SOLOPOS.COM - Nova Singgih Prasetyo / Finalis no. 21

Nova Singgih Prasetyo / Finalis no. 21

Nova Singgih Prasetyo / Finalis no. 21

A.    ABSTRAK

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabupaten Sukoharjo banyak terdapat tempat wisata yang beraneka ragam. Sukoharjo memiliki22 tempat pariwisata, yang bisa dikatakan lumayan banyak.Terdapat jenis – jenis tempat wisata seperti wisata kerajinaan, wisata bersejarah, wisata alam, realigi, kuliner, dan lain sebagainya.

Kata kunci : wisata , sukoharjo, gunung

B.     PENDAHULUAN

Kabupaten Sukoharjo merupakan kota pertanian, bisa disebut juga kota lumbung padi. Sukoharjo berada di propinsi jawa tengah dengan luas wilayah secara keseluruhan adalah 444,666 ha, yang terdiri dari 12 kecamatan, meliputi kecamatan Sukoharjo, Bendosari, Weru, Tawangsari, Bulu, Nguter, Polokarto, Mojolaban, Grogol, Gatak, Kartosuro, dan kecamatan Baki.

Kabupaten Sukoharjo berbatasan langsung dengan kota Surakarta dan Karanganyar di sebelah utara, disebelah barat dengan kota Klaten dan Boyolali, Wonogiri dan Karanganyar di sebelah timur, kabupaten Sukoharjo merupakan kabupaten yang cukup luas dan berpotensi di bidang pertanian yang bisa di bilang cukup tinggi, di samping itu Sukoharjo juga mempunyai  sejumlah beragam tempat – tempat wisata yang tidak kalah menariknya diantaranya, wisata air Pandawa Water World, Umbul Pecinan Batu Seribu, Waduk Mulur, dan sebagainya.

C.    PARIWISATA SUKOHARJO

Kabupaten Sukoharjo banyak terdapat tempat wisata yang beraneka ragam. Sukoharjo memiliki22 tempat pariwisata, yang bisa dikatakan lumayan banyak.Terdapat jenis – jenis tempat wisata seperti wisata kerajinaan, wisata bersejarah, wisata alam, realigi, kuliner, dan lainsebagainya. Sukoharjo mempunyai Wisata air Pandawa Water World yang berada di solobaru yang merupakan tempat wisata air menarik dan bisa memanjakan pengunjung, cocok untuk acara liburan akhir pekan atau liburan sekolah bersama keluarga maupun saudara.Dengan aneka permainan yang disediakan yang meliputi Bungy Jumping, Black Hole, Bungy River, Wave Pool, Raf slide, Kiddy pool, dan wahana lainnya. Pandawa Water World yang dibangun dengan dunia pewayangan dalam ukuran raksasa.Patung Pandawa Lima yang dibangun bertujuan untuk mengenalkan dunia pewayangan jawa dan untuk memperindah  pemandangan yang dibuat dengan ukuran besar, terdapat didalam wahana sebuah patung Kresna setinggi 37 meter  yang nampak gagah.

Selain itu terdapat juga wisata kuliner yang banyak dilakukan masyarakat Sukoharjo  untuk dibuat dan dijual diantaranya nasi liwet, nasi yang terbuat dari beras yang ditanak setelah di beri bumbu dengan racikan khusus kemudian diliwet.Penyajian ditambah dengan santan kelapa, daging ayam, telur dan biasanya juga ditambah dengan sayur jepan biasa dpanggil oleh masyarakat begitu, pastinya sangat menggiurkan bila membayangkannya dengan sajianya,  biasanya para penjual terdapat di pinggir-pinggir jalan solo baru dan di Surakarta.

D.    RENCANA TENTANG MEMAJUKAN PARIWISATA-PARIWISATA SUKOHARJO

Sejauh ini banyak tempat wisata yang berada di sukoharjo kian terpuruk dan sepi oleh para pengunjung, mungkin dikarenakan promosi dan kurang terawatnya fasilitas yang kurang memaadahi, sehingga masyarakatpun enggan untuk mengunjungi. Dari masalah itulah mungkin menjadikan tempat wisata menjadi sepi dan kian ditinggalkan, kita ambil salah satunya di kecamatan bulu terdapat 3 tempat wisata yaitu gunung sepikul, sendang ki truno lele, dan batu seribu. Tempat wisata batu seribu terdapat kolam renang yang sekarang kian sepi dikarenakan oleh tempat  airnya yang kotor dan jarang diganti, membuat pengunjungpun merasa enggan mandi.Dan kurangnya kesadaran masyarkat yang ikut serta menjaganya. Sedangkan di tempat wisata sendang Ki Truno Lele kalo kita lihat nampak seperti kolam ikan biasa dengan kurangnya fasilitas dalam segi kenyamanan pengunjung, tidak disediakan tempat duduk atau untuk bersantai,  tersedianya MCK yang tidak terawat dan kurangnya pembangunan di area wisata itu.

Dari  masalah itu kita turut ikut menjaga dan melestarikan tempat wisata yang kian terpuruk.Bagaimanapun itu milik bersama agar semua ikut berperan untuk menjaga dan melestarikan wisata khususnya di kabupaten Sukoharjo ini, bersama pemerintah dan masyarakat kita mulai dari sejak dini untuk saling bersama-sama membangun dan ikut mempromosikan tempat wisata di sukoharjo, sehingga Sukoharjo tercipta tempat pariwisata yang mungkin cukup  diminati oleh para pengunjung. wujudkan kabupaten Sukoharjo menjadi kota yang bersih dan berpotensi  tinggi dalam bidang pariwisata.

E.     PENUTUP

Sebagian tampat wisata di sukoharjo belum  nyaman seperti MCK yang kurang memadahi, tempat yang bisa membuat pengunjung merasa nyaman dan tenang, kesadaran kita sangat penting dalam hal ini, tempat – tempat wisata sukoharjo masih banyak yang perlu dibenai, ditata dan dilestarikan,

Tentang Penulis / Finalis no. 21

Nama : Nova Singgih Prasetyo
Tempat, Tanggal Lahir : Klaten, 15 November 1990
Alamat : Bugo, Rt 01/05 Gentan, Bendosari, Sukoharjo
Motto : Keterbatasan Bukanlah Jadi Penghalang Untuk Mewujudkan Cita-Cita Ataupun Mimpi Kita, Jadi  Lawanlah Dirimu Sendiri.
Perwakilan : Pribadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya