Mengundang Bencana di Tanah Bencana

Ekspansi industri dan pembangunan infrastruktur di kawasan pesisir Kota Semarang hingga Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, menicayakan krisis lingkungan berupa tanah ambles dan banjir atau rob.

 Seorang pekerja pelabuhan melihat kondisi banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (24/5/2022). (Antara/Aji Styawan)

SOLOPOS.COM - Seorang pekerja pelabuhan melihat kondisi banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (24/5/2022). (Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, SOLO – Ekspansi industri dan pembangunan infrastruktur di kawasan pesisir Kota Semarang hingga Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, meniscayakan krisis lingkungan berupa tanah ambles dan banjir atau rob. Ekstraksi air tanah makin masif. Penurunan muka tanah kian besar.

Bosman Batubara, Henny Warsilah, Ivan Wagner, Syukron Salam, dan Koalisi Pesisir Semarang-Demak dalam kertas posisi berjudul Maleh Dadi Segoro: Krisis Sosial-Ekologis Kawasan Pesisir Semarang-Demak [ejaan baku bahasa Jawa seharusnya Malih Dadi Segara] yang diterbitkan Lintas Nalar pada 2020 menjelaskan tanpa mengekstraksi air tanah tidak mungkin kawasan-kawasan industri itu dikembangkan.

Espos Plus

Cerita di Balik Keunikan Yoni di Situs Watu Genuk Boyolali

+ PLUS Cerita di Balik Keunikan Yoni di Situs Watu Genuk Boyolali

Situs Watu Genuk di Dukuh Watu Genuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Boyolali yang diduga merupakan sebuah candi, memiliki yoni berhiaskan ragam ikononografi unik yang bercerita.

Espos Plus Lainnya

+ PLUS Mengenal Suku-Suku Pedalaman Penghuni 3 Provinsi Baru di Papua

Anim Ha, Meepago dan La Pago resmi menjadi nama provinsi baru di Papua. Tiga provinsi baru di Papua ini dihuni oleh banyak suku pedalaman yang memiliki kearifan lokal berbeda-beda.

+ PLUS Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

+ PLUS Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

Dua orang ahli dari Korea Selatan dan Thailand pernah didatangkan ke Mahkamah Konstitusi untuk memberikan penjelasan tentang penggunaan ganja untuk kepentingan medis di dua negara itu.

+ PLUS Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

Fenomena embun beku atau dikenal dengan sebutan embun upas mulai muncul di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang dikenal cantik tapi mematikan.

+ PLUS Mengayuh Sejarah Becak yang Lahir di Jepang sejak Restorasi Meiji

Di banyak negara berkembang di Asia dan Afrika, bahkan negara maju seperti di Jepang, becak masih menjadi sarana transportasi. Restorasi Meiji menjadi momentum sejarah lahirnya becak sebagai sarana transportasi di Jepang.

+ PLUS Hutan Berbasis Kaveling untuk Mitigasi Dampak Buruk Industrialisasi

Komunitas Jatiwangi art Factory yang berbasis di Desa Jatisura, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat pada pekan lalu meluncurkan Perusahaan Hutan Tanaraya atau Perhutana.

+ PLUS Tradisi Mondosiyo dan Legenda Prabu Boko Peminta Tumbal Manusia

Tradisi Mondosiyo di Lingkungan Pancot, Kelurahan Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, terkait erat dengan legenda Prabu Boko yang dikisahkan kerap meminta tumbal manusia untuk disantap.

+ PLUS Definisi Keberuntungan Tingkat Dewa Ala Pendaki Gunung Kerinci

Seekor kelinci belang sumatra (Nesolagus netscheri) yang terancam punah tiba-tiba menghampiri pendaki Gunung Kerinci. Momen istimewa itu pun diabadikan melalui sebuah video yang diunggah pendaki ke media sosial.

+ PLUS Kematian Pekerja Migran di Tahanan Imigrasi Sabah Terus Terjadi

Kasus kematian pekerja migran asal Indonesia di pusat tahanan imigrasi di Sabah, Malaysia, terus-menerus terjadi. Kondisi tidak manusiawi masih terus terjadi. Penghormatan terhadap harkat kemanusiaan buruh migran masih sering diabaikan.

+ PLUS Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.

+ PLUS Letusan Gunung Lawu, Merapi, dan Merbabu Timbun Lembah Sangiran

Formasi Kabuh di Lembah Sangiran terbentuk karena timbunan aktivitas vulkanik yang berlangsung dalam waktu panjang, terutama yang diakibatkan oleh letusan Gunung Lawu, Merapi, dan Merbabu. 

+ PLUS Farmakope Tertua Ungkap Ganja Dikategorikan Tanaman Obat Sejak 2700 SM

Dalam buku standar obat atau farmakope tertua di dunia yang bernama Pen-ts’ao Ching, ganja sudah dikategorikan sebagai tanaman obat pada 2700 SM.

+ PLUS Aliansi Nasional Reformasi KUHP Menolak Simplifikasi Hanya 14 Masalah

Aliansi Nasional Reformasi KUHP menolak simplifikasi Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) dengan hanya berhenti pada 14 persoalan krusial yang diinventarisasi pemerintah bersama DPR.

+ PLUS Sebelum Jadi Presiden, Pak Harto Bertapa di Empat Puncak Gunung Lawu

Sebelum menjabat sebagai Presiden Indonesia, Soeharto diketahui menjalani tirakat dan bertapa di sejumlah tempat di Jawa Tengah, salah satunya di empat puncak Gunung Lawu.

+ PLUS Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

Data Program Lingkungan PBB (UNEP) menyebut Indonesia menjadi negara yang paling banyak menghasilkan sampah makanan di Asia Tenggara yang setara dengan porsi makan 61 juta hingga 125 juta orang atau 29-47% populasi.

+ PLUS Investasi Yusuf Mansur: Berharap Berkah Berbuah Musibah?

Sebagian investasi Yusuf Mansur itu kini digugat ke pengadilan dan dilaporkan secara pidana ke kepolisian.

+ PLUS Perjalanan Berisiko Jokowi dan Para Pemimpin Dunia Demi Misi Damai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi kepala negara Asia pertama yang berkunjung ke Ukraina di tengah invasi Rusia. Sebelum Jokowi, sejumlah pemimpin negara lain di Eropa juga mempertaruhkan keselamatan mereka dengan berkunjung ke Ukraina.

+ PLUS Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

Singkong ternyata menjadi makanan utama para petapa pada zaman Majapahit karena menyehatkan dan mendukung laku hidup sederhana. Mengemuka dugaan singkong telah menjadi bagian tradisi petapa jauh sebelum masa Majapahit

+ PLUS 1,7 Juta Bayi Belum Imunisasi, Black Campaign Picu Kesenjangan Imunitas

Pada periode 2019-2021, Kementerian Kesehatan mencatat 1,7 juta bayi belum memperoleh imunisasi dasar. Black campaign antiimunisasi yang disampaikan terang-terangan melalui seminar maupun talkshow melahirkan kesenjangan imunitas di kalangan anak-anak.

+ PLUS Kilas Balik Teror Bom Ledakkan Patung Buddha dan Stupa Candi Borobudur

Sembilan dari 72 stupa yang di dalamnya terdapat patung Buddha di Candi Borobudur Magelang pernah menjadi sasaran teror bom yang diledakkan pada Senin, 21 Januari 1985.