Mengintip Layanan & Fasilitas Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang

Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang memiliki layanan untuk penyakit jantung yang lengkap dan fasilitas cathlab standar internasional.

 RS Columbia Asia Semarang

SOLOPOS.COM - RS Columbia Asia Semarang

Solopos.com, SEMARANG — Jantung dan pembuluh darah merupakan organ dan jaringan vital bagi kehidupan. Gangguan terhadap dua organ itu bisa menimbulkan penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

Penyakit kardiovaskular ini dapat menyebabkan kematian, seperti penyakit jantung koroner. Rumah Sakit atau RS Columbia Asia Semarang memiliki layanan Cardiac Center sejak 2016 yang khusus untuk menangani pasien dengan persoalan kardiovaskular.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang merupakan layanan kesehatan yang disediakan untuk pasien atau siapapun yang memiliki faktor risiko penyakit jantung.

Pelayanan diberikan secara khusus kepada pasien yang sedang dalam perawatan, pasien yang akan melakukan tindakan diagnostik dan tindakan intervensi jantung, serta pasien yang dalam pemulihan akibat penyakit jantung.

Medical Service Manager RS Columbia Asia Semarang, dr. I Ketut Adi Nugraha Susila, menjelaskan sebagai tempat yang menyediakan layanan untuk mencegah, mendiagnosis dan mengobati penyakit jantung, RS Columbia Asia Semarang memiliki 2 dokter spesialis jantung, yaitu dr. Ferry Christian, Sp.JP, FIHA dan dr. Ignatius Faizal Yuwono, Sp.JP.

Baca Juga: Potensi Wisata Kesehatan Dipamerkan, Tidak Perlu Lagi ke Luar Negeri

“Kedua dokter tersebut dapat melakukan pemeriksaan diagnostik jantung dan beberapa tindakan cardiac seperti tindakan pemasangan temporary or permanent pacemaker, yakni alat medis yang ditanam dalam tubuh di bawah kulit atau otot dada kanan atau kiri, yang berfungsi memacu jantung berkontraksi hingga berdetak dengan normal,” kata dia.

“Lalu tindakan pulmonary artery catheterization atau PAC, yakni prosedur kateterisasi jantung yang bertujuan untuk diagnostik [melihat ada tidaknya sumbatan, gangguan struktur dan atau fungsi pada pembuluh darah jantung],” lanjut dia.

Kemudian ada tindakan percutaneous coronary intervention atau PCI, yakni prosedur intervensi nonbedah dengan bantuan kateterisasi jantung yang bertujuan melebarkan atau membuka pembuluh darah koroner yang menyempit dengan balon dan atau stent, atau orang awam sering menyebut pemasangan ring jantung.

“Prosedur PCI tersebut dikerjakan oleh dr Ferry Christian, Sp.JP, FIHA. Tindakan katerisasi jantung dianjurkan untuk pasien dengan serangan jantung, pasien dengan gejala nyeri dada atau istilah medis angina pectoris, pasien yang memiliki faktor risiko penyakit jantung yang tidak terkontrol meskipun sudah mengubah gaya hidup dan berobat secara teratur,” tutur Adi.

Baca Juga: Hati-Hati, Berlari Berlebihan Memicu Serangan Jantung

General Manager RS Columbia Asia Semarang, Martheas Mulyawan, juga mengungkapkan Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang akan terus berkembang dan memiliki paket-paket pemeriksaan.

Paket pemeriksaan di RS Columbia Asia dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Solo dengan jarak tempuh hanya 1 jam melalui tol. Paket-paket yang saat ini sedang berjalan seperti Paket Treadmill Stress Test, EKG, Echocardiography dan Calcium Score.

Paket-paket tersebut tersedia dengan harga mulai dari Rp290.000 . Selain itu, ada paket pemasangan ring jantung atau PCI seharga Rp.42 juta dimana harga sudah termasuk biaya pemasangan satu ring jantung.

“Saya berharap dengan adanya paket-paket ini menambah antusias warga Solo untuk memeriksakan kesehatan jantungnya di RS Columbia Asia Semarang,” kata Martheas.

RS Columbia Asia Semarang
RS Columbia Asia Semarang

Direktur RS Columbia Asia Semarang, dr. Siska Sindhuatmadja, MM, juga menambahkan selain tenaga medis yang ahli dalam bidangnya dan paket-paket yang dapat dimanfaatkan oleh warga Solo ketika berkunjung ke Semarang, Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang juga memiliki keunggulan seperti fasilitas cathlab standar internasional.

