Kategori: Solo

Menjaga Imunitas Saat Pandemi Begini Caranya Menurut Ahli


Solopos.com/Arif Fajar Setiadi

Solopos.com, SOLO – Pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama 8 bulan dan belum menunjukan adanya penurunan kasus. Namun, kehidupan harus berjalan sehingga mau tidak mau kita berdamai dengan virus corona dengan menerapkan perilaku baru jaga imunitas.

Diskusi virtual Solopos dengan tema, Perilaku Baru Jaga Imunitas yang disiarkan melalui chanel Youtube SoloposTV, Instagram, dan Facebook, membahas mengenai hal itu. Dipandu oleh Pemimpin Redaksi Solopos Rini Yustiningsih, diskusi ini didukung Satgas Covid-19 dan Imugard produk dari PT Deltomed Laboratories.

Ada empat nara sumber yang hadir dalam diskusi virtual ini. Yakni Brand Manager PT Deltomed Laboratories,  Apt Rony Syamson, S.Farm. Dokter sekaligus Humas RS Triharsi Solo, dr. Andrew Santoso. Lalu ada Peneliti dan dokter di Rumah Riset Jamu Hortus Medicus B2P2TOOT, Zuraida Zulkarnain. Serta Fitnes Manager Celebrity Fitness Solo, Coach Deas.

Tampil pertama, Rony Syamson menjelaskan produk Imugard yang membantu memelihara daya tahan tubuh agar imunitas tetap terjaga di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Imugard merupakan produk herbal dengan formula daun Meniran, daun Kelor, dan kunyit.

“Perpaduan herbal Indonesia tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memasok nutrisi yang dibutuhkan serta membantu pencernaan. Sehingga mampu meningkatkan imunitas tubuh,” jelas Rony.

Ini penting, tambahnya, karena sistem imun adalah sistem kekebalan tubuh yang sangat penting untuk melindungi tubuh dari infeksi atau dari mikroorganisme seperti virus, bakteri, dan parasit.

Satpol PP Karanganyar Undang Pelaku Usaha Hajatan dan Hiburan, Ini Maunya…

Tanaman Obat

Mengenai aneka ragam tanaman obat yang banyak dimiliki Indonesia, menurut Zuraida, ada yang untuk ketahanan tubuh. Tentu dengan tanaman dan ramuan yang tepay mampu menjaga imunitas tubuh di saat  pandemi Covid-19.

Di Rumah Riset Jamu Hortus Medicus B2P2TOOT, lanjut Zuraida, sebelum menjadi jamu ada serangkaian uji klinis yang harus dilalui. Termasuk juga harus ada persetujuan Komnas Sertifikasi Jamu. Sehingga jamu yang dihasilkan tetap aman.

“Memang ada yang menyebut jamu pahit, namun sebenarnya ada juga yang tidak pahit. Yakni perpaduan jahe, kencur, dan jeruk yang sangat bagus untuk kebugaran dan daya tahan tubuh. Tentu ini juga meningkatkan imunitas tubuh,” ujarnya.

Sementara dr. Andrew menjelaskan apa itu Covid-19. Dikatakannya bahwa penyebab Covid-19 adalah virus SARS-Cov2 di mana lapisanya tersusun dari lemak. Virus tersebut mampu bertahan selama sembilan jam di kulit manusia.

“Makanya dianjurkan mencuci tangah dengan sabun karena akan mengikis lapisan lemak virus tersebut. Lakukan sesering mungkin hingga lapisan lemak rusak dan virus mati,” jelasnya.

Begini Kronologi Pemilik Warung Soto Kepatihan Kulon Solo Sampai Positif Covid-19

Olahraga Ringan

Perilaku baru lainnya adalah penggunaan masker. Menurut dr. Andrew gunakan masker kain jangan jenis scuba. Karena fungsi masker untuk menahan droplet baik itu air ludah, bersin dan cairan dari hidung, sehingga tidak dihirup orang sekitar.

“Bagaimana dengan faceshield. Karena ada jarak tetap saja percikan air ludah akan ke mana-mana. Sebaiknya pakai masker dulu sebelum pakai faceshield,” ujar dr. Andrew.

Diingatkan pula selain sering cuci tangan sebelum menyentuh wajah, apabila dari luar menurut dr. Andrew sebaiknya ganti baju dan mandi. Ini akan menghilangkan virus corona yang mungkin menempel pada tubuh, karena kita bisa sebagai carier.

“80 persen orang dapat sembuh tanpa special treatmen. Ini orang-orang dengan imunitas bagus. Namun mereka yang sudah memiliki komorbid seperti penyakit hipertensi, diabetes, jantung, dan penyakit paru-paru, 1-6 persen bisa berat termasuk lansia,” jelasnya.

Ampun Pak! Ketika Remaja Diduga Ikut Demo Diamankan Polisi

Sedang menurut Coach Deas, salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan berolahraga. Adapun jenis olahraga yang cocok untuk tingkatkan imun adalah olahraga ringan seperti lari pagi dan bersepeda. Tentu dengan memperhatikan kondisi jantung.

“Bisa juga berolahraga di tempat fitness. Manfaatnya ada instrukturnya sehingga bisa ditentukan porsi olahraganya dengan memperhatikan kondisi jantung yang bersangkutan. Selain olahraga, tubuh juga butuh pasokan makanan bergisi, vitamin, dan istirahat cukup untuk menjaga imunitas tubuh,” imbuhnya.

 

 

 

Share
Dipublikasikan oleh
Arif Fajar Setiadi