SOLOPOS.COM - Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Maryland, AS. (Situs resmi web Walter Reed)

Solopos.com, BATHESDA — Presiden Donald Trump dinyatakan positif Covid-19 pada Jumat (2/10/2020). Presiden Amerika Serikat itu segera dipindahkan ke Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland untuk perawatan.

Sempat Alami Gangguan Pernapasan, Begini Kondisi Terkini Donald Trump

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir The Indian Express, Senin (5/10/2020), Sekretaris Pers Gedung Putih Kayleigh McEnany mengatakan bahwa Presiden Donald Trump akan bekerja dari kantor Kepresidenen di Walter Reed untuk beberapa hari kedepan selama masih dalam masa perawatan.

Diketahui pusat kesehatan tempat Presiden Donald Trump dirawat merupakan fasilitas kelas dunia. Fasilitas ini telah dirancang khusus untuk merawat sang panglima tertinggi. Bangunan ini adalah kompleks seluas 243 hektar sekitar sembilan mil dari gedung putih yang mencakup kamar presiden, kamar ibu negara, dan area mandiri dimana presiden dan para staf, termasuk dokter gedung putih, dapat bekerja di sini.

Selain itu pusat medis ini menampung 100 klinik, spesialisasi dan dijalankan oleh sekitar 7000 anggota staf. Selain itu Walter Reed juga merawat para pejabat senior pemerintah, termasuk presiden dan wakil presiden.

Twitter Tangguhkan Akun yang Doakan Donald Trump Meninggal Karena Covid-19

Bukan RS Biasa

Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed juga dikenal sebagai Ward 71. Menariknya kamar suite presiden tempat Trump saat ini dirawat karena Covid-19 itu, konon bukanlah kamar rumah sakit biasa. Kamar ini memiliki enam kamar yang mewah, dilengkapi dengan unit perawatan intensif sendiri, ruang tamu, ruang makan, beberapa kamar tidur, kantor, dan ruang konferensi yang aman.

Kamar ini juga mencakup kantor kepala staf gedung putih dan tempat tidur terpisah untuk dokter pribadi presiden, yang dimaksudkan untuk hadir dan siap dipanggil selama presiden menginap.

Menurut laporan NBC, jika pada titik tertentu Presiden Trump memerlukan perawatan medis khusus yang tidak dapat diberikan oleh dokter pribadinya, rumah sakit ini juga menyediakan daftar dokter bedah dan spesialis yang telah melalui pemeriksaan sebelumnya.

Buruh Ancam Mogok Tolak RUU Cipta Kerja, Ini Pesan Ganjar

Menurut jurnalis Amerika Serikat Richard Southern, masuknya Presiden Donald Trump ke rumah sakit ini menandai pertama kalinya dalam 39 tahun terakhir, seorang presiden yang menjabat dirawat di rumah sakit itu. Bahkan dalam akun Twitter pribadinya, Richard juga membagikan foto-foto ruangan yang di tempati Donald Trump pada 3 Oktober 2020.

Presiden terakhir yang dirawat inap adalah Ronald Reagan setelah dia ditembak di dada dalam percobaan pembunuhan pada 30 Maret 1981. Selain itu Wakil Presiden Richard Nixon dan Presiden Dwight D Eisenhower juga diketahui dirawat di rumah sakit Walter Reed. Mereka dirawat saat Walter Reed masih menjadi fasilitas medis angkatan darat, dan masih berada di Washington DC.

Tokoh Lain

Wakil Presiden Richard Nixon diketahui dirawat karena infeksi Staph dan pneumonia di Walter Reed pada tahun 1960. Sedangkan Presiden Dwight D Eisenhower dirawat pada 1968 dengan penyakit arteri koroner dan gagal jantung kongestif, yang kemudian meninggal di rumah sakit pada 1969.

Kasus Positif Virus Corona Solo Terus Bertambah, Satgas: Semua Nakes Sudah Lelah!

Beberapa anggota keluarga Presiden Amerika Serikat juga diketahui telah dirawat di rumah sakit tersebut. Pada dua tahun silam, Melania Trump juga menjalani operasi ginjal di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed tersebut.

Bahkan sebelumnya, putra mantan Presiden Calvin Coolidge yang berusia 16 tahun meninggal secara tragis di fasilitas medis militer pada tahun 1924 karena septikemia atau keracunan darah. Tidak hanya itu saja, jasad Jhon F.Kennedy dibawa ke sana, setelah tiba dari Dallas tahun 1963.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya