Tutup Iklan

Menhub Budi Karya Sumadi Positif Corona, Diisolasi di RSPAD

Menhub Budi Karya Sumadi dinyatakan positif corona dan dirawat di ruang isolasi RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Menhub Budi Karya Sumadi Positif Corona, Diisolasi di RSPAD

SOLOPOS.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kiri). (Antara-Aditya Pradana Putra) *** Local Caption ***

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi dinyatakan positif corona. Saat ini, Menhub sedang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta.

Sebelumnya, Menhub dikabarkan masuk ke rumah sakit. Kepastian Menhub positif corona ini diumumkan oleh Mensesneg Pratikno dalam jumpa pers di RSPAD Gatot Soebroto. Meski demikian, Pratikno mengatakan kondisi Budi Karya Sumadi telah semakin membaik.

Pratikno meminta masyarakat tidak panik karena pemerintah masih melakukan upaya pengawasan. Belum diketahui bagaimana proses atau latar belakang penyebab Menhub positif corona. Kini dia menjadi pasien corona ke-76 atau kasus 76.

Sudah Diingatkan WHO, Kapan Darurat Nasional Corona Pak Jokowi?

“Ini arena tugasnya aktif dalam bagian penting penanganan corona dia sempat dirawat di RS swasta, dia merasa memiliki gejala sesak nafas dan memeriksakan diri di RS swasta,” kata Pratikno dalam jumpa pers, Sabtu (14/3/2020), yang disiarkan Kompas TV.

Budi Karya Sumadi tercatat terlibat aktivitas penanganan virus corona. Di antaranya, dia pernah ikut dalam penyambutan warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Kapal Diamond Princess beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Juru Bicara Wabah Virus Corona di Indonesia, Achmad Yurianto, mengatakan Menhub Budi Karya Sumadi belum positif terdeteksi virus Corona atau Covid-19. Mulanya awak media menanyakan soal kondisi Budi yang kabarnya tengah diisolasi.

“Pak, Menhub lagi diisolasi kan?” kata awak media kepada Achmad saat ditemui di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta Timur, Sabtu (14/3/2020), dilansir Suara.com.

Menhub Budi Karya Sumadi Masuk RS, Jubir Corona: Belum Positif!

Mendengar pertanyaan tersebut, Achmad pun menjawab kalau Budi belum dinyatakan positif Covid-19. “Belum positif,” ujarnya sembari berjalan meninggalkan ruangan.

Meski demikian, Achmad tidak menjawab apakah Menhub benar berada di ruang isolasi salah satu RS di Indonesia.

Awalnya Diklaim Tifus

Sebelumnya Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Adita Irawati mengatakan Budi Karya sakit tifus dan asma yang sudah lama diderita.

“Beliau tengah dalam perawatan di rumah sakit karena penyakti tifus dan asma yang sudah lama diderita,” kata Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Adita Irawati seperti diberitakan Antara.

Adita mengatakan saat ini Menhub Budi Karya Sumadi yang akrab disapa Pak BKS itu tengah mendapat perawatan intensif di sebuah rumah sakit.

Terkait isu Menhub Budi Karya Sumadi positif virus corona, Adita mengaku belum mendapatkan informasi tersebut hingga siang ini. “Sementara ini hanya informasi di atas yang saya dapat,” ujarnya.

Menhub dalam dua pekan terakhir jarang terlihat di lingkungan tempat dia bekerja atau menghadiri agenda-agenda penting di mana Ia seharusnya menjadi narasumber bersama menteri lain.

Meski demikian, Adita ogah membeberkan Menhub Budi Karya Sumadi masuk RS mana.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pemilik Kapal di Pati Didorong Beri ABK Perlindungan Jamsostek

Pengusaha kapal perikanan di Pati didorong mendaftarkan anak buah kapal (ABK) menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan.

Penjualan Mobil di RI Tertinggi Kedua Se-Asean, Dampak PPnBM 0 Persen?

Kini Indonesia memperkuat posisinya dengan mencetak volume penjualan mobil tertinggi kedua se-Asean sepanjang Januari—April 2021.

Target Sasaran Vaksin Covid-19 di Kudus Jadi 607.063 Orang

Target sasaran vaksin Covid-19 di Kabupaten Kudus naik menjadi 607.063 orang dari sebelumnya hanya 127.063 orang.

Kasir Otaki Pencurian Rp74 Juta Milik UPK Gemilang Magelang

Seorang kasir di Unit Pengelola Keuangan (UPK) Gemilang Sejahtera Tempuran berinisial, Sj, 38, jadi otak pencurian uang senilai Rp74 juta.

Lirik Lagu Lingsir Wengi dan Terjemahannya Versi Didi Kempot

Di bawah ini terdapat lirik lagu yang kerap dikaitkan dengan horor, Lingsir Wengi versi sang maestro musik campursari, Didi Kempot.

Menilik Kuliner Opor Ayam Khas Pati yang Fenomenal

Pati punya hidangan khas lain berupa opor, salah satunya Opor Ibu Saudah yang dalam penyajiannya porsi potongan ayamnya besar-besar.

Ini Dia Daftar Perguruan Tinggi BUMN yang Kasih Beasiswa Plus Link Pendaftarannya

Sembilan perguruan tinggi BUMN menawarkan beasiswa kuliah kepada calon mahasiswa baru.

10 Berita Terpopuler : 1 dari 4 SMK Swasta Terbaik Nasional Ada di Solo – Kisah Warga Terjerat Pinjol

Ulasan tentang SMK swasta terbaik nasional hingga Coca Cola merugi masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

KA Nusa Tembini Digadang Angkat Pariwisata Banyumas

KA Nusa Tembini rute Cilacap-Yogyakarta pergi pulang (PP) yang akan diluncurkan pada 2 Juli 2021 diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.  

Waduh! Covid-19 Meluas, Tambah 3 Kantor Desa di Polokarto Sukoharjo Lockdown

Seluruh pelayanan masyarakat dihentikan sementara setelah tiga kepala desa (Kades) di Polokarto dinyatakan positif Covid-19.

Kasus Covid-19 Sleman Melonjak, Hingga Pertengahan Juni Ada 59 Pasien Meninggal

Terjadi lonjakan kasus COvid-19 di Sleman. Begitu pula dengan angka kematian pasien Covid-19 yang meningkat.