Baca Juga: Ini Perbedaan Sesak Napas Karena Mag atau Serangan Jantung

Termasuk juga dokter spesialis yang berpengalaman lebih dari delapan tahun dalam melakukan tindakan kataterisasi, hingga pemasangan ring dengan jumlah lebih dari 2.000 kasus, pengobatan menyeluruh yaitu konsultasi, tindakan secara online ataupun langsung dan pemulihan paska operasi, dan full timer cardiologist yang standby 24 jam.

“Ini akan membantu warga Solo dan sekitarnya dapat merasa nyaman dan tidak perlu khawatir untuk memeriksakan jantung ke RS Columbia Asia Semarang,” tutur Siska.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Joko Tingkir Batal Dinyanyikan Farel Prayoga, Inikah Penyebabnya?

      Banyak warganet membahas apa penyebab lagu Joko Tingkir batal dinyanyikan Farel Prayoga?

      Farel Prayoga Nyanyi Ojo Dibandingke di Istana, Pejabat-Artis Joget

      Penampilan Farel Prayoga menyanyikan lagu Ojo Dibandingke di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022) membuat pejabat hingga para artis berjoget.

      Tanda-tanda Kiamat Kecil dan Besar, Salah Satunya Kerusakan di Bumi?

      Kiamat merupakan kejadian yang menjadi tanda berakhirnya kehidupan.

      Warganet Kecewa Kasus Pencurian Cokelat di Alfamart Berakhir Damai

      Warganet mengungkapkan kekecewaan mereka atas akhir kasus pencurian cokelat yang berujung intimidasi pegawai minimarket Alfamart berakhir damai.

      Pencuri Cokelat di Alfamart Minta Maaf, Warganet: Kok Diwakili Anaknya?

      Bukan hanya Mariana pencuri cokelat Alfamart yang minta maaf, pengacaranya juga melakukan hal sama.

      Apa Itu Klepto, Berbeda dengan Mencuri?

      Sempat viral di media sosial, termasuk Twitter, apa itu klepto dan apakah berbeda dengan mencuri?

      Contoh Teks Doa Upacara 17 Agustus 2022 dalam Rangka HUT ke-77 RI

      Berikut ini terdapat contoh teks doa yang bisa dibaca saat upacara 17 Agustus 2022 dalam rangka HUT ke-77 RI.

      Mengenal Observatorium Bosscha, Gedung yang Muncul di Pengabdi Setan 2

      Ihwal disorotnya gedung Observatorium Bosscha sendiri karena muncul di awal film Pengabdi Setan 2.

      Arti Mimpi Menikah Lagi dengan Suami, Pertanda Baik atau Buruk?

      Berikut ini arti mimpi menikah lagi dengan suami menurut Primbon Jawa.

      Viral Pegawai Alfamart Dipaksa Minta Maaf, Begini Komentar Warganet

      Sebuah video memperlihatkan pegawai Alfamart dipaksa minta maaf viral di media sosial.

      Doa Sujud Syukur dan Artinya, Lengkap dengan Tata Caranya

      Berikut terdapat doa yang dibaca saat sujud syukur yang dilengkapi dengan arti dan tata caranya.

      Ini Alasan Perlu Batasi Konsumsi Daging Merah

      Ada dua alasan mengapa orang disarankan untuk batasi makan daging merah.

      Penyebab Seseorang Lebih Sering Digigit Nyamuk Dibandingkan Orang Lain

      Lantas apa penyebab ada beberapa orang lebih sering digigit nyamuk dibandingkan orang lain?

      Arti Mimpi Gigi Patah, Pertanda bakal Kehilangan Seseorang?

      Arti mimpi gigi patah sering dikaitkan sebagai pertanda bakal kehilangan orang yang kita sayangi, benarkah?

      Berapa Ukuran Normal Mr P saat Ereksi? Simak Penjelasannya

      Daripada merisaukan berapa ukuran normal Mr P saat ereksi, kaum pria sebaiknya fokus menjaga kesehatan organ reproduksi mereka itu.

      Beda Kecap Asin dan Kecap Ikan untuk Makanan, Jangan Tertukar ya!

      Agar tidak salah, ketahui beda kecap asin dan kecap ikan.