SOLOPOS.COM - Ilustrasi mi ayam Wonogiri. (Pictagram)

Solopos.com, SOLO – Mi ayam merupakan salah satu makanan populer di Indonesia. Bukan hal sulit menemukan pedagang mi ayam. Mulai dari yang berkeliling dengan gerobak maupun warung makan khusus mi ayam. Nah, tahukah Anda darimana asal usul mi ayam?

Mi ayam paling populer di Indonesia diklaim berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah. Lihat saja, banyak pedagang mi ayam yang menyertakan Wonogiri sebagai label dagangannya. Dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (26/9/2019), mi ayam Wonogiri punya sejarah yang panjang di dunia kuliner Indonesia.

Promosi Pegadaian Area Surabaya 2 Gelar Festival Ramadan 2024 di 2 Lokasi

Konon, mi ayam merupakan makanan sehari-hari masyarakat Wonogiri zaman dulu. Sebagai lokasi perdagangan, banyak warga Wonogiri yang menjajakan mi ayam hasil modifikasi dari masakan China.

Seperti diketahui, mi berasal dari Negeri Tirai Bambu yang tersebar ke penjuru dunia lewat masyarakatnya yang merantau sebagai pedagang. Olahan mi khas masyarakat China biasanya diberi campuran minyak serta daging babi.

Tapi, pada perkembangannya olahan mi dimodifikasi sesuai selera masyarakat lokal. Seperti di Indonesia misalnya yang mengganti daging babi dengan ayam.

Mi ayam khas Woogiri berupa mi rebus yang disajikan bersama semur ayam, sawi, dan daun bawang. Mi ayam bisa disajikan berkuah atau kering.

Rahasia kelezatannya terletak pada racikan minyak ayam yang dibuat dari minyak kelapa, jahe, lada, ketumbar, kulit ayam, dan bawang putih.

Semur yang dipakai sebagai pelengkap mi ayam juga punya rasa yang lezat. Masakan ini terbuat dari daging ayam dipotong kecil yang dibumbui dengan kemiri, bawang putih, gula merah, kecap, serai, bawang merah, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas.

Jadi, rasa mi ayam Wonogiri cenderung manis dan gurih. Berbeda dengan rasa mi ayam China yang lebih gurih dan asin.

Sebagai pelengkap, mi ayam Wonogiri diberi topping acar, kepala ayam, serta cakar yang dibumbu manis. Seporsi mi ayam Wonogiri dijual sekitar Rp7.000 hingga Rp15.000 bergantung topping-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya