Tutup Iklan

Menhan Sebut Presiden Jokowi Sudah Tegur Panglima TNI

Menhan Sebut Presiden Jokowi Sudah Tegur Panglima TNI

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi pengantar dalam sidang kabinet paripurna yang juga dihadiri Menko Polhukam Wiranto dan Menko PMK Puan Maharani di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/10/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Menhan menyebut Presiden Jokowi sudah menegur Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut telah memberikan teguran kepada Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo terkait pernyataan soal persenjataan. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Menhan mengatakan dirinya memahami instruksi Presiden Jokowi yang meminta anggota Kabinet Kerja agar tidak gaduh. Karena itu, Ryamizard mengaku tidak heran apabila Presuden menegur Gatot atas pernyataannya yang dinilai membuat kegaduhan.

“Saya rasa sudah [ditegur]. Kan dia dipanggil, Menko Polhukam dipanggil. Saya enggak,” katanya seusai Sidang Kabinet.

Peringatan dari Presiden muncul dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Senin (2/10/2017). Presiden menyatakan bahwa dirinya adalah Panglima Tertinggi dan sebagai Kepala Negara dia meminta agar anggota Kabinet Kerja fokus bekerja.

“Kalau di luar, orang politik segala macam maklum lah. Tapi di dalam lingkaran kabinet enggak boleh. Ya tahu sendiri lah [peringatan Presiden untuk siapa], tapi yang jelas ke depan enggak boleh lagi ya,” ujar Ryamizard. Baca juga: Di Depan Kabinetnya, Presiden Jokowi Tegaskan Dirinya Panglima Tertinggi.

Dalam sidang kabinet paripurna, Presiden memperingatkan jajarannya agar tidak melontarkan pernyataan yang dapat menimbulkan kegaduhan di tengah publik sehingga suhu politik tetap kondusif. Sidang Kabinet sendiri merupakan forum tertinggi di level eksekutif yang dihadiri oleh seluruh menteri dan pejabat setingkat menteri, seperti Panglima TNI dan Kapolri.

“Sebagai kepala pemerintahan, sebagai kepala negara, sebagai panglima tertinggi angkatan darat, laut dan udara, saya perintahkan kepada Bapak, Ibu, dan Saudara sekalian, untuk fokus pada tugas masing-masing,” ujar Jokowi dalam sambutan sidang.

Berita Terkait

Berita Terkini

Terbentur Undang-Undang, Kemenag Solo Tak Keluarkan Izin Tempat Belajar Anak-Anak Perusak Makam di Mojo

Kemenag Kota Solo memastikan tidak mengeluarkan izin keberadaan kuttab atau lembaga pendidikan anak usia dini di Mojo, Pasar Kliwon.

Rumah di Pinggir Jalan Raya Bikin Pusing? Coba Tips Ini

Tanam saja tanaman perdu yang daunnya berwarna-warni. Selain bisa meredam suara berisik, adanya tanaman ini bisa memperindah rumah di pinggir jalan.

7 Rekomendasi Mobil Murah di Bawah Rp100 Juta yang Terjangkau

Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan berbagai alternatif mobil murah di bawah Rp100 juta yang cocok untuk kantong Anda.

Warga Sragen Buktikan Ivermectin Ampuh Jadi Obat Covid-19, 5 Hari Mengonsumsi Langsung Negatif

Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Mantan Bupati Sragen Promosikan Ivermectin Sebagai Obat Covid-19, Terbukti Ampuh?

Bupati Sragen periode 2001-2011, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Kasus Kematian Covid Tanpa Komorbid Tinggi

Angka kematian pasien Covid-19 di Klaten masih tinggi. Tak hanya pasien dengan komorbid atau penyakit penyerta, pasien yang meninggal tanpa komorbid sebesar 35%.

Vaksin Bikin Tubuh Aman dari Covid-19? Cek Faktanya

Vaksin Covid-19 bukanlah satu-satunya alat yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus corona.

Dua Juru Parkir Liar di Kota Madiun Diringkus Polisi

Dua juru parkir liar ditangkap Polres Madiun Kota dalam pemberantasan aksi premanisme dan pungli.

Duh! Petani Tembakau di Klaten Terancam Gagal Panen Gara-Gara Cuaca Tak Menentu

Sejumlah petani tembakau di Klaten dilanda kegalauan. Cuaca yang tak menentu mengakibatkan tanaman tembakau tak tumbuh secara optimal.

Isolasi Lokal di Gedawung Baturetno Wonogiri Selesai, Warga Siraman Pakai Air Kendi

Isolasi lokal yang diterapkan di Dusun Gedawung, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Wonogiri telah selesai, Selasa (22/6/2021).

Lezatnya Suboli Pizza, Pizza Susu Khas Boyolali

Di Boyolali, terdapat kuliner khas yakni pizza susu dan dikenal dengan nama Suboli Pizza. Makanan ini biasanya dijual di Jl Pandan Arang, Boyolali.

Warga Kerja Bakti Bersihkan Makam di Mojo, Kapolresta: Budaya Wong Solo!

Jajaran Polresta Solo, TNI, dan Ormas membersihkan dan memperbaiki makam di TPU Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (23/6/2021).