Mengungkap Manfaat Psikologis Mendengarkan Lagu Galau
Ilustrasi mendengarkan musik (Today.com)

Solopos.com, SOLO – Saat sedang sedih, mendengarkan lagu galau menjadi pilihan banyak orang untuk menyalurkan emosinya. Namun, apakah lagu mellow menjadi pilihan yang tepat untuk didengarkan saat kondisi mental sedang down atau terpuruk?

Salah satu penelitian, membuktikan bahwa mendengarkan lagu galau saat sedang sedih boleh saja dilakukan. Bahkan memberikan manfaat bagi psikologis. Jadi selain melegakan, mendengarkan lagu sedih juga baik bagi kesehatan mental.

Melansir dari Medical Daily, Sabtu (13/6/2020) menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar musik, Kay Norton pada 2014, musik yang mendayu-dayu dengan lirik sedih menjadi favorit untuk didengarkan saat putus cinta karena bisa menggambarkan kesedihan seseorang. Selain itu, mendengarkan lagu sedih juga bermanfaat bagi psikologis, berikut ulasannya:

1 Kasus Baru Di Gumpang, Positif Covid-19 Di Sukoharjo 87 Orang

Menghilangkan rasa sedih

Mendengarkan lagu galau bukan cuma membuat seseorang larut dalam kesedihannya, melainkan juga menyingkirkan rasa sedih. Lewat lirik sedih tersebut, mereka bisa melepaskan emosi. “Musik memiliki bentuk dan aliran yang sama seperti emosi manusia. Jenis musik seperti ini bisa mendorong seseorang yang sedang berduka untuk menangis atau mengekspresikan emosi dengan cara yang tepat untuknya,” ujar Norton.

Mengutip Suara.com, lagu melankolis yang indah dapat menjadi alat yang baik untuk mengungkapkan ekspresi sedih seseorang. Sebuah teori mengungkapkan ketika emosi negatif muncul, seperti sedih, ada sebuah mekanisme dalam otak yang terpacu untuk menghambat reaksi dari perasaan tidak senang. Jadi perasaan sedih tidak akan berlarut-larut.

Melenyapkan stres

Setelah mendengarkan lagu galau, Anda akan merasa lega. Rasa sukacita akan timbul saat merasa terhubung dengan lirik lagu tersebut dan bisa membuat Anda bebas berekspresi. Norton juga menyatakan menghilangkan rasa sedih dalam diri merupakan langkah penting dalam mengatasi stres atau kehilangan sesuatu. Justru bila tidak meluapkan emosi itu, Anda akan menyimpan rasa sedih sehingga memunculkan emosi negatif dan membuat perasaan kehilangan semakin besar.

Tindakan tepat daripada memendam kesedihan

Dua peneliti dari Freie Universitat Berlin, Jerman juga memiliki persepsi yang sama saat meneliti dampak mendengarkan lagu galau pada diri seseorang. Studi mereka melibatkan 770 orang dan dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE tahun 2014, mendengarkan lagu galau bisa membangkitkan emosi positif, seperti kedamaian dan kelembutan.

“Orang-orang mendengarkan lagu sedih untuk merasa nyaman dan menghadapi dengan perasaan galau, tapi beberapa juga hanya mendengarkannya untuk kesenangan,” ujar Liila Tarufii, salah satu peneliti tersebut. Ia juga menambahkan, lagu sedih memiliki potensi untuk mengatur mood dan emosi negatif, serta memberikan hiburan. Artinya, lagu sedih juga bisa memainkan peran dalam kebahagiaan seseorang.

Klaten Siapkan Protokol Kesehatan Desa Paseduluran Pengungsi Merapi

Sebagai perenungan diri

Saat seseorang mendengarkan lagu sedih, mereka akan lebih terbuka dan menyadari perbedaan antara realitas dan apa yang digambarkan dalam lagu. Seperti yang dinyatakan dalam Psychology Today, Perbedaan tersebut memungkinkan pendengarnya merasakan emosi negatif dalam pikirannya, tanpa membuatnya berperilaku negatif.

Selain itu mereka yang mendengarkan lagu sedih juga akan lebih leluasa untuk mengungkapkan ekspresinya dengan melepaskan kesedihan yang ia rasakan. Tidak harus dengan sebuah tindakan negatif, tapi bisa dengan merenung dan kemudian meminta bantuan orang lain untuk menyemangatinya.

Mendewasakan diri

Selain mendorong seseorang untuk melakukan refleksi terhadap diri sendiri, lagu galau juga bisa membantu pendengarnya menggunakan penilaian positif untuk memecahkan masalah dan meningkatkan pendewasaan pribadi.

Lagu galau atau sedih bisa memengaruhi pendengarnya untuk keluar dari masalah atau kesulitan yang ia hadapi. Perasaan trauma atau sedih ketika mendengarkan lagu galau, akan mengingatkannya bahwa ia pernah menghadapi masalah yang lebih buruk dan nyatanya ia masih baik-baik saja.

Walaupun mendengarkan lagu galau memiliki dampak yang baik bagi kesehatan mental, namun tidak disarankan untuk mendengarkan lagu tersebut terlalu lama. Kalau sudah merasa lebih baik, segera dengarkan lagu-lagu yang lebih fun. Ini untuk menghindari rasa sedih yang berlarut-larut.

Pakar hubungan, Susan Winter, mengatakan bahwa mendengarkan lagu-lagu sedih seperti Someone Like You yang dinyanyikan oleh solois wanita asal Inggris, Adele bisa membantu seseorang untuk bangkit lagi.

“Lagu Adele menyadarkan bahwa cinta merupakan hadiah yang tak bertahan lama. Lirik lagunya juga berisi ungkapan terima kasih dan harapan agar mantan pasangannya berbahagia di kehidupan yang baru meskipun tanpanya,” tutur Winter.

Namun ia juga mengungkapkan bahwa ada hikmah dari kesedihan yang seseorang alami bisa membantu mereka lebih tenang dan lebih mudah beranjak ke babak baru. “Dengan mendengarkan lagu-lagu yang positif dan gembira, kebahagiaan pun akan meningkat,” imbuhnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho