SOLOPOS.COM - Warga Binaan Rutan Salatiga saat mengisi bulan puasa dengan tadarus Al-Qur’an. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Berbagai cara dilakukan umat Islam dalam mengisi ibadah dan kegiatan di bulan suci Ramadan 1444 H. Salah satunya dengan tadarus atau membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Tidak ketinggalan juga yang dilakukan ratusan warga binaan di Rutan Salatiga. Mereka mengisi kegiatan dengan tadarus Al-Qur’an, baik yang dilakukan di masjid, selasar Rutan, hingga dikamar-kamar hunian.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Hal itu membuat seolah-olah berubah menjadi pondok pesantren. Lantunan ayat suci Al-Qur’an pun menggema di Rutan Salatiga.

Kepala Rutan Salatiga, Andri Lesmano, mengatakan pihaknya sengaja membuat terobosan dengan istilah Ngaos Al-Qur’an yang menjadi kegiatan positif untuk santriwan-santriwati warga binaan di Rutan Salatiga di awal Ramadan.

“Dengan suka cita menyambut bulan suci Ramadan ini, kami membuat kegiatan Ngaos Al-Qur’an atau tadarus bersama santriwan-santriwati Rutan Salatiga. Selain menjadi positif di awal Ramadan juga menjadi cara untuk meraih pahala,” kata Andri, Minggu (26/3/2023).

Andri menyebut kegiatan ini juga menjadi momentum warga binaan menyadari kesalahan dan menjadi wadah pertaubatan serta bentuk syiar di bulan suci Ramadan agar iman dan takwa.

Dengan kegiatan tersebut, Andri mengharapkan santriwan-santriwati (sebutan WBP yang bergama Islam) dapat terbebas dari buta huruf Al-Qur’an.

“Untuk target khatam sendiri minimal sebanyak enam kali,” katanya.

Dalam memeriahkan dan mengisi kegiatan Ramadan, Rutan Salatiga sudah menjadwalkan berbagai macam kegiatan, baik secara internal maupun menggandeng pihak-pihak dari luar.

“Kami juga menggandeng berbagai pihak dalam mengisi Ramadan. Selain tadarus, kami juga ada pesantren Ramadan, kajian Al-Qur’an dan Hadist serta kegiatan lain,” bebernya.

Sementara itu, Nila salah seorang warga binaan yang terjerat perkara Narkoba menyatakan sangat senang dan terharu dengan Program Ngaos Al-Qur’an ini.

“Saya sangat senang dan terharu dengan program ini. Kegiatan ini menjadikan saya lebih lancar membaca Al-Qur’an dan bisa banyak beribadah di sini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya