SOLOPOS.COM - Flyer berisi informasi mengenai agenda Napak Budaya Samanhoedi yang digelar di Sondakan, Laweyan, Solo, Jumat-Sabtu (14-15/10/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pokdarwis Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo, kembali menyelenggarakan event budaya Napak Budaya Samanhoedi (NBS) 2022. Ini merupakan penyelenggaraan NBS kali ke-10 guna mengenang jejak sejarah tokoh pahlawan nasional asal Sondakan tersebut.

Puncak acara kirab Samanhoedi dan pentas wayang kulit Samanhoedi akan berlangsung pada Sabtu (15/10/2022). Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, KH Samanhoedi adalah tokoh pendiri Serikat Dagang Islam (SDI) yang lahir di Sondakan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Warga setempat menjadikan Samanhoedi sebagai inspirasi sekaligus ikon pergerakan dan semangat untuk membangun serta mengembangkan Kelurahan Sondakan sebagai kota tujuan wisata. Salah satunya tetap menyelenggarakan event tahunan NBS.

Pada Napak Budaya Samanhoedi (NBS) 2022, Pokdarwis Kelurahan Sondakan, Solo, mengusung teman Penguatan Identitas dan Pemberdayaan Potensi Lokal Kelurahan Sondakan.

Rangkaian NBS diharapkan bisa menguatkan kembali identitas potensi kebudayaan dan kepariwisataan di Kelurahan Sondakan sekaligus mengukuhkan komitmen stakeholders Kelurahan Sondakan tentang pentingnya masyarakat yang berbudaya.

Baca Juga: Tokoh-Tokoh Penting dalam Sarekat Islam tetapi Tak Dikenal

Tanpa mental budaya yang cukup, maka keteraturan, kenyamanan, dan loyalitas terhadap Kelurahan Sondakan tidak akan pernah ada. Masyarakat berbudaya akan menciptakan iklim persaudaraan yang penuh identitas dan kepribadian universal.

Ada pun rangkaian acara meliputi Lomba Motif Batik Samanhoedi pada Juli-September 2022; Perenungan Nilai Luhur Samanhoedi dan Ziarah Samanhoedi di area Ringin Jongke pada Jumat(14/10/2022) pukul 07.00 WIB.

Kemudian Beksan Laras Swara di area Ringin Jongke, Jumat (14/10/2022) pukul 19.00 WIB. Kirab Samanhoedi akan digelar pada Sabtu (15/10/2022) pukul 19.00 WIB menampilkan beberapa potensi dari 15 RW dan 52 RT di Kelurahan Sondakan, Solo.

Baca Juga: Jarang Diperhatikan, Museum Samanhoedi Solo Simpan Aset Berharga Lho

Kemudian ada pentas wayang kulit Samanhoedi di area Ringin Jongke, Sabtu (15/10/2022) pukul 20.00 WIB. Bagong Pujiono menjadi dalang pada pentas wayang dengan lakon Rekso Rumekso Bangkit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya