SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)--Menteri Kehutanan (Menhut),  Zulkifli Hasan mengklaim telah terjadi penurunan praktik pembalakan liar (illegal logging). Jumlah praktik illegal logging pada tahun-tahun belakangan ini sudah mulai berkurang.

“Alhamdulillah sekarang ini (illegal logging) jauh menurun,” ujarnya usai Seminar Kehutanan di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (10/3/2011).

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Meskipun tidak ingat angka penurunannya, Zulkifli menyebutkan penurunan itu terjadi karena adanya upaya dari penegak hukum untuk menindak para pelaku illegal logging.

Dikatakan Zulkifli, penurunan praktik ilegal logging terjadi karena memang areal hutan di Indonesia sudah berkurang. Ia pun berterimakasih terhadap penegak hukum yang sudah keras sekali dan kuat perhatiannya terhadap illegal logging.

“Pelaku illegal logging sekarang tidak mudah karena kawasan hutan kita sudah berkurang banyak dibanding yang lalu-lalu,” ungkapnya.

Zulkifli menyatakan praktik illegal logging saat ini hanya terjadi di beberapa tempat dan sifatnya sporadis. Namun, meski menurun, Zilkifli menyatakan praktik illegal logging tetap perlu diwaspadai. Salah satunya dengan kerjasama antar negara lain untuk tidak menerima kayu-kayu ilegal.

“Tapi kita tetap mesti waspada bekerjesama dengan secondary dalam negeri dan luar negeri untuk tidak memberikan peluang kepada pelaku-pelaku illegal logging. Istilahnya zero toleran terhadap illegal logging,” tandasnya.

(dtc/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya