SOLOPOS.COM - Oddie Agam. (Instagram/@stanleytulung)

Solopos.com, SOLO-Oddie Agam meninggal dunia pada Rabu (27/10/2021) pukul 11.00 WIB, kendati demikian karya-karyanya yang jadi hits tetap dikenang dan menjadi warisan abadi.

Sebelum wafat, nama Oddie Agam dikenal lantaran sejumlah karyanya salah satunya adalah Antara Anyer dan Jakarta. Lagu-lagu Oddie Agam ini dibawakan oleh beberapa penyanyi legendaris seperti Vina Panduwinata hingga penyanyi Malaysia, Sheila Majid.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut ini deretan warisan karya Oddie Agam yang jadi hits seperti dikutip dari Liputan6.com, Rabu (27/10/2021):

1. Surat Cinta

Surat Cinta merupakan salah satu karya Oddie Agam yang menjadi hits. Setelah melahirkan album trilogi fenomenal yakni Citra Biru, Citra Pesona, dan Citra Ceria bersama Jackson Records, Vina Panduwinata dipinang perusahaan rekaman Harpa Records. Publik kala itu mempertanyakan, mungkinkan Vina mengulang sukses sebelumnya?

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Oddie Agam Meninggal Dunia, Warganet Turut Berduka

Namun ternyata Vina mampu mengulang kesuksesannya. Album Cium Pipiku (1987) meraih sukses. Di album ini, Surat Cinta karya Odide Agam jadi hits besar. Entah berapa kali tembang ini direkam ulang termasuk oleh Jessica Iskandar. Sejak itu, Si Burung Camar identik dengan Surat Cinta.

2. Aku Cinta Padamu

Ini salah satu lagu paling romantis di level abadi. Konon, Aku Cinta Padamu yang populer di tangan Itang Yunasz ini sebenarnya ditulis Oddie Agam buat Vonny Sumlang dengan judul lain. Dewi Fortuna menaungi Itang saat merilis album Aku Cinta Padamu pada 1989.

Baca Juga: Pengobatan Tukul Habiskan Biaya Tak Sedikit, Tidak Sampai Jual Aset

Saking populernya, lagu ini dinyanyikan ulang oleh para pesohor papan atas dari Sheila Majid hingga Glenn Fredly di album Aku & Wanita (2006). Kita nyanyi sama-sama ya: Aku cinta padamu, sungguh, mestikah kuulangi dari mulutku sendiri…

3. Antara Anyer dan Jakarta

Antara Anyer dan Jakarta ditulis Oddie Agam untuk Atiek CB saat merekam album solo bersama Atlantic Records. Entah kenapa, album yang diprosuderi Erwin Gutawa ini amblas di pasar. Tak lama setelahnya, Sheila Majid merekam ulang lagu ini dengan suara teduhnya. Simsalabim! Lagu ini malah jadi hit besar. Banyak yang mengira Antara Anyer dan Jakarta lagu baru dari Oddie Agam buat Sheila Majid. Itulah misteri telinga pasar. Sheila Majid lantas beroleh gelar diva dan mendapat tempat khusus di hati masyarakat Indonesia.

4. Puncak Asmara

Macan festival itu bernama Utha Likumahuwa. Dengan suaranya yang khas, ia merilis album solo bersampul hitam, Puncak Asmara di bawah payung Atlantic Records. Mengedepankan lagu berjudul sama karya Oddie Agam plus polesan aransemen Addie MS, album ini sukses.  Jadilah 1988 sebagai tahun emas Utha Likumahuwa dan dekade 1980-an era kejayaan Oddie Agam.

Baca Juga: Panci Gosong Jangan Buru-Buru Dibuang, Begini Cara Membersihkannya

5. Anak Sekolah

Tak mungkin tak menyebut Anak Sekolah saat membahas sepak terjang Oddie Agam semasa hidup. Lagu energik ini hasil kolaborasi maut dengan sang legenda, Chrisye saat menggarap album Nona Lisa pada 1986. Mulanya, Nona Lisa dijadikan single perdana.

Namun waktu menguji dan ternyata, Anak Sekolah menembus ruang waktu. Lewat nomor ini, Oddie mengingatkan generasi putih abu-abu: Engkau masih anak sekolah, satu SMA belum tepat waktu ‘tuk begitu-begini…

6. Begitulah Cinta

Pada era 1980-an ada banyak ajang festival untuk melahirkan bibit-bibit muda berbakat. Salah satunya, Festival Lagu Populer Indonesia 1988 yang menyaring 10 finalis dengan juara pertama Kau Kasihku karya Toni Sianipar. Lagu ini dinyanyikan Elfa’s Singers.

Baca Juga: Dorce Gamalama Alami Sakit Dada Sebelah Kanan, Kenali 7 Penyebabnya!

Meski begitu, yang dijadikan single perdana saat albumnya dirilis justru Begitulah Cinta karya Oddie Agam. Lagu ini dibawakan Vina Panduwinata dan macan festival Harvey Malaihollo. Pada 2001, lagu ini direkam ulang Harvey bersama Sheila Majid dan kembali menjadi hit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya