SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Menhan tiga negara bahas Korut

WASHINGTON: Menteri Pertahanan Amerika Serikat Robert Gates akan bertemu dengan timpalannya dari Jepang dan Korea Selatan di Singapura, Sabtu akhir pekan ini untuk membicarakan uji coba nuklir dan peluru kendali Korea Utara belum lama ini.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Pertemuan tiga pihak antara Gates, Yasukazu Hamada dari Jepang dan Lee Sang-Hee dari Korea Selatan, akan menjadi yang pertama di antara para menteri pertahanan itu.

Pertemuan itu telah direncanakan sebagai bagian dari pertemuan tahunan Sangri-La Dialogue yang merupakan pertemuan sebagian besar menteri pertahanan wilayah Pasifik. Namun dalam pertemuan Sabtu depan, pembahasan akan dipusatkan pada tindakan Pyongyang yang telah memancing kecaman internasional itu.

“Niscaya, perkembangan di Korea Utara pada akhir pekan itu akan menjadi pusat dari pembicaraan,” kata juru bicara Pentagon Geoff Morrell.

Pada April, Pyongyang telah menguji coba tembakan roket jarak jauh. Para kritikus mengatakan, ujicoba itu sesungguhnya adalah rudal balistik. Pada Senin negara komunis itu kembali melakukan uji coba tembakan tiga rudal jarak dekat setelah ledakan nuklir disusul Selasa negara itu kembali menembakkan dua rudal jarak dekat Selasa setelah uji coba ledakan nuklirnya.

Uji coba nuklir itu telah memancing kecaman dari seluruh dunia. Sekjen PBB Ban Ki-moon minta pada DK PBB untuk mengambil “langkah-langkah seperlunya” terhadap Korea Utara. (Antara/AFP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya