SOLOPOS.COM - Curug Kaliurip Purworejo. (Istimewa/Instagram @hikm.ah77)

Solopos.com, PURWOREJO — Curug Kaliurip merupakan destinasi wisata alam favorit yang berada di Desa Kaliurip, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo.

Curug Kaliurip hadir sebagai wisata yang menawarkan pesona alam menakjubkan berupa air terjun yang mengalir deras ke bawah dengan nuansa alami disekitarnya.

Promosi BRI Microfinance Outlook 2024: Menkop UKM Puji Inovasi Pembiayaan UMKM BRI

Berlibur di wisata alam tidak akan seru tanpa mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, destinasi wisata ini sangat recommended untuk dikunjungi guna mengisi waktu libur akhir pekan.

Alamat lengkap Curug Kaliurip terletak di Jl. Kemiri Pakis Arum, Dukuh Krajan, Desa Kaliurip, Kecamatan Kemiri. Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Purworejo ke arah barat daya.

Disarankan bagi pengunjung yang ingin mengunjungi lokasi wisata untuk menggunakan kendaraan bermotor saja. Jika menggunakan mobil, Anda perlu berjalan lebih jauh lagi.

Setelah sampai di daerah yang terdapat pendapa serta gazebo, pengunjung masih perlu berjalan menuju arah curug tak lebih dari 100 meter. Selama perjalanan, pengunjung juga akan melihat kolam renang mini yang kini sudah tidak digunakan lagi.

Jiwa adrenalin pengunjung juga akan diuji ketika menuju ke lokasi utama air terjun. Anda akan diuji berjalan di samping tebing berbatu yang kadang jalur tersebut cukup licin untuk dilalui. Jadi pengunjung perlu hati-hati saat melewati jalan tersebut.

Melansir dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, Curug Kaliurip memiliki ketinggian mencapai 30 meter dengan kedalaman sungai hingga 8 meter. Debit airnya juga cukup besar karena bersumber langsung dari mata air.

Derasnya air menghasilkan pemandangan putih seperti tirai yang menyelimuti tebing. Air kolamnya juga berwarna hijau tosca cantik.

Pemandangan airnya memang tampak indah dan menawan, tapi pengunjung tidak disarankan main di bawah air terjun apalagi berenang di kolam utama.

Meskipun begitu pengunjung masih bisa bermain air di pinggiran kolam. Menghabiskan waktu santai dengan menikmati alam sekitar menjadi hal wajib dilakukan saat berkunjung ke curug ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya