SOLOPOS.COM - Terapi akupunktur disebut bisa membantu menangani penuaan dini. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO — Terapi akupunktur disebut bisa membantu menangani penuaan dini yang terjadi pada wajah. Namun apakah benar, selain itu terapi akupunktur juga bisa mencerahkan wajah?

Pada acara Health Talk Rumah Sakit JIH Solo yang disiarkan dalam YouTube RS JIH Solo,  tersebut menjadi salah satu pertanyaan masyarakat terkait kemampuan terapi akupunktur yang bisa mencerahkan wajah tersebut merupakan fakta atau hanya mitos?

Dengan tegas Dokter Spesialis Akupunktur Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dr. Dwi Surya, Sp.Ak., membenarkan hal itu.
“Bagi saya itu fakta. Salah satu yang bisa dilakukan akupunktur [selain menghilangkan kerutan], bisa mencerahkan wajah,” kata dia.

Dia menjelaskan, dalam proses penusukan pada akupunktur akan memberikan beberapa manfaat, salah satunya menjadikan sirkulasi darah menjadi lancar. Selanjutnya akan terjadi relaksasi pada kulit wajah. Sebab salah satu hormon yang akan terpancing dengan akupunktur adalah hormon endorfin atau hormon untuk menjadikan seseorang lebih relaks.

Akupunktur disebut juga dapat menyeimbangkan fisiologis tubuh atau metabolisme tubuh. Menurutnya kasus penuaan dini tidak lepas dari faktor hormonal. Untuk itu dia mengatakan akupunktur sangat bermanfaat untuk bisa mengatasi penuaan dini dan mencerahkan wajah.

Sementara jika sudah terlanjur mengalami penuaan dini, hal itu juga bisa diatasi dengan akupunktur dan skincare. Untuk penanganan tersebut, akupunktur dapat dilakukan dengan frekuensi antara satu hingga dua pekan sekali.

Sementara itu Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS JIH Solo, dr. Triasari Oktavriana M.Sc., Sp.KK (K)., menambahkan, meski bisa diatasi, namun hasil dari penanganan kasus penuaan dini tidak bisa instan.

“Harus lebih ekstra. Sebab setelah terjadi penuaan dini, kulit akan lebih banyak kerutan,” kata dia.

Menurutnya ada banyak jenis terapi yang dapat dipilih, termasuk salah satunya adalah akupunktur yang bisa dikombinasikan dengan skincare. Penanganan tersebut juga akan disesuaikan dengan tingkat keparahan serta kondisi kulit masing-masing.

Rekomendasi
Berita Lainnya