SOLOPOS.COM - Mengkudu (purplebrown.com)

Mengkudu (purplebrown.com)

Mengkudu kaya akan zat aktif yang berkhasiat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit. Wajar jika buah ini dikatakan sebagai herbal multikhasiat.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Buah yang memiliki bau menyengat ini, secara umum berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan rasa sakit, menormalkan tekanan darah tinggi, mengobati kanker, tumor, diabetes, asma, demam, gangguan saluran pernafasan, disentri, dan juga obesitas. Marketing toko  Grosir Herbal, Hafidzullah Amin menjelaskan, berbagai manfaat bisa didapatkan dari mengkudu karena buah ini mengandung senyawa kimia yang bermanfaat untuk mengobati bermacam-macam penyakit.

Di antaranya kandungan scopoletin dalam mengkudu bermanfaat sebagai penghilang rasa sakit. Zat tersebut juga memperlebar pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, antialergi, dan antiradang. Senyawa lainnya yakni morindin dan morindon yang bermanfaat sebagai antibakteri, sedangkan karotin bermanfaat sebagai sumber vitamin A.

“Mengkudu juga dapat dikatakan sebagai antikanker. Hal ini dikarenakan buah mengkudu memiliki aktivitas adaptogen yang merangsang sistem imun dan melibatkan makrofag atau limfosit sehigga fungsi sel yang abnormal dikembalikan menjadi normal,” jelasnya saat ditemui Harian Jogja, di Jl. Purwodiningratan, NG1/914, Jogja, Selasa (21/2).

Senyawa antikanker yang terkandung dalam mengkudu adalah damnachantal. Selain sebagai antikanker damnachantal juga berfungsi sebagai antiseptik dan antibakteri. Selain itu, mengkudu juga bersifat antiangiogenesis  yakni menghambat pembentukan pembuluh darah baru pada sel kanker.

Mengkudu juga kaya akan xeronine dan proxeronine. Proxeronine merupakan bahan baku utama pembentuk xeronine. Xeronine inilah yang berfungsi sebagai regulator gula darah dan membantu kerja insulin. Dengan dasar inilah manfaat mengkudu bisa juga digunakan mengatasi diabetes.

Begitu banyaknya manfaat mengkudu sehingga mengkudu baik untuk dikonsumsi secara rutin, untuk pencegahan maupun pengobatan. Namun karena baunya yang menyengat, sehingga banyak orang yang tidak suka untuk mengkonsumsinya. Kini  telah banyak diproduksi beberapa produk kapsul dari buah mengkudu. Salah satunya yakni Kapsul Mengkudu Herbal Indo Utama.

“Herbal ini telah diproses secara higienis dan tanpa efek samping, sehingga dapat dikonsumsi sesuai dosis yang telah dianjurkan. Selain itu, untuk mempercepat penyembuhan dapat melakukan pola hidup sehat dengan mengonsumsi buah dan sayur,” pungkasnya.(JIBI/Harian Jogja/Kharisma Ayu Febriana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya