SOLOPOS.COM - RS Columbia Asia Semarang

Solopos.com, SEMARANG — Jantung dan pembuluh darah merupakan organ dan jaringan vital bagi kehidupan. Gangguan terhadap dua organ itu bisa menimbulkan penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

Penyakit kardiovaskular ini dapat menyebabkan kematian, seperti penyakit jantung koroner. Rumah Sakit atau RS Columbia Asia Semarang memiliki layanan Cardiac Center sejak 2016 yang khusus untuk menangani pasien dengan persoalan kardiovaskular.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang merupakan layanan kesehatan yang disediakan untuk pasien atau siapapun yang memiliki faktor risiko penyakit jantung.

Pelayanan diberikan secara khusus kepada pasien yang sedang dalam perawatan, pasien yang akan melakukan tindakan diagnostik dan tindakan intervensi jantung, serta pasien yang dalam pemulihan akibat penyakit jantung.

Medical Service Manager RS Columbia Asia Semarang, dr. I Ketut Adi Nugraha Susila, menjelaskan sebagai tempat yang menyediakan layanan untuk mencegah, mendiagnosis dan mengobati penyakit jantung, RS Columbia Asia Semarang memiliki 2 dokter spesialis jantung, yaitu dr. Ferry Christian, Sp.JP, FIHA dan dr. Ignatius Faizal Yuwono, Sp.JP.

Baca Juga: Potensi Wisata Kesehatan Dipamerkan, Tidak Perlu Lagi ke Luar Negeri

“Kedua dokter tersebut dapat melakukan pemeriksaan diagnostik jantung dan beberapa tindakan cardiac seperti tindakan pemasangan temporary or permanent pacemaker, yakni alat medis yang ditanam dalam tubuh di bawah kulit atau otot dada kanan atau kiri, yang berfungsi memacu jantung berkontraksi hingga berdetak dengan normal,” kata dia.

“Lalu tindakan pulmonary artery catheterization atau PAC, yakni prosedur kateterisasi jantung yang bertujuan untuk diagnostik [melihat ada tidaknya sumbatan, gangguan struktur dan atau fungsi pada pembuluh darah jantung],” lanjut dia.

Kemudian ada tindakan percutaneous coronary intervention atau PCI, yakni prosedur intervensi nonbedah dengan bantuan kateterisasi jantung yang bertujuan melebarkan atau membuka pembuluh darah koroner yang menyempit dengan balon dan atau stent, atau orang awam sering menyebut pemasangan ring jantung.

“Prosedur PCI tersebut dikerjakan oleh dr Ferry Christian, Sp.JP, FIHA. Tindakan katerisasi jantung dianjurkan untuk pasien dengan serangan jantung, pasien dengan gejala nyeri dada atau istilah medis angina pectoris, pasien yang memiliki faktor risiko penyakit jantung yang tidak terkontrol meskipun sudah mengubah gaya hidup dan berobat secara teratur,” tutur Adi.

Baca Juga: Hati-Hati, Berlari Berlebihan Memicu Serangan Jantung

General Manager RS Columbia Asia Semarang, Martheas Mulyawan, juga mengungkapkan Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang akan terus berkembang dan memiliki paket-paket pemeriksaan.

Paket pemeriksaan di RS Columbia Asia dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Solo dengan jarak tempuh hanya 1 jam melalui tol. Paket-paket yang saat ini sedang berjalan seperti Paket Treadmill Stress Test, EKG, Echocardiography dan Calcium Score.

Paket-paket tersebut tersedia dengan harga mulai dari Rp290.000 . Selain itu, ada paket pemasangan ring jantung atau PCI seharga Rp.42 juta dimana harga sudah termasuk biaya pemasangan satu ring jantung.

“Saya berharap dengan adanya paket-paket ini menambah antusias warga Solo untuk memeriksakan kesehatan jantungnya di RS Columbia Asia Semarang,” kata Martheas.

RS Columbia Asia Semarang
RS Columbia Asia Semarang

Direktur RS Columbia Asia Semarang, dr. Siska Sindhuatmadja, MM, juga menambahkan selain tenaga medis yang ahli dalam bidangnya dan paket-paket yang dapat dimanfaatkan oleh warga Solo ketika berkunjung ke Semarang, Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang juga memiliki keunggulan seperti fasilitas cathlab standar internasional.

Baca Juga: Ini Perbedaan Sesak Napas Karena Mag atau Serangan Jantung

Termasuk juga dokter spesialis yang berpengalaman lebih dari delapan tahun dalam melakukan tindakan kataterisasi, hingga pemasangan ring dengan jumlah lebih dari 2.000 kasus, pengobatan menyeluruh yaitu konsultasi, tindakan secara online ataupun langsung dan pemulihan paska operasi, dan full timer cardiologist yang standby 24 jam.

“Ini akan membantu warga Solo dan sekitarnya dapat merasa nyaman dan tidak perlu khawatir untuk memeriksakan jantung ke RS Columbia Asia Semarang,” tutur Siska.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya