Mengenang Ciputra, Sosok Profesional yang Jadi Panutan Pelaku Usaha

Ciputra dikenal sebagai panutan di dunia usaha.

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA -- Kabar meninggalnya pengusaha properti ternama Ciputra di usia 88 tahun, Rabu (27/11/2019) dini hari, membawa duka mendalam bagi dunia usaha Tanah Air.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B. Sukamdani menuturkan sosok Ciputra merupakan panutan bagi pelaku usaha di Indonesia. Baginya, Pak Ci, sapaan akrab Ciputra, adalah sosok pertama yang meletakkan bisnis properti di Indonesia secara profesional.

PromosiGagasan dr. Wahidin Sudirohusodo Sebagai Pelopor Kebangkitan Nasional

"Selain itu, Pak Ci ini sosok yang terus belajar. Terutama ilmu manajemen beliau selalu ingin update. Waktu gelombang digitalisasi beliau minta kami untuk prepare menghadapi digitalisasi, terutama terkait dengan bisnis kami di Bisnis Indonesia," katanya kepada Bisnis.com/JIBI, Rabu.

Ciputra juga dikenal sebagai sosok yang hati-hati dan cermat dalam mengalkulasikan strategi bisnisnya dari berbagai aspek.

"Beliau orang yang punya tanggung jawab, menjalankan usahanya dengan penuh profesional. Itu terlihat saat krisis 1998. Itu kan parah banget, tetapi itu bisa diselesaikan dengan baik. Kita enggak pernah dengar kan grupnya Ciputra 'aneh-aneh' kan? Bikin masalah lah, apa lah. Semua diselesaikan dengan baik dan beliau juga bisa mendidik timnya dan tim manajemennya cukup bagus," ungkap dia.

Terakhir, Hariyadi mengatakan Ciputra adalah seorang yang sangat tinggi kepeduliannya terhadap masalah sosial, kesenian, bahkan mendorong agar wirausahawan di Indonesia makin banyak.

"Dan juga peduli terhadap masalah sosial dan kesenian. Beliau bikin Artpreneur untuk menggabungkan seni dan kewirausahaan," beebr Haryadi.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Shinta W. Kamdani menuturkan selain berhasil mengharumkan nama bangsa lewat berbagai usaha yang digelutinya, Pak Ci hingga akhir hayatnya tak henti memberikan kontribusi terhadap perkembangan dunia usaha di Tanah Air.

"Walaupun di usianya lanjut, beliau masih sangat aktif dan terus memberikan motivasi bimbingan dan sumbangan pikiran. Pak Ciputra adalah sosok yg luar biasa. Beliau adalah the father of entrepreneurship di Indonesia," katanya, Rabu.

Shinta mengungkapkan dirinya sejak kecil mengenal Ciputra dan keluarganya. Adapun, salah satu pengalaman tak terlupakan antara dirinya dan Ciputra adalah saat berama-sama mengembangkan Global Entrepreneurship Program Indonesia.

"Saya mengajak beliau untuk membantu gebrakan program kewirausahaan dengan pengembangan ekosistemnya," ungkapnya.

Diberitakan, Chairman dan founder Ciputra Group, Ciputra, meninggal dunia di Singapura, Rabu pukul 01.05 waktu Singapura. Menurut rencana, Pak Ci akan dimakamkan di Tanah Air.

Ciputra yang lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931, adalah seorang insinyur dan pengusaha properti di Indonesia.

Selain terkenal sebagai pengusaha properti yang sukses dengan kelompok usaha antara lain pada Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group, dia juga dikenal sebagai pendiri dan pencetus Taman Impian Jaya Ancol, Bumi Serpong Damai, Pondok Indah, dan Bintaro.

Ciputra juga dikenal sebagai seorang filantropi dan berkiprah di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra, pendiri Universitas Pembangunan Jaya dan penggerak Universitas Tarumanegara.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

+ PLUS Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

Berita Terkini

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

PTUN Tolak Gugatan Eks Kapolsek Kebayoran Baru Terhadap Kapolri

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta menolak gugatan bekas Kapolsek Kebayoran Baru Benny Alamsyah yang terjerat kasus narkoba. 

Komik Sejarah, Sunan Bayat, Perang Kemerdekaan, dan Kendaraan Listrik

Komik bisa menjadi media pembelajaran sejarah yang menarik. Teks-teks sejarah yang serius dan berat bisa diringankan dan berdaya tarik dengan dialihkan menjadi komik.

Gerhana Bulan Darah dan Mitos yang Mengiringinya di Pelosok Dunia

Fenomena gerhana bulan total secara astronomis terjadi ketika bulan, bumi, dan matahari berada pada satu garis lurus. Namun, di banyak negara, fenomena ini dikaitkan dengan mitos-mitos tertentu yang jauh dari logika.

Sejarah Hari Ini: 16 Mei 2010 China Raih Piala Thomas Kedelapan

Berbagai macam peristiwa bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia pada 16 Mei.

PAN Galang Koalisi dengan Golkar dan PPP, Ada Agenda Terselubung?

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi  mengatakan tidak ada agenda politik tersembunyi atau terselubung.

Hoaks Wapres Salat Jenazah Pakai Sujud dan Rukuk, Polisi Diminta Ini

Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi meminta polisi menindak dengan tegas siapa pun yang sengaja menyebarkan berita palsu yang mengandung unsur provokasi, fitnah, adu domba, dan ujaran kebencian

Wapres Ma'ruf Amin Jadi Korban Hoaks, Salat Jenazah Pakai Rukuk & Sujud

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi korban video hoaks sehingga memicu tudingan tidak becus dalam salat jenazah.

Supaya Pelajaran Sejarah Menarik, Komikkan Saja!

Komik bisa menjadi media pembelajaran sejarah yang menarik. Teks-teks sejarah yang serius dan berat bisa ”diringankan” dan berdaya tarik dengan dialihkan menjadi komik.

Hasil MotoGP Prancis: Bagnaia Tersungkur, Bastianini Juara

Enea Bastianini berhasil menjadi juara di balapan seri ketujuh MotoGP 2022 di Prancis.

Wapres Ma'ruf Amin-Menag Yaqut Jadi Korban Hoaks, Ini Komentar Wamenag

Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin, dan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, menjadi korban hoaks di media sosial.

Wisatawan Meninggal Tersambar Petir saat Camping di Puncak Bogor

Wisatawan asal Bekasi, Ajeng Wahyuni, 18, meninggal dunia diduga tersambar petir saat berkemah di salah satu tempat camping di Cisarua, Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor pada Sabtu (14/5/2022).

Insentif Fiskal untuk Mewujudkan Ambisi Penggunaan Kendaraan Listrik

Pemerintah telah menetapkan peta jalan (roadmap) pengembangan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB). Insentif fiskal menjadi salah satu pendorong mewujudkan ambisi produksi dan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Sejarah Kecil Kekerasan Militer Belanda pada Era Perang Kemerdekaan

Sejarah kecil tentang kekerasan selama masa perang kemerdekaan 1945-1949 menunjukkan jajaran Kementerian Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia juga menjadi korban kekerasan oleh militer Belanda.

Yayasan Gema Salam: Jangan Mengeksploitasi Eks Napi Teroris

Yayasan Gema Salam sebagai lembaga yang mewadahi dan melakukan pembinaan para mantan narapidana teroris sangat menyayangkan kejadian itu.