Mengenang Kerusuhan Mei 1998 di Solo, Ratusan Toko Dibakar Massa

Tepat 24 tahun lalu pada hari ini, 14 Mei 1998, ratusan toko, kendaraan, dan fasilitas umum di Solo dibakar massa hingga membuat Kota Bengawan hancur, luluh lantak akibat aksi kerusuhan yang pecah berbarengan dengan gaung reformasi.

 Coretan pro tokoh reformasi di gapura masuk sebuah gang di Kawasan Sriwedari, Jumat, 15 Mei 1998. (Dok/Solopos)

SOLOPOS.COM - Coretan pro tokoh reformasi di gapura masuk sebuah gang di Kawasan Sriwedari, Jumat, 15 Mei 1998. (Dok/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Tepat 24 tahun lalu pada hari ini, 14 Mei 1998, ratusan toko, kendaraan, dan fasilitas umum di Solo dibakar massa hingga membuat Kota Bengawan hancur, luluh lantak akibat aksi kerusuhan yang pecah berbarengan dengan gaung reformasi.

Solopos mengabadikan rentetan peristiwa yang tak hanya berlangsung sehari itu dalam Rekaman Lensa Peristiwa Mei 1998 di Solo yang cetak kali pertama pada Juli 1998. Dalam buku itu tergambar kronologi yang mengawali tragedi Mei kelabu hingga menorehkan catatan sejarah di Indonesia.  Informasi dalam buku tersebut dihimpun dari laporan reporter Harian Umum Solopos yang berada di lokasi kejadian. Berikut catatannya.

Espos Plus

Fakta Tak Sehijau Kata-Kata, Greenwashing Jadi Arus Besar Perbankan

+ PLUS Fakta Tak Sehijau Kata-Kata, Greenwashing Jadi Arus Besar Perbankan

Lembaga keuangan nasional dan global masih berdiri dua kaki. Membiayai sektor energi kotor dan perusak lingkungan sekaligus membiayai sektor energi bersih. Komitmen green financing belum optimal, justru greenwashing yang menguat.

Terpopuler Hari Ini

+ PLUS Tak Hanya Banjarnegara, Harimau Jawa Pernah Terlihat di Hutan Wonogiri 

Bukan hanya di Banjarnegara, seorang warga bernama Heri Kustiono dikatakan melihat harimau Jawa di Gua Resik, Gunung Resik, Pegunungan Seribu, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri pada April 1994, kemudian pada 2010, warga sekitar Gunung Kotak, Kecamatan Kismantoro juga melaporkan hal yang sama.

Kronologi Bentrok Antar Perguruan Silat di Madiun, Pecah di 2 Titik

Bentrokan antar kelompok perguruan silat terjadi di Jl. Yos Sudarso, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur, Minggu (22/5/2022) sore.

Transaksi Miras Di Bawah Flyover Purwosari Solo, Warga Wonogiri Diciduk

Tim Sparta Polresta Solo menciduk seorang pemuda asal Wonogiri yang tertangkap basah tengah transaksi miras jenis ciu di bawah flyover Purwosari.

Terindikasi Ngepruk Tarif Parkir, Jukir CFD Dipanggil Dishub Solo

Dishub Solo memastikan akan memanggil para juru parkir kendaraan pengunjung CFD agar tidak menarik tarif melebihi batas ketentuan dalam perda.

Ini Daftar SMA Terbaik di Wonogiri

Sebanyak lima SMA di Wonogiri tergolong terbaik di wilayah setempat.

Bukan Cuma Download, Nonton Bokep Saja Bisa Dipenjara Loh!

Undang-Undang Pornografi menyebut menonton video bokep juga termasuk perbuatan melanggar hukum.

Atasi Persebaya 2-1, Persis Solo Nodai Hari Jadi ke-729 Surabaya

Samsul Arif Munip yang merupakan mantan pemain Persebaya Surabaya menjadi pahlawan Persis Solo dengan mencetak dua gol (brace). Persis pun merusak Hari Jadi 729 Kota Surabaya.

Lagi, Bentrokan Antar Perguruan Silat Pecah di Depan PT Inka Madiun

Massa antar kelompok perguruan silat bentrok di depan PT Industri Kereta Api (Inka) di Jl. Yos Sudarso, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun.

Ini Daftar SMA Terbaik di Boyolali

Sebanyak lima SMA di Boyolali tergolong terbaik di wilayah setempat.

Persis Solo Agendakan Satu Uji Coba sebelum Hadapi Piala Presiden

Pelatih Persis Solo Jacksen F Tiago mengatakan kemungkinan ada satu laga uji coba lagi sebelum fokus ke Piala Presiden akhir Juni.

Kapok! 12 Motor Knalpot Brong Disikat Tim Sparta di Jebres Solo

Tim Sparta Polresta Solo menindak belasan pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot brong di Jl Juanda, Jebres, pada Minggu (22/5/2022) dini hari.

Aktor Film Srimulat Hil Yang Mustahal Temui Keluarga Srimulat di Solo

Para aktor pemeran film Srimulat: Hil Yang Mustahal bertandang ke Kota Solo dan menemui anggota keluarga Srimulat.

Wow, Kawasan Jembatan Mojo Solo Ternyata Kota Pelabuhan Pada Abad Ke-19

Kawasan bantaran Sungai Bengawan Solo sekitar Jembatan Mojo merupakan kota pelabuhan kecil yang berkembang pada abad ke-19.

Hanya 469 Goweser Tour de Sragen Sejauh 100 Km Berhasil Finis, Sisanya?

Sebanyak 469 orang goweser dari total 670 orang peserta Tour de Sragen berhasil finis di New Kemukus Sragen pada Minggu (22/5/2022).

Duet Gibran-Eri Cahyadi Hajar Bonek Skuad 3-0 di GBT Surabaya

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengantarkan tim Pemkot Eksekutif mengandaskan Bonek Skuad dengan skor 3-0 dalam laga selebrasi di Stadion Gelora Bung Tomo.

Ratusan Driver Ambulans Berkumpul di Ponggok Klaten, Ada Apa?

Lebih dari 200 pengemudi dan sukarelawan ambulans berkumpul di Kantor Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Minggu (22/5/2022).