SOLOPOS.COM - Ilustrasi warga lansia. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Siapa yang tidak senang masih terlihat bugar di usia senja? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tubuh tetap prima meski di usia lanjut.

Hal tersebut dibahas dalam Talk Show Hari Pahlawan dan Hari Kesehatan Nasional: Pahlawanku, Inspirasi Sehatku, yang digelar Rumah Sakit (RS) JIH Solo bersama Harris Hotel Solo, Kamis (10/11/2022).

Talk show menghadirkan dokter spesialis penyakit dalam RS JIH Solo, dr. Teky Widyarini, Sp. PD, FINASIM, sebagai pembicaranya.

Pada kesempatan tersebut dr. Teky menyampaikan mengenai pentingnya gaya hidup untuk kesehatan orang yang sudah lanjut usia (lansia).

“Gaya hidup adalah kebiasaan baik untuk menciptakan hidup yang sehat, menghindarkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan,” kata dia dalam talk show yang digelar di Harris Hotel Solo tersebut.

Gaya hidup yang dapat dilakukan di antaranya setiap hari bangun pagi, beraktivitas rutin, dan olahraga. Kalau menjalankan gaya hidup tidak sehat atau pola makan salah akan banyak hal buruk bisa datang ke diri kita. Seperti kegemukan, cepat marah, munculnya penyakit metabolik, stres, sakit-sakitan, dan sebagainya.

Baca Juga: Anak Sering Muntah Saat Minum Obat, Antisipasi dengan Cara Ini

Dokter spesialis penyakil dalam RS JIH Solo, dr. Teky Widyarini, Sp. PD, FINASIM, sebagai pembicara dalam Talk Show Hari Pahlawan dan Hari Kesehatan Nasional: Pahlawanku, Inspirasi Sehatku, di Harris Hotel Solo, Kamis (10/11/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)
Dokter spesialis penyakil dalam RS JIH Solo, dr. Teky Widyarini, Sp. PD, FINASIM, sebagai pembicara dalam Talk Show Hari Pahlawan dan Hari Kesehatan Nasional: Pahlawanku, Inspirasi Sehatku, di Harris Hotel Solo, Kamis (10/11/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Disebutkan, ada beberapa perilaku kurang baik yang sebaiknya dihindari para lansia. Di antaranya adalah kurangnya berserah diri, suka marah, selalu merasa tidak puas, murung dan putus asa serta sering menyendiri.

Kebiasaan kurang baik lainnya adalah kurang gerak atau aktivitas fisik, makan tidak teratur serta kurang minum dan melakukan kebiasaan merokok dan minum minuman keras.

Minum obat penenang dan penghilang rasa sakit tanpa aturan juga tidak disarankan. Selain itu ketika sudah lansia juga tidak boleh melakukan kegiatan yang melebihi kemampuan. Meski sudah berusia lanjut, menganggap kehidupan seksual tidak penting ternyata juga keliru. Walau sudah tua, dengan pola berbeda menurutnya tetap diperlukan.

Sebaliknya, untuk mendukung gaya hidup positif, perlu melakukan perilaku-perilaku baik. Di antaranya adalah mendekatkan diri kepada Tuhan, mau menerima keadaan, optimistis, sabar, meningkatkan kepercayaan diri dan melakukan kegiatan sesuai kemampuan.

Kemudian juga penting menjaga hubungan baik dengan tetangga, keluarga dan orang-orang terdekat. Olahraga ringan setiap hari, menjaga pola makan yang baik juga sangat diperlukan. Untuk usia lanjut, disarankan untuk makan denghan porsi yang sedikit tapi sering. Sebab jika dipaksakan dengan porsi banyak akan menimbulkan rasa begah. Hal itu karena kapasitas perut yang sudah terbatas.

Baca Juga: Soal Potensi Stroke Bisa Sembuh Total, Begini Penjelasan Dokter Ahli

Untuk mendukung kesehatan, disarankan untuk tidak merokok dan minum minuman keras. Ketika membutuhkan obat, juga harus sesuai anjuran dokter.

Menjaga rasa ceria, mengisi waktu luang dengan kegiatan positif, mengurangi stres dan kecemasan akan sangat mendukung Kesehatan.

“Ketika pikiran kita senang, badan kita juga ikut sehat. Tetap tenang, pasrah dan selalu bahagia. Sistem imun, akan seimbang ketika psikis kita baik,” kata dia.

Dalam memperingati Hari Pahlawan dan Hari Kesehatan Nasional, talk show tersebut juga menghadirkan para anggota Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Solo. Pada acara tersebut juga menjadi wadah untuk mengulik tips kesehatan para anggota DHC 45 Solo yang masih tampak bugar meski di usia tua.

 

Rekomendasi
Berita Lainnya