Menimbang Pengganti Van Dijk di Jantung Pertahanan Liverpool
Virgil Van Dijk. (Reuters-Peter Powell)

Solopos.com, LIVERPOOL — Bek Liverpool, Virgil Van Dijk, terancam absen hingga akhir musim akibat cedera yang dialaminya saat melawan Everton akhir pekan lalu.

Van Dijk divonis mengalami cedera ligamen yang pemulihannya bisa memakan waktu minimal enam bulan. Liverpool perlu segera mencari pengganti Van Dijk jika tak ingin lini belakang semakin rapuh.

Terdepresi Cukup Dalam, Pasar Otomotif Soloraya Optimistis Membaik

Dua laga terakhir tim asuhan Jurgen Klopp sudah kebobolan sembilan gol, hasil kekalahan 2-7 dari Aston Villa dan ditahan imbang Everton 2-2 di Derbi Merseyside. Absennya Van Dijk berpotensi membuat pertahanan tim kian mengkhawatirkan jelang duel fase grup Liga Champions kontra Ajax Amsterdam tengah pekan ini.

The Reds tinggal menyisakan Joe Gomez dan Joel Matip sebagai stoper dengan kiper Alisson yang masih cedera. Jurgen Klopp dipaksa memutar otak mengingat Van Dijk adalah bek utama yang tak tergantikan.

Sang pelatih punya tiga opsi yakni mengoptimalkan pemain yang ada, mengorbitkan pemain muda hingga memburu bek anyar di bursa transfer musim dingin. Opsi pertama, Klopp bisa menarik Fabinho sebagai bek tengah. Gelandang Brasil itu beberapa kali menjadi stoper saat Van Dijk, Gomez atau Matip absen.

Pemain Muda

Alternatif itu cenderung tak berisiko mengingat Fabinho sudah cukup fasih menjadi bek tengah. Opsi mengorbitkan pemain muda juga bisa dipilih mengingat Liverpool punya deretan stoper muda macam Nat Phillips, Sepp Van Den Berg, Billy Koumetio hingga Rhys Williams.

Mereka bisa menjadi pelapis sampai bursa transfer musim dingin dibuka. Sejumlah bek seperti Antonio Rudiger (Chelsea), Ozan Kabak (Schalke 04) dan Ben White (Brighton) dikabarkan masuk radar The Reds.

Tim Gabungan Pemkab Sragen Tak Bosan Arahkan Warga Taati Protokol Kesehatan

Sementara itu, Van Dijk mengunggah pesan emosional di Instagramnya usai dipastikan mengalami cedera ligamen. Cedera itu akibat terjangan kiper Everton, Jordan Pickford, di awal babak pertama Derbi Merseyside.

“Dalam sepak bola, sama halnya seperti kehidupan, saya percaya segala sesuatu terjadi karena suatu alasan dan penting untuk mencoba dan tetap tenang saat melalui fase naik atau turun. Saya akan melakukan segala yang mungkin untuk mendukung rekan satu tim, sebagaimana saya akan menjalani pemulihan saya dari hari ke hari. Saya akan kembali.”



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom