SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Setiap orang sudah sadar kalau bahaya merokok bisa menyebabkan kematian. Selain bisa mati muda, juga bisa berdampak buruk bagi orang-orang tercinta di sekitarnya.

“Rokok dapat membunuh separuh dari masa hidup perokok. Yang bisa mati di usia 35-69 tahun,” kata Menteri Kesehatan (Menkes), Endang Sedyaningsih menyongsong Hari Tanpa Tembakau Sedunia di gedung Kemenkes, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Kamis (27/5).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Endang, saking bahayanya merokok, seseorang yang menikah dengan perokok mempunyai risiko kanker paru-paru sebesar 20-30 persen. Orang tersebut bisa terkena penyakit jantung. Tak hanya itu, anak-anak yang terpapar asap rokok dapat mengalami pertumbuhan paru-paru yang lambat.

“Lebih mudah terkena bronchitis, infeksi saluran pernafasan serta asma,” jelasnya.

Karena itu, Endang mengajak masyarakat untuk menghindarkan diri dari kebiasaaan merokok, apalagi di tempat umum. “Tidak merokok lagi di tempat-tempat umum, sarana kesehatan, arena kegiatan anak, dan angkutan umum,” pintanya.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya