Meningkatkan Literasi Keuangan Anak SD, Mahasiswa UNS Bikin Komik "Si Budi"
Ilustrasi depan kampus UNS Solo (uns.ac.id)

Solopos.com, SOLO--Salah satu upaya meningkatkan literasi keuangan pada siswa sekolah dasar (SD), sekelompok mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membuat komik edukasi. Melalui media ini diharapkan siswa SD memahami konsep literasi keuangan dalam bentuk yang lebih konkret.

Komik berjudul “Si Budi” dilaterbelakangi isu literasi keuangan yang didasarkan pada pengalaman dan pengamatan dalam lingkungan sehari-hari. Masih banyak masyarakat Indonesia yang berperilaku konsumtif.

Bahkan, tren tersebut mulai menjalar ke anak-anak usia SD, misalnya dengan jajan berlebihan. Sehingga dengan komik “Si Budi” ini diharapannya literasi keuangan siswa dapat meningkat dan perilaku konsumtif dapat menurun.

Covid-19 Indonesia 12 September, Tambah 3.806, Total 214.746 Kasus

Komik didesain interaktif, praktis, dan menarik dengan lebih banyak gambar (visual) sehingga memudahkan siswa memahami literasi keuangan. Komik terbagi menjadi tiga seri dengan mengusung tema utama pada masing-masing serinya.

Pada seri satu mengusung tema Pemborosan, pada seri kedua bertema Rajin Menabung, dan pada seri ketiga bertema Mengelola Keuangan.

Tantangan

Dosen pembimbing para mahasiswa tersebut, Fadjri Kirana Anggarani dari Program Studi (Prodi) Psikologi UNS, mengatakan di dalam komik tersebut juga diselipkan tantangan-tantangan bagi para pembaca.

“Di dalam masing-masing seri juga disediakan berbagai tantangan yang layak dicoba oleh siswa,” ujarnya kepada Solopos.com, Sabtu (12/9/2020).

Tolak PSBB Jakarta, Orang Terkaya Budi Hartono Surati Jokowi

Dia menjelaskan para mahasiswa penyusun komik itu adalah Rizal Galih Pradana (S1 Psikologi 2018), Aldi Rosyid Rahmadi (S1 Ilmu Lingkungan 2018), Anggit Daneswara Purbaningrum (S1 Matematika 2018), Arzi Dwiky Kusumo (D3 Teknik Informatika 2018), Dewi Anisa Nurjanah (S1 Pendidikan Ekonomi 2018), dan Alivia Amadea Theodora (S1 Psikologi 2019).

“Karya mereka ini berhasil lolos dalam seleksi proposal Program Kreativitas Mahasiswa [PKM] Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan [Kemendikbud]. Mereka mendapatkan dana hibah senilai Rp4.500.000 untuk merealisasikan program ke masyarakat mitra yakni siswa sekolah dasar,” imbuh Fadjri.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom