SOLOPOS.COM - Beef Canton Lorin Hotel (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Beef Canton Lorin Hotel (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Melewati Tahun Baru Imlek dapat dilakukan dengan beragam aktivitas bersama keluarga, seperti memasak Chinese food dan menikmatinya bersama orang tercinta di rumah. Bagi keluarga yang menghabiskan malam di Tahun Baru dengan dinner bersama keluarga, ada beberapa resto menyiapkan menu masakan China yang siap memanjakan lidah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Lorin Business Resort and Spa menyiapkan menu spesial menyambut malam Tahun Baru pada Minggu (22/1/2012). Executive Chef Lorin, Boedi Prasetyo, mengungkapkan ada beberapa sajian istimewa, mulai dari appetizer, soup, main course, stall hingga dessert. “Menu utama salah satunya ada beef canton atau slice beef with ginger dan spring onion,” kata Boedi saat ditemui Espos di Sasono Bujono Restaurant, Jumat (20/1/2012).

Daging sapi bagian panggul dipotong tipis hingga beberapa bagian disajikan dengan bawang dan jahe. Jahe sebagai salah satu rempah di beef ini sangat cocok sebagai penghangat tubuh sekaligus menghilangkan bau amis daging. “Jahe ini juga bisa membuat daging lebih empuk dan enak. Jadi bisa jadi tips jika memasak dengan daging aroma kuat seperti daging kambing bisa disertakan jahe untuk mengurangi baunya,” imbuh Boedi.

Menu utama lainnya yakni nasi goreng yang chow dengan daging sapi panggang atau daging ayam panggang. Seperti masakan China umumnya, nasi goreng dari daerah Canton ini memiliki rasa gurih. Demikian juga untuk menu chicken kung pau yang memakai bumbu cabai kering dan mete sehingga memiliki rasa gurih. Rasa pedas pada cabai kering tidak terlalu dominan,” tambah dia.

Untuk mendapatkan selera pedas, ada jenis masakan sichuan yaitu baby buncis sichuan, buncis muda yang digoreng dengan daging cincang.

Boedi menyiapkan dua jenis sup, yakni sup asparagus telur kepiting yang sangat kental dan shanghai soup berupa sup bening dengan isi daging sapi panggang, daging ayam, telur puyuh dan lainnya. Menu yang bakal menjadi favorit ialah bebek peking yang merupakan khas Imlek dan disajikan dalam bentuk bebek utuh. Ada juga mongolian steam boat berisi daging sapi, ayam, seafood dan beragam sayuran. “Karena ini memasak di depan tamu, ada show cooking-nya.”

Sedang menu penutup di antaranya mango pudding, es cincau selasih, kue keranjang, mocci, aneka permen, es longan. Es cincau selasih biasanya pakai gula Jawa tapi ini pakai orange flavor, sehingga rasanya lebih segar. Harga untuk Chinese New Year Eve Buffet Rp100.000 per paket.

 

JIBI/SOLOPOS/Ahmad Hartanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya