Menghadirkan Semangat Sekaten, Pemkot Jogja Gelar Sekati YK Ing Mall

Apabila Sekaten merupakan agenda yang banyak berisi tentang tradisi budaya, Sekati YK Ing Mall lebih menonjolkan ekonomi kreatif dan pariwisata.

 ilustrasi mal atau pusat perbelanjaan (freepik)

SOLOPOS.COM - ilustrasi mal atau pusat perbelanjaan (freepik)

Solopos.com, JOGJA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mengambil semangat Sekaten melalui Sekati YK Ing Mall. Apabila Sekaten merupakan agenda yang banyak berisi tentang tradisi budaya, Sekati YK Ing Mall lebih menonjolkan ekonomi kreatif dan pariwisata.

Secara penjelasan, Sekati berarti gamelan. Namun gamelan di sini lebih kepada produk dari ekonomi kreatif. YK merupakan city branding baru dari Jogja. Sementara tempat mal sebagai cara penerapan protokol kesehatan. Di mal sudah terpasang QR Code Peduli Lindungi untuk pengecekan pengunjung.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (DisperinkopUKM) Kota Jogja, Tri Karyadi Riyanto, akan ada banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat termasuk Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, dan lainnya.

Baca Juga: Kesenian dan Ekraf Dukung Pemulihan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja

“Spiritnya untuk meningkatkan ekonomi lokal. Dikemas menjadi suatu wisata, maka OPD seperti Dinas Pariwisata terlibat. Ini sinergitas antar OPD, sesuai dengan kapasitas masing-masing,” kata Tri dalam pumpa pers di Kompleks Balai Kota Jogja, Selasa (12/10/2021) seperti dilansir Harian Jogja.

Sekati YK Ing Mall yang berlangsung dari 13-17 Oktober bertempat di tiga mal yaitu Malioboro Mal, Galeria Mal, dan Lippo Plaza Mal. Ada 70 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang tersebar di tiga mal tersebut. Selain pameran, adapula kegiatan seperti fashion show, talkshow, sampai pertunjukan tari.

“Kami ingin membuat acara yang sesederhana mungkin tapi menarik,” kata Tri.

Baca Juga: Pameran Mobil Offline Mulai Digelar di Jogja, Bagaimana Respons Pasar?

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Jogja, Kadri Renggoni mengatakan apabila kegiatan ini akan berlangsung rutin setahun sekali. Tahun ini merupakan penanda dimulainya agenda rutin Sekati YK Ing Mall.

“Kegiatan awal sebagai penanda event di tahun-tahun berikutnya,” kata Kadri. “Pesertanya mencerminkan UKM yang ada di Jogja. Semoga acara penanda ini sukses dan dinanti oleh masyarakat di tahun-tahun berikutnya.”

Meski Sekati YK Ing Mall mengambil semangat Sekaten, bukan berarti kemudian menggantikannya. Sekaten dengan segala prosesinya tetap terlaksana di lingkungan Kraton Jogja.

Berita Terkait

Berita Terkini

Alasan Bank BJB Optimistis Tatap 2022 Lebih Cerah

Bank BJB pada 2021 telah melakukan berbagai inovasi dan pengembangan digitalisasi sehongga berdampak pada pendapatan fee based income yang naik signifikan.

250 Juta Liter Digelontor, Minyak Goreng Satu Harga Rp14.000 Mulai Besok

Pemberlakuan kebijakan satu harga untuk minyak goreng Rp14.000,00 per liter akan dimulai Rabu, 19 Januari 2022 pukul 00.00 WIB di seluruh Indonesia.

Citranet Gelar Lomba Bikin Maskot Berhadiah Rp12 Juta, Buruan Ikut!

PT Jembatan Citra Nusantara (Citranet) menggelar lomba atau kontes cipta maskot dengan hadiah total mencapai Rp12 juta.

Mengintip Inovasi Layanan Baru Gojek di 2022

Masuki tahun 2022, Gojek fokus pada dua aspek inovasi yaitu keandalan layanan dan integrasi antarlayanan transportasi.

Respons Cepat PLN Pulihkan Gangguan Listrik Akibat Cuaca di Semarang

PLN berhasil memulihkan aliran listrik pasca terjadinya hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Semarang pada Senin (17/1/2022) siang.

BRI Beri Penghargaan Mitra Bisnis dengan Solusi IT Terbaik bagi Nasabah

Sebagai salah satu Banking Group terbesar di Indonesia, BRI telah bermitra dengan 142 partner atau mitra dalam penyediaan solusi TI untuk menunjang bisnis BRI.

Aplikasi Akuntansi, Solusi Pembukuan Makin Mudah dan Tepat

Akuntansi berbasis web atau aplikasi akuntansi akan menghilangkan kebutuhan untuk instalasi, upgrade, pertukaran file data, backup, dan pemulihan data.

Emas Antam Turun! Cek Yuk Harga Emas Pegadaian Selasa 18 Januari 2022

Pergerakan harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Selasa (18/1/2022) ini terlihat naik untuk emas UBS dan turun untuk cetakan Antam.

Webinar Gratis Ini Kasih Hadiah Rp300.000, Kalian Wajib Ikut!

Webinar gratis bertajuk Tips Tulang Sehat Untuk Pasien Autoimun yang dipersembahkan Rumah Sakit Indriati berhadiah total Rp300.000.

Tanpa Ribet, Begini Cara Mengajukan KPR Bersubdisi di BTN Terbaru

Bank BTN membuka peluang bagi masyarakat untuk mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dengan cepat dan mudah melalui program KPR BTN Bersubsidi.

Jokowi Izinkan MotoGP Mandalika Disaksikan 100.000 Penonton

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui penambahan jumlah penonton MotoGP 2022 seri-2 pada 18 - 20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

The Sunan Hotel Solo Gelar Capacity Building Hotelier, Ini Tujuannya

The Sunan Hotel Solo menilai pelatihan terkait service excellence dan motivasi hotelier perlu dilakukan secara berkala dan dilaksanakan secara tepat waktu.

BRI Liga 1 Digelar di Bali, Omzet UMKM Naik Berlipat-Lipat

BRI Liga 1 turut membantu bangkitnya sektor pariwisata Bali, termasuk terisinya hotel-hotel dengan kehadiran tim BRI Liga 1.

BRI Gencar Sosialisasi Program Pengungkapan Sukarela, Ini Tujuannya

Sosialisasi Program Pengungkapan Sukarela adalah wujud loyalty BRI kepada nasabah setia dengan memberikan edukasi dan pemahaman mengenai PPS.

Mendorong Transformasi Digital dalam Teknologi Industri Kesehatan

Dalam rangka meningkatkan daya saing Indonesia dalam sektor industri, Pemerintah juga mendorong transformasi berbasis digital untuk menopang perkembangan industri kesehatan.