SOLOPOS.COM - SUP SHANGHAI -- Sup Shanghai ini adalah salah satu sajian khas kreasi dapur De Solo Boutique Hotel, Solo (JIBI/SOLOPOS/Dina Ananti Sawitri S)

Tidak lagi merasa nikmat mencecap rasa sup yang “begitu-begitu saja”? Ini tandanya Anda perlu mengajak sang lidah bertualang dan berkenalan dengan cita rasa sup yang lebih istimewa.

Salah satu tempat untuk menemukannya adalah Resto Spesial Soup Solo (SSS) Jl Adisucipto No 4 Colomadu, Karanganyar, dekat Hotel Narita. Salah satu sajian istimewanya adalah sup kambing. Racikan bumbu rempah yang kuat merasuk pada daging membuat cita rasa sup menjadi segar. Disajikan dengan tulang iga, babat dan daging kambing lengkap dengan garnish seledri, tomat dan irisan jeruk nipis, sajian ini bakal menjadi menu makan siang yang nikmat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

SUP CEKER -- Sup ceker sajian khas Warung Bamboe Tainde di Jalan Yosodipuro, Solo. (JIBI/SOLOPOS/Dina Ananti Sawitri S)

Ekspedisi Mudik 2024
Berbeda dengan sup kaki kambing ala Betawi yang berkuah kental, sup kambing ini berkuah bening dengan rasa rempah yang khas, seperti irisan jahe dan taburan biji kici merah atau orang kerap menyebutnya goji berry Himalaya. Tanaman yang memiliki nama latin Lycium Barbarum ini memang bukan sekadar bumbu pelengkap yang menambah cita rasa. Tanaman herbal ini juga kaya manfaat bagi tubuh, mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah ini juga mampu menghambat proses penuaan.

Pemilik Resto SSS, Linda, mengungkapkan makanan ini memang bukan asli Indonesia. Dia menemukan menu ini di China Utara. Karena bumbu dan cita rasanya mirip sajian Nusantara, dia mengadopsi masakan ini sebagai menu unggulan di restonya. “Salah satu bumbu yang wajib disertakan yakni kici merah. Aneka rempah ini membuat rasa sup jadi sensasional,” ungkap dia.

Bagi masyarakat muslim di Negeri Tirai Bambu, makanan ini merupakan sajian wajib saat musim dingin. Saat musim dingin, lazimnya masyarakat China minum arak untuk menghangatkan tubuh. Karena kaum muslim tidak mengonsumsi minuman beralkohol, makanan berkuah inilah yang dijadikan alternatif. Rasa rempah pada sup kambing di China lebih kuat. Untuk itu, dia sedikit memodifikasi agar sesuai masakan Nusantara.

Masih ingin sensasi sup sensasional lainnya di resto ini, nikmati pula sajian sup ikan patin. Khusus untuk olahan ikan, Linda menggunakan daging ikan patin liar yang didapatkannya dari Waduk Kedungombo dan Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri. Linda memilih ikan patin yang tak hidup di keramba karena rasa dan tekstur daging ikan patin liar lebih kenyal.

”Harus pandai memilih daging patin untuk menu sup agar saat direbus, daging tidak mudah remuk,” jelas dia.
Masakan berkuah dari kaldu yang dididihkan dengan bumbu dipadu dengan daging, sayur dan kacang-kacangan ini memang sedap disantap di segala suasana.

SUP SHANGHAI -- Sup Shanghai ini adalah salah satu sajian khas kreasi dapur De Solo Boutique Hotel, Solo. (JIBI/SOLOPOS/Dina Ananti Sawitri S)

Pilihan lain adalah sup daging bakar yang menjadi andalan Resto Banaran 9 Coffee and Tea di Jl Adisucipto, di kompleks Pabrik Gula Colomadu. Anda bisa memilih sup iga atau sup buntut bakar yang dipadu dengan kentang dan irisan daun bawang. Menurut pegawai Banaran 9, Wahyu Wardoyo, sup ini memadukan cita rasa gurih dan manis. Kuah sup yang disajikan pada mangkuk mungil bisa disiram ke piring saji sesuai selera. ”Ada aroma khas daging iga bakar dan kuah sup ala Jawa Barat dengan bumbu rempah kapulaga yang nendang,” ungkapnya.

Di tempat lain, sajian sup yang tak kalah nikmat juga disediakan Waroeng Bamboe Tiande di Jl Yosodipuro, Solo. Menu sup ceker dan sup galantin bisa Anda pilih. Sementara bagi Anda penyuka sup matahari dengan sajian berisi daging ayam cincang, dipadu serutan wortel, jamur putih dan jagung manis, warung spesial selat dan sup, Vien’s, di Jl Hasanudin No 99 D juga bisa Anda kunjungi.

Dina Ananti Sawitri Setyani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya