Menguak Asal-Usul Mi Ayam yang Lekat dengan Wonogiri

 Ilustrasi mi ayam Wonogiri. (Pictagram)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mi ayam Wonogiri. (Pictagram)

Solopos.com, SOLO – Mi ayam merupakan salah satu makanan populer di Indonesia. Bukan hal sulit menemukan pedagang mi ayam. Mulai dari yang berkeliling dengan gerobak maupun warung makan khusus mi ayam. Nah, tahukah Anda darimana asal usul mi ayam?

Mi ayam paling populer di Indonesia diklaim berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah. Lihat saja, banyak pedagang mi ayam yang menyertakan Wonogiri sebagai label dagangannya. Dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (26/9/2019), mi ayam Wonogiri punya sejarah yang panjang di dunia kuliner Indonesia.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Konon, mi ayam merupakan makanan sehari-hari masyarakat Wonogiri zaman dulu. Sebagai lokasi perdagangan, banyak warga Wonogiri yang menjajakan mi ayam hasil modifikasi dari masakan China.

Seperti diketahui, mi berasal dari Negeri Tirai Bambu yang tersebar ke penjuru dunia lewat masyarakatnya yang merantau sebagai pedagang. Olahan mi khas masyarakat China biasanya diberi campuran minyak serta daging babi.

Tapi, pada perkembangannya olahan mi dimodifikasi sesuai selera masyarakat lokal. Seperti di Indonesia misalnya yang mengganti daging babi dengan ayam.

Mi ayam khas Woogiri berupa mi rebus yang disajikan bersama semur ayam, sawi, dan daun bawang. Mi ayam bisa disajikan berkuah atau kering.

Rahasia kelezatannya terletak pada racikan minyak ayam yang dibuat dari minyak kelapa, jahe, lada, ketumbar, kulit ayam, dan bawang putih.

Semur yang dipakai sebagai pelengkap mi ayam juga punya rasa yang lezat. Masakan ini terbuat dari daging ayam dipotong kecil yang dibumbui dengan kemiri, bawang putih, gula merah, kecap, serai, bawang merah, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas.

Jadi, rasa mi ayam Wonogiri cenderung manis dan gurih. Berbeda dengan rasa mi ayam China yang lebih gurih dan asin.

Sebagai pelengkap, mi ayam Wonogiri diberi topping acar, kepala ayam, serta cakar yang dibumbu manis. Seporsi mi ayam Wonogiri dijual sekitar Rp7.000 hingga Rp15.000 bergantung topping-nya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kasus Ferdy Sambo Disorot Media Malaysia, Singapura dan Australia

      Media dari Singapura, Malaysia dan Australia mengulas berita penetapan Ferdy Sambo sebagai tersangka pembunuhan berencana terhadap anak buahnya, Brigadir J.

      Jaksa Yakin Hakim Bakal Hukum Motivator Julianto Eka Putra

      Terdakwa Julianto Eka Putra telah dituntut 15 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU).

      Prediksi Pelatih Indonesia dan Juru Taktik Myanmar Terbukti, Apa Itu?

      Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah mengalahkan Myamnar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/2022) malam WIB.

      Jelang Final Piala AFF U-16: Ingat, Indonesia Pernah Kalahkan Vietnam

      Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, menyatakan banyak peluang yang didapat timnya tak bisa menjadi gol dan hal itu diharapkan tak terulang saat menghadapi Vietnam di final.

      Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

      Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah membeli belasan tiket justru tidak hadir saat konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan, Solo.

      Lagu Hanya Satu Persinggahan Versi Indah Yastami Bikin Sedih

      Lirik lagu Hanya Satu Persinggahan dari Iklim versi Indah Yastami viral di Tiktok dan pernah Trending di Youtube .

      2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

      Grup band rock asal Amerika Serikat, Dream Theater, suskes menghibur para penggemarnya dalam konser di area parkir Stadiona Manahan Solo selama dua jam tanpa jeda.

      Konflik Rusia Sebabkan Harga Pupuk di Sukoharjo Naik, Kok Bisa?

      Harga pupuk nonsubsidi di sejumlah daerah fluktuatif karena bahan baku yakni salah satunya fosfat harus diimpor dari Rusia.

      Begini Strategi Bima Sakti Bongkar Parkir Bus Myanmar di Piala AFF U-16

      Bima Sakti menyebut Myanmar menerapkan strategi parkir bus di lini pertahanan mereka sehingga pemain Indonesia cukup kesulitan mencetak gol di babak pertama.

      David Bayu Naif Siap Rilis Album Solo

      Album yang berisi delapan lagu ini, sudah digarap oleh David Naif sejak dua tahun yang lalu.

      Dream Theater Konser di Solo, Pengendara Motor Berhenti untuk Menikmati

      Warga dan pengendara motor berbondong-bondong datang dan berhenti sekadar untuk menikmati cahaya lampu dan suara konser Dream Theater dari luar Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022) malam.

      SDN 1 Delegan Sleman Terbakar, KBM Bakal Dilakukan Sistem Shift

      Kegiatan belajar mengajar (KBM) di SDN 1 Delegan, Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, dilakukan dengan sistem shift pasca kebakaran terjadi.

      Waspada! 7 Bulan, 207 Warga Madiun Terjangkit DBD, 2 Orang Meninggal

      Selama bulan Januari hingga Juli 2022 ada 207 orang di Kabupaten Madiun yang terjangkit demam berdarah dengue (DBD).

      Zeekr 009 Mobil Listrik dari China, Bentuknya Mirip Alphard

      Produsen mobil di China, Zeekr yang segera memperkenaklan mobil listriknya. Yang menarik produk dengan kode 009 tersebut modelnya mirip MPV mewah.

      Banjir Hadiah, Petani Sukoharjo Serbu ODP Pupuk Petrokimia Gresik

      Bersamaan dengan ulang tahun ke-50, PT Petrokimia Gresik menggelar program promosi pupuk yakni one day promotion (ODP) serentak di 50 kios yang tersebar di 19 provinsi, Rabu (10/8/2022).

      Pengacara Sebut Asmara Polwan dan Ferdy Sambo, Benarkah Rita Yuliana?

      Pada pertengahan Juli lalu nama AKP Rita Yuliana viral di media sosial karena dikaitkan dengan kasus tewasnya Brigadir J.