SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berwisata di Kebun Buah Mangunan Anda bisa mendapat dua kesegaran sekaligus. Selain kesegaran alam, ada kesegaran aneka buah-buahan.

Kebun Buah Mangunan terletak di Dusun Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasinya sekitar 35 km dari Kota Jogja dan berjarak sekitar 15 km dari Kabupaten Kabupaten Bantul.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Untuk bisa menemukan lokasi Kebun Buah Mangunan cukup mudah. Anda hanya perlu menelusuri plang hijau, tanda arah menuju Kebun Buah Mangunan.  Tanda ini sudah mulai terlihat dari Kecamatan Imogiri, yang kemudian naik ke perbukitan Mangunan di sebelah timur Kecamatan Imogiri.

Selama perjalanan kurang lebih 15 menit ini, Anda akan melalui jalan yang berkelok-kelok. Akan tampak pemandangan yang indah sepanjang jalan. Anda juga bisa melihat Kabupaten Bantul dan  Kota Jogja dari ketinggian.

Begitu sampai ke lokasi Kebun Buah Mangunan, akan tampak ribuan pohon hijau di tanah perbukitan seluas 23,6 hektare. Tiket masuk ke tempat ini hanya Rp5.000 per orang.

Kebun ini didominasi tanaman buah musiman, di antaranya mangga, belimbing, jambu, rambutan, jeruk, serta buah durian montong yang menjadi primadona pengunjung. Ada juga stroberi yang ditanam di rumah kaca.

Ada juga beragam jenis sayuran yang dikembangkan di tanah dengan ketinggian 150–200 meter di atas permukaan laut. Sayuran itu di antaranya terong dan cabai keriting.

Sumadi, Manajer Kebun Buah Mangunan, pada Harian Jogja pekan lalu mengungkapkan seluruh buah bisa dipetik langsung oleh pengunjung. Di kebun yang didirikan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul pada 2003 ini, pengunjung akan dikenakan harga buah yang tak jauh beda dengan harga di pasaran.

Ada sebanyak 28 petugas pemandu yang bisa menjelaskan lokasi kebun kepada Anda. “Rata-rata yang membawa pulang buah di sini, satu sampai tiga kilogram beratnya,” ujar Sumadi.

Meski demikian, menurut Sumadi, tak banyak pengunjung yang membawa pulang buah-buahan, biasanya mereka menikmati di tempat. “Bulan Januari hingga April 2012 besok, kami akan panen raya Durian Montong,” ungkap pria yang juga bertugas di Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul ini.

Saat ini sebanyak 900 pohon durian montong sudah terihat bunga dan mulai berbuah. Selain itu terdapat pula ribuan pohon rambutan binje yang siap panen raya Desember besok.

Belajar menanam
Tak hanya memetik buah dan menikmati kesegaran alam, di kebun ini Anda juga bisa mempelajari cara bertanam aneka buah-buahan. Ada petugas khusus yang akan mengajari tahap demi tahap menanam buah. “Polybag [kantong bibit] yang disediakan di rumah kaca juga bisa dibawa pulang dengan harga antara Rp5.000 sampai Rp10.000,” terang Sumadi.

Kemudian, Anda juga akan menemukan puluhan sapi di kandang sapi di sisi timur Kebun Buah, yang memang sengaja dipelihara untuk diambil kotorannya sebagai pupuk organik.

Setelah pengunjung puas berkeliling menikmati dan mempelajari pepohonan buah-buahan, pengunjung pun dapat beristirahat sejenak di taman. Ada gazebo, taman bermain dan waduk buatan. Tak ketinggalan juga kolam renang.

Bahkan menjelang sore hari, pengunjung dapat menikmati keindahan sunset dari atas puncak Bukit Indah. Dari sini, terlihat jelas keindahan perbukitan serta pemandangan Pantai Parangritis yang berada di sebelah selatan, Kabupaten Bantul yang berada di sebelah barat serta keelokan Sungai Oyo.(Wartawan Harian Jogja/Garth Antaqona)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya