Permukiman bantaran rel kereta api (KA) di Gilingan, Banjarsari, Solo, Kamis (25/1/2018). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau perkembangan proyek kereta Bandara Adi Soemarmo. Dua proyek tersebut, KRL dan kereta bandara, adalah proyek infrastruktur untuk layanan transportasi publik diharapkan bisa memudahkan masyarakat menggunakan transportasi umum.

Dalam kunjungan ke Solo, Minggu (1/4/2018), Budi menyisir infrastruktur pendukung intermoda itu. Dia menyusuri Terminal Tirtonadi, Stasiun Balapan Solo, dan lokasi proyek pembangunan stasiun kereta di Bandara Adi Soemarmo Solo, Ngemplak, Boyolali.

Dalam proyek yang sudah berjalan satu tahun itu, Budi berharap semuanya lancar dan selesai tepat waktu sesuai target, yaitu Desember tahun ini. Budi sempat menyoroti masalah pembebasan lahan pembangunan jalur kereta dari Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo Solo yang belum selesai.

“Tanah milik masyarakat akan kami konsinyasi. Satu lagi ada tanah milik TNI AU, saya akan berkoordinasi dengan AU, mungkin kalau nggak bisa hari ini saya telepon, Senin saya ingin ketemu,” tutur Budi.

Di Solo Balapan, Budi juga sempat meninjau lokasi pembangunan peron KA bandara dari sky bridge. Peron KA bandara akan memanfaatkan jalur 8, 9, dan 10, yang ada di Stasiun Solo Balapan. Project Director Daop VI/Yogyakarta, Yurish Wibawa, mengatakan saat ini PT KAI mulai melelang pembangunan peron KA bandara.

Peron akan mulai dibangun Mei mendatang. Konstruksi peron terdiri atas dua lantai, lantai bawah untuk masuk ke jalur kereta, dan lantai atas untuk ruang tunggu calon penumpang. Untuk arus penumpang jika dari Solo Balapan, aksesnya tetap melalui pintu utama masuk stasiun, kemudian di arahkan ke jalur skybridge. Di skybridge nanti ada gate ke kiri untuk keberangkatan.

“Jadi calon penumpang ke ruang tunggu dulu di lantai dua, kalau kalau kereta sudah datang baru turun. Sebaliknya untuk kedatangan, penumpang naik dulu ke skybridge, kalau mau melanjutkan perjalanan naik bus tinggal ke utara ke arah Terminal Tirtonadi, kalau mau ke Jogja tinggal jalan ke selatan ke arah Stasiun Solo Balapan,” papar Yurish.

Avatar
Editor:
Adib M Asfar

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten