SOLOPOS.COM - ilustrasi rapid test (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota Solo menggelar pengecekan cepat atau rapid test di beberapa pasar tradisional di Kota Solo pada Sabtu (30/5/2020). Hasilnya, 13 orang dinyatakan reaktif rapid test Covid-19.

Sebanyak 13 orang itu mayoritas adalah pedagang pasar. Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu, memerinci hasil 13 orang reaktif itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka adalah enam orang di Pasar Kadipolo dan Pasar Kembang, tiga orang dari Pasar Legi, dan lima orang berasal dari Pasar Gede.

Mau Gelar Pernikahan di Rumah Ibadah? Cek Dulu Persyaratannya

"Ada yang merupakan warga Kota Solo, juga ada Soloraya atau luar Kota Solo. Mayoritas pedagang pasar. Segera kami evaluasi. Semoga hasil swab-nya negatif," papar Siti.

Dia menambahkan pelaksanaan rapid test sengaja menyasar saat pasar ramai pada sebelum Lebaran dan setelah Lebaran. Menurutnya, apabila saat Lebaran langsung pengecekan rapid test, hasilnya belum tentu menggambarkan kondisi pasar yang sebenarnya.

13 Orang Reaktif akan Jalani Tes Swab

Tiga belas orang yang reaktif rapid test itu bakal menjalani tes swab. Pemerintah Kota Solo akan menghubungi mereka untuk segera melaksanakan karantina mandiri.

102 Kabupaten/Kota Zona Hijau Covid-19 Segera Terapkan New Normal, Jateng Cuma Tegal

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Perdagangan untuk menghubungi langsung agar segera karantina mandiri. Pekan depan ada lagi pasar yang akan kami cek bersama Satpol PP," ujar dia.

Merespons hasil reaktif rapid test itu, DKK Solo saat ini menganalisis faktor apa saja yang berpotensi menyebabkan penularan virus di pasar tradisional. Dia menyoroti sejumlah pedagang tidak serius menerapkan protokol kesehatan.

"Ada pedagang pasar yang saya temui memang memakai masker tapi memakainya tidak benar. Ada juga yang memakai masker tapi maskernya tipis sekali, minimal ya tiga lapis," ujar dia.

Tak Sampai Semenit, 5 Residivis Pelaku Curanmor di Wonogiri Gondol Motor Incaran

Dia mengakui belum seluruh pedagang atau pengunjung pasar sadar penerapan protokol kesehatan. Menurutnya, perlu pengawasan khusus. "Harus ada paksaan dulu terkait penerapan protokol kesehatan. Memang harus dipaksa agar menjadi kebiasaan," imbuh dia.

Kesadaran pedagang untuk saling mengingatkan sesama pedagang atau pembeli, terkait pencegahan Covid-19, juga harus ditingkatkan. Kesadaran itu termasuk penerapan protokol kesehatan lainnya, seperti mencuci tangan serta menjaga jarak.

Siti menambahkan pasar-pasar tradisional yang sudah menjadi sasaran rapid test tidak menutup kemungkinan akan ada pengecekan kembali. Hal tersebut untuk memastikan tidak ada peluang penularan Covid-19 di pasar tradisional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya