pemulihan ekonomi nasional dan stabilitas sistem keuangan saat ini.

“Kami memantau perkembangan situas saat ini dan kami masih optimis dengan pertumbuhan ekonomi seiring dengan proyeksi pemulihan ekonomi nasional,” tambahnya.

Baca Juga: Pengusaha Ritel Siap Dukung Perpanjangan PPKM Darurat, Asalkan…

Melalui unggahan instagram @ojkindonesia, Rabu (21/7/2021), OJK membagikan 6 kebijakan strategis OJK untuk menjaga stabilitas sektor keuangan dan mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi, yaitu:

1. Mengawali pelaksanaan PPKM Darurat, khususnya terkait pelaksanaan peran sektor jasa keuangan sebagai sektor esensial

Operasi terbatas sektor keuangan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan memaksimalkan teknologi online/digital, pegawai di sektor keuangan melaksanakan Work From Home (WFH) diminta tetap tinggal di rumah dan menghindari mobilitas yang tidak perlu dan membuka jalur komunikasi dengan nasabah atau debitur, khususnya pada sektor-sektor yang terdampak kebijakan PPKM.

2. Mempercepat implementasi program vaksinasi yang terdistribusi dengan baik

Vaksinasi massal pelaku SJK (sektor jasa keuangan) dan masyarakat dengan target 10 juta orang hingga akhir Desember 2021 dan mendorong pendirian sentra vaksinasi oleh lembaga keuangan untuk vaksinasi pegawai dan konsumen, serta mempercepat pelaksanaan vaksinasi sektor keuangan di daerah.

3. Percepatan belanja pemerintah pusat dan daerah sebagai kebijakan dari sisi fiskal

Untuk mempertahankan demand dan tingkat konsumsi masyarakat di tengah disparitas pemulihan sektoral.

Baca Juga: Stagnan, Cek Dulu Harga Emas Pegadaian Rabu 21 Juli 2021

4. Akselerasi hilirisasi ekonomi dan keuangan digital

Dengan tetap mewaspadai cyber risk.

5. Peningkatan penetrasi layanan keuangan dan pendalaman pasar keuangan

Untuk menjaga stabilitas keuangan secara berkelanjutan.

6. Mendorong berkembangnya sustainable finance

Membiayai sustainable economy recovery dan memitgas climade-related risk, dengan menjalankan inisiatif strategis berupa; pengembangan taksonomi hijau yang bertujuan mengklasifikasikan aktivitas pembiayaan dan investasi berkelanjutan di Indonesia.

Selain itu juga pengembangan kerangka manajemen risiko untuk industri dan pedoman pengawasan berbasis risiko bagi pengawvs untuk menerapkan climate-related financal risk, inovasi produk dan layanan keuangan berkelanjutan oleh lembaga jasa keuangan, serta meningkatkan awareness dan capacity building untuk seluruh pemangku kepentingan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Penting Dilakukan, Bagaimana Cara Mendapatkan Mentor Bisnis bagi Pelaku UMKM?

Mempunyai peran yang begitu besar dalam suksesnya usaha, bagaimana sih cara mendapatkan mentor bisnis yang tepat bagi pelaku UMKM?

Sempat Protes Pakan Ternak Mahal, Suroto Terima Bantuan 20 Ton Jagung dari Jokowi

Presiden Jokowi mengirimkan bantuan jagung untuk Suroto, peternak ayam dari Kabupaten Blitar, Jawa Timur, yang aksinya sempat viral.

E-Meterai untuk Kalangan Terbatas, Siap Dikembangkan untuk Masyarakat Luas

Peruri dan PT Telkom meluncurkan meterai elektronik atau e-meterai yang akan digunakan di lingkungan perusahaan pelat merah.

Pertashop Perdana di Kota Jogja Mulai Beroperasi, Ini Targetnya

Pertamina mulai mengoperasikan Pertashop perdana di Kota Jogja. Pertashop membantu menghadirkan energi berkualitas, lebih dekat ke masyarakat.

Stok Jagung Surplus 2,37 Juta Ton Tapi Harga Pakan Ternak Tetap Meroket, Kok Bisa?

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi memastikan stok jagung lokal mengalami surplus mencapai 2,37 ton hingga pekan kedua September 2021.

Jangan Kalap Belanja, Simak Tips Aman Menggunakan Paylater

Dengan paylater, konsumen dapat dengan mudah membeli sebuah barang yang diinginkan, bahkan tanpa mengeluarkan uang muka atau down payment.

Inovatif, Bank Sampah Salingsih Jogja Mengubah Minyak Jelantah Jadi Sabun

Bank sampah Salingsih Kelurahan Bener, Tegalrejo, Jogja, DIY mengubah bekas minyak goreng atau yang biasa disebut minyak jelantah (mijel) untuk diolah menjadi sabun.

BPPD Kota Solo Jalin Kerja Sama dengan PRSSNI Cabang Surakarta

BPPD Kota Solo melakukan penandatangan MOU dan perjanjian kerja sama dengan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional (PRSSNI) Cabang Surakarta.

4 Pimpinan Korporasi Keren Siap Hadir di Solopos Talkshow Virtual

Empat pimpinan korporasi siap hadir dan berbagi informasi penting tentang kinerja sektor dalam Spesial Program Solopos Talkshow Virtual.

Gangguan Layanan Indihome dan Telkomsel Jadi Trending Topic, Ini Tanggapan Telkom

Para pengguna Indihome dan Telkomsel mengeluh terkait gangguan dari kedua layanan perusahaan telekomunikasi tersebut di media sosial terutama Twitter.

Modus-Modus Baru Bermunculan, 954 Domain Situs Investasi Bodong Diblokir

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan memblokir 954 domain situs web entitas di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK).

Hyundai Kampanyekan Inovasi Industri Otomotif Masa Depan

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan brand campaign atau kampanye brand bertajuk Driving Meaningful Innovation.

Awal Pekan, Cek Harga Emas Pegadaian, Senin 20 September 2021

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian, Senin (20/9/2021) terpantau stagnan dibandingkan dengan harga kemarin, baik cetakan UBS maupun Antam.

Dorong Pengembangan UMKM, Ini Jurus Bank Mandiri dan Pemkot Solo

Bank Mandiri digandeng Pemerintah Kota Solo dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terkait pemanfaatan layanan perbankan.

Pesantren Didorong Manfaatkan KUR dengan Subsidi Bunga 3%, Ini Tujuannya

Sebagai respons atas dampak pandemi Covid-19, Pemerintah melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) berusaha untuk membangkitkan aktivitas usaha UMKM.

Mudah Kok, Ini 6 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

Tidak hanya untuk iseng atau bersenang-senang, aplikasi populer Tiktok dengan durasi video pendek ini juga bisa menghasilkan uang secara online